Ayo Simak Apa Saja Ciri Kayu Jati yang Berkualitas!

0
3214
kayu jati

Apa saja ciri kayu jati yang berkualitas? Mari simak jabarannya di bawah agar tidak salah beli!

Bila Anda bertanya kepada orang Indonesia mengenai kayu dengan kualitas terbaik, pasti akan banyak jawaban “jati” yang diajukan. Pada kenyataannya, jati memang kayu berkualitas. Namun ingat! Tak semua material ini memiliki keunggulan yang sama. Bahkan saat ini banyak fenomena jati dengan kualitas yang tak begitu baik beredar di pasaran. Agar tak mendapatkan material seperti itu, tentu perlu trik khusus supaya tidak salah membeli.

8 Ciri Kayu Jati yang Berkualitas

Usia Tua

Kebanyakan jati yang kualitasnya tidak bagus berasal dari jati muda. Hal sebaliknya berlaku pada jati tua. Hampir selalu, jati yang tua akan menunjukkan performa yang baik.

Tak Ada Gubal

Bagian gubal kayu dikenal sebagai bagian yang kurang awet. Oleh karena itu, pilihlah potongan jati yang tak memiliki irisan gubal.

Tak Ada Gubal  Bagian gubal kayu dikenal sebagai bagian yang kurang awet. Oleh karena itu, pilihlah potongan jati yang tak memiliki irisan gubal.

Pori Padat

Kepadatan menunjukkan material tersebut lebih berkualitas. Kayu jati dengan pori yang padat biasanya lebih awet dan lebih kokoh.

Warna Kayu Menarik

Siapa bisa menampik cantiknya jati? Namun jati yang baik biasanya memiliki warna khas yang tak dimiliki jati dengan kualitas di bawahnya. Umumnya, jati yang baik menampilkan warna tua, bukan warna muda yang juga menunjukkan usia penebangan muda.

Mata Mati

Cermati baik-baik adanya mata mati pada furniture atau mebel jati yang ingin dibeli. Hindari yang memiliki mata mati. Sebab adanya spot tersebut menunjukkan adanya potensi patah yang cukup tinggi.

Hati Kayu

Bagian pusat kayu terdiri dari jaringan gabus. Bila dipotong, jaringan ini akan tampak seperti bentuk hati. Waspadalah. Sebab meski bentuknya menarik, namun adanya hati kayu menunjukkan kualitas kayu yang tak begitu bagus.

Jangan yang Berlubang

Lubang-lubang kayu bisa saja merupakan indikasi adanya serangan hama bubuk.

Tak Bernoda Jamur

Selain bisa diserang serangga seperti rayap, kayu jati juga bisa diserang jamur stain. Perhatikanlah warna substrat kayu jati. Jangan membeli mebel atau kayu jati yang sudah terserang jamur noda blue stain.

Demikian beberapa ciri kayu jati yang berkualitas. Semoga bermanfaat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here