Ingin Membuat Lemari dari Kayu Pallet? Gunakan Crossbond

0
1435

Ingin membuat lemari dari kayu pallet? Material bekas peti kemas tersebut akan menjadi bahan yang menarik digunakan untuk membuat furniture. Tapi jangan lupa, gunakan Crossbond saat Anda hendak membuatnya.

Almari merupakan salah satu mebel yang memiliki banyak fungsi. Perabot ini bisa digunakan untuk meletakkan pakaian, untuk meletakkan berbagai perkakas dapur, hingga untuk meletakkan hiasan dekorasi. Fungsinya yang sangat beragam tersebut membuat almari hadir dalam berbagai tipe serta populer di masyarakat. Selain meja, kursi, dan ranjang, pastilah almari menempati mebel yang paling banyak digunakan oleh masyarakat. Bahkan, bukan hanya digunakan untuk kebutuhan pribadi atau rumah tangga, mebel ini juga sering dipakai untuk kebutuhan kerja. Misalnya saja, almari untuk meletakkan berbagai berkas di kantor sampai almari untuk meletakkan berbagai bahan makanan di kafetaria.

Untuk membuat almari sendiri, beragam bahan bisa digunakan. Dulu, orang hampir selalu menggunakan kayu pada pembuatan mebel ini. Tapi seiring berjalannya waktu, berbagai bahan lain mulai turut digunakan sebagai penambah atau pengganti total kayu. Misalnya saja plastik dan logam. Plastik bahkan sering digunakan 100% sebagai material yang menggantikan kayu. Tetapi apakah bahan ini memiliki keunggulan daripada kayu? Jawabannya tidak. Secara umum, plastik hanya unggul karena lebih murah. Selebihnya, mulai dari kekuatan hingga estetika, material kayu masih menempati urutan pertama bahan untuk membuat lemari.

Namun, kayu sendiri bukannya tanpa kekurangan. Makin lama, kayu makin mahal dan sulit diperoleh para pengusaha mebel. Apalagi kayu-kayu kelas 1 seperti jati hingga merbau. Mebel yang dibuat dari kayu-kayu ini pun pada akhirnya harus dibeli dengan merogoh kocek yang dalam.

Alternatif Lemari dari Kayu Pallet yang Menawan

CS Lem Kayu

Sebagaimana diterangkan di atas, pemakaian kayu solid memang menawarkan banyak keunggulan. Tetapi, material ini juga memiliki kekurangan besar terutama dalam hal supply dan harga yang lebih mahal. Adakah solusi untuk mengatasi ini? jawabannya jelas ada. Ada beberapa material kayu alternatif yang bisa dipakai. Yang pertama adalah kayu olahan. Sedangkan yang kedua adalah kayu bekas.

Untuk yang pertama, yakni kayu olahan, pemakaiannya akan memungkinkan Anda mendapatkan lemari yang jauh lebih murah. Bahkan perbedaan harganya akan sangat signifikan. Kayu olahan sendiri adalah kayu yang dibuat dari elemen kayu solid sampai bagian pohon di luar batang. Contohnya adalah particle board yang dibuat dari partikel atau serbuk kayu yang kemudian dicampur resin lalu dibentuk menjadi papan. Harga papan seperti ini jelas lebih murah dibandingkan harga kayu solid.

Untuk yang kedua, yakni kayu bekas, penggunaannya pun bisa lebih hemat. Namun, tentu saja pelaku usaha dituntut untuk mencari sumber kayu bekas yang dimaksud. Nah, pada artikel ini, lemkayu.net akan membahas mengenai alternatif yang kedua. Kayu bekas yang kami contohkan adalah kayu peti kemas.

Keindahan Lemari dari Kayu Pallet

Kayu peti kemas biasa juga disebut sebagai kayu pallet. Dari jenis atau spesies pohonnya, setidaknya ada dua tipe kayu yang biasa digunakan, yakni kayu jati londo atau jati belanda, dan kayu pinus. Keduanya memiliki perbedaan di sana-sini tetapi juga memiliki kesamaan. Misalnya saja, bahwa keduanya memiliki wujud yang sama dalam bentuk papan. Selain itu, keduanya juga bukan kayu kelas 1 yang sering difavoritkan untuk membuat mebel. Tetapi siapa sangka, ternyata pemakaian kedua kayu ini pasca digunakan untuk peti kemas justru sangat menarik?

Lihat saja lemari kayu pallet yang dicontohkan pada artikel ini. Sangat unik, bukan? Bagi pelaku usaha sendiri, hadirnya kayu pallet akan lebih menawan ketika dikombinasikan dengan desain furniture yang sesuai. Ada banyak terapan desain yang bisa digunakan. Tiga contoh berikut ini hanya sebagian kecil saja yang bisa Anda jadikan inspirasi.

Shabby Chic

lemari pallet

Gaya shabby chic adalah gaya yang saat ini tengah naik daun. Shabby chic memadukan dua kesan yang sesungguhnya sangat berbeda. Dua kesan itu adalah kesan indah serta lembut dengan kesan lawas. Lemari dari kayu pallet yang hendak didesain dengan style ini hendaknya dicat dengan warna-warna lembut. Bila perlu tambahkan aksen tua di sana-sini.

Beach House

Desain furniture lemari dari kayu pallet berikutnya adalah beach house. Sebagaimana namanya, desain ini menekankan pada suasana atau atmosfer pantai. Elemen-elemen pallet memang sering diterapkan pada gaya ini. Selain itu, warna-warna yang digunakan didominasi warna khas pantai mulai dari putih, biru laut, coklat pasir, dan lainnya.

Cottage

Desain cottage adalah desain yang menekankan pada kesan lawas. Pemakaian kayu pallet atau peti kemas memang sangat disarankan. Untuk finishingnya sendiri, bisa dipilih tipe finishing yang merepresentasikan kesan tua. Contohnya, pemakaian glaze black pada warna dasar coklat untuk memberikan kesan tua tersebut.

Mau Buat Lemari dari Kayu Pallet? Kenapa Tidak?

Membuat almari dari kayu peti kemas sebenarnya merupakan keputusan yang cukup prospektif. Bagi Anda yang memiliki usaha mebel, pembuatan mebel dari kayu peti kemas akan makin menyemarakkan toko furniture yang Anda punya. Sehingga pelanggan akan lebih tertarik mampir ke tempat usaha Anda dengan ragam mebel yang disediakan.

Proses untuk membuat almari dari kayu peti kemas sendiri sejatinya tidak sulit untuk dilakukan. Proses pembuatannya sama saja dengan kayu yang lain, hanya perlu modifikasi di sana-sini sebab bahan yang dipakai berwujud papan-papan kayu pallet.

Jadi mengapa tidak? Apalagi mebel seperti ini justru memiliki peluang ekspor yang tinggi. Beberapa pelaku usaha mebel sudah membuktikan hal ini dengan kesuksesan yang mereka raih.

Gunakan Crossbond untuk Membuat Lemari dari Kayu Pallet

Sebagai saran terakhir, tentunya, lemkayu.net ingin merekomendasikan Crossbond sebagai lem untuk pembuatan mebel ini. Crossbond merupakan lem yang telah menjadi teman berbagai manufaktur mebel di Indonesia yang bergerak untuk pasar lokal hingga ekspor.

Crossbond diformulasikan dengan bahan dasar PVAc atau polyvinyl acetate. Lem ini juga merupakan lem water based yang sangat aman dan ramah lingkungan. Pemakaiannya juga akan membuat mebel menjadi lebih kuat, tahan lama, tidak mudah rusak, hemat, dan tidak menyebabkan kerusakan estetika.

Sangat menarik, bukan? Jadi tunggu apalagi? Segera pesan Crossbond sekarang juga. Lem ini bisa Anda dapatkan segera dengan pemesanan via kontak Customer Service yang nomornya tercantum pada website ini. Anda juga bisa mendapatkan produk ini di berbagai online shop langganan. Anda juga bisa melakukan pembelian secara langsung di Bio Service Point yang terletak di Jepara, Cirebon, dan Yogyakarta.

Semoga bermanfaat. Nantikan terus artikel lainnya yang menarik seputar dunia furniture dan perekatan di lemkayu.net. Pada artikel berikutnya, kami akan membagikan cara atau langkah-langkah membuat lemari dari kayu pallet secara lengkap.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here