Tutorial Cara Pemasangan Lantai Kayu yang Baik dan Benar

0
1615
memasang lantai kayu

Bagaimana cara pemasangan lantai kayu yang baik dan benar? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

memasang lantai kayu

Setelah lantai semen tergantikan dengan lantai keramik, kini perubahan yang sama juga sepertinya akan terulang kembali. Adalah lantai kayu yang makin lama makin dicari masyarakat. Keindahan lantai kayu memang sangat khas. Ia menawarkan kesan natural sekaligus tradisional. Berbeda dengan lantai keramik yang terkesan dingin, lantai kayu juga memberikan kesan hangat tersendiri.

pagar tampil baru dengan Orchid

Trend peningkatan penggunaan lantai kayu ini bagaimanapun juga memunculkan peluang usaha tersendiri. Setidaknya ada dua usaha yang bisa berkembang, yakni jasa yang bergerak dalam pembuatan lantai tersebut dan jasa pemasangannya. Memasang lantai kayu memang beda dengan memasang lantai keramik. Dibutuhkan teknik tersendiri yang sayangnya tak semua jasa konstruksi dan tukang bangunan mampu melakukannya. Padahal, bila dilihat secara rinci, proses pemasangan lantai kayu tak serumit yang dikira. Malah, ada beberapa cara yang bisa dipilih. Berikut ini salah satunya.

Cara Pemasangan Lantai Kayu dalam Beberapa Langkah Mudah

1. Ukur ruangan dan tentukan jumlah lantai kayu yang dibutuhkan.
2. Periksa lantai dasarnya terlebih dahulu. Misalnya apakah lantai dasar yang terbuat dari plywood sudah dalam kondisi rata, bersih, dan kering?
3. Siapkan kertas vapor barrier. Letakkan pada sub floor.
4. Oleskan lem Crossbond X4. Selanjutnya letakkan komponen lantai pada bekas olesan tersebut. Lakukan langkah ini terus-menerus sampai seluruh lantai tertutupi komponen lantai kayu Anda.
5. Berikutnya Anda tinggal memeriksa apakah ada bagian yang masih bercelah. Bila ada, potong sisa lantai dan sesuaikan ukurannya dengan celah.
6. Selesai!

Mudah bukan cara pemasangan lantai kayu ini?

Baca Juga:  4 Cara Mudah Membuat Meja Kursi dengan Style Vintage!

Yang perlu diperhatikan dalam proses di atas adalah penyesuaian metode dengan kondisi serta karakter lantai. Yang kedua adalah lem atau adhesive yang digunakan. Penggunaan adhesive ini harus diperhatikan baik-baik sebab tak semua lem kayu bisa digunakan untuk memasang wooden floor. Tipe lem yang seharusnya digunakan adalah lem laminasi atau pelapisan seperti Crossbond X4. Setelah itu, perhatikan juga aspek lain lem seperti daya rekat hingga ketahanannya.

Pada intinya, keterampilan serta kecermatan memilih adhesive harus diperhatikan baik-baik. Dengan demikian kualitas wooden floor baik itu parquet maupun decking pun pasti meningkat.

Semoga bermanfaat!

sambut ramadhan bersama biovarnish

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here