Merasa Stuck? Yuk Baca 5 Tips Bisnis untuk Pengrajin Kayu Ini

0
160
pengrajin kayu

Apakah Anda sedang merasa stuck alias buntu dengan bisnis woodworking yang Anda lakukan? Menjadi pengrajin kayu memang tidak mudah. Namun dengan kelima tips ini, Anda pasti akan mendapatkan inspirasi baru untuk bisa bergerak maju.

Sektor furniture terus memperlihatkan taringnya. Dibanding bidang usaha yang lain, sektor inilah yang terbukti tak mudah digoyahkan oleh masuknya berbagai produk impor.

Tak mengherankan. Sebab, secara umum Indonesia memang memiliki modal lengkap dalam bidang usaha ini. Banyak desain tradisional yang mumpuni, nama di dunia internasional yang cukup baik (untuk kualitas mebel), dan SDM yang sangat piawai.

Namun, tentu tak semua pelaku usaha mebel dan perkayuan secara umum mendapatkan profit besar atas usahanya. Justru banyak pelaku usaha furniture kecil dan menengah yang merasa buntu akibat usaha yang tak juga berkembang sesuai harapan.

CS Lem Kayu

Maka itu, di kesempatan ini kami akan coba bagikan tips kepada para pelaku usaha yang biasanya juga berperan ganda sebagai pekerja pengrajin produk-produk kayu tersebut.

Lima Tips Usaha untuk Pengrajin Kayu

Mengajukan Kredit

Jangan merasa anti dengan kredit alias hutang. Yang harus Anda hindari adalah hutang yang tidak bertanggung jawab alias mengambil jumlah kredit di luar batas kemampuan Anda. Di luar itu, kita tak bisa memungkiri bahwa modal uang adalah hal yang utama dalam setiap usaha.

Ambillah kredit yang sekiranya bisa mengembangkan usaha Anda. Bila Anda baru pertama kali melakukan ini, ambil kredit dalam jumlah yang tidak begitu besar. Pastikan bahwa bilapun Anda tak bisa membayar hutang itu, Anda bisa membayarnya tanpa mengganggu usaha dan tempat tinggal Anda.

Selain itu, ambillah kredit pada bank yang terpercaya. Simak apabila ada kredit yang diperuntukkan bag I usaha kecil. Saat ini, pemerintah Indonesia sedang gencar mendukung UMKM, jadi Anda bisa memanfaatkan peluang itu untuk mengembangkan usaha Anda.

Digitalisasi Bisnis

Tips bisnis kedua untuk pengrajin kayu ini teramat krusial. Ya, digitalisasi bisnis. Saat ini adalah era internet. Semua hal terkoneksi dengan cepat meski terpisahkan jarak yang teramat jauh.

Hal ini juga berlaku dalam transaksi jual beli. Mall besar saja bisa tutup lho karena mereka kalah oleh online shop. Apalagi usaha furniture dan kerajinan kecil Anda! Makanya, suka tak suka, digitalisasi itu penting.

Anda bisa memulainya dengan menjual produk di online shop. Selanjutnya, buat juga website untuk perusahaan Anda. Namun, bila Anda ingin benar-benar optimal, sebaiknya Anda bekerja sama dengan pihak lain yang bisa mempromosikan usaha Anda secara daring. Sebab memasarkan produk di dunia maya memang sebuah pekerjaan khusus yang membutuhkan waktu, tenaga, dan strategi besar.

Lem Bagus untuk Kayu HPL

Orientasi Ekspor

Apakah Anda merasa usaha Anda sudah cukup baik di tingkat lokal namun Anda masih merasa stuck? Bila iya, simaklah tips ketiga bisnis untuk pengrajin kayu ini: perluaslah orientasi Anda hingga ke tahap ekspor.

Kenapa harus ekspor? Lihat saja di sekitar Anda. Lihat TV, baju, tas, dan lainnya. Banyak di antara kita yang menggunakan barang made in negara luar. Apabila kita tak mencoba merambah pasar luar, maka kita hanya akan menjadi pemain kecil selamanya.

Saat inipun, Indonesia sudah menandatangani kerja sama dengan berbagai negara untuk mempermudah kegiatan ekspor impor. Hendaknya, pelaku usaha di Indonesia bukan hanya sekadar mengimpor barang, namun juga mengekspor produknya.

Utamakan Kualitas

Kualitas pada akhirnya akan menjadi pemenang. Jadi, utamakanlah kualitas produk Anda sembari membuat harganya tetap kompetitif. Bahkan untuk produk kerajinan kayu, Anda tak perlu berpikir soal harga lagi. Tetapkan saja harga yang tinggi bila Anda percaya diri akan keindahan wooden craft yang Anda buat.

Indonesia sendiri telah terkenal sebagai salah satu penghasil produk woodworking premium. Dengan image ini, Anda sebenarnya bisa mendapatkan keuntungan besar. Makanya, jangan takut untuk menetapkan produk dengan harga yang mahal. Hanya saja, pastikanlah kualitasnya memang benar-benar terjamin.

pengrajin kayu wayang

Perbanyak Ide Usaha Anda

Tips kelima sekaligus terakhir yang bisa kami bagikan untuk Anda sebagai pengrajin kayu adalah terkait ide usaha. Ide merupakan awal dan inti dari sebuah strategi dan implementasi. Tanpa ide yang baik, maka kita tak akan mendapatkan hasil yang baik. Dus, kita harus selalu memiliki ide brilian.

Untuk mendapatkan ide yang beragam sendiri, kita dapat memanfaatkan internet. Simak saja berbagai informasi mengenai keragaman produk kerajinan kayu. Misalnya tentang aneka desain mebel, tipe finishing, hingga jenis kerajinan.

Dengan mempelajari hal-hal seperti ini, produk Anda tak akan pernah membosankan. Bahkan Anda bisa membuat produk yang memang sedang trend di masyarakat.

Kami Sedia Produk Woodworking untuk Bisnis Anda sebagai Pengrajin Kayu

Lemkayu.net menyediakan berbagai produk woodworking untuk usaha Anda. Kami menghadirkan lem Crossbond yang aman, berdaya rekat kuat, mudah digunakan, dan juga cepat kering.

Terdapat dua jenis Crossbond yang kami sediakan, yaitu:

  1. Crossbond X3. Crossbond X3 adalah lem PVAc berbasis air yang bisa digunakan untuk mengelem sambungan kayu. Misalnya saja sambungan finger joint, bisquit, siku, dan lain sebagainya. Lem ini adalah indoor adhesive yang didesain untuk pembuatan mebel indoor, kerajinan indoor, dan rangka bangunan indoor.
  2. Crossbond X4. Crossbond X4 adalah lem PVAc modifikasi yang bisa digunakan untuk mengelem veneer dan panel-panel kayu. Lem ini bis digunakan untuk indoor ataupun outdoor. Penggunaannya krusial sekali untuk industri woodworking, khususnya dalam pembuatan furniture kayu.

Kedua Crossbond menawarkan feature yang bisa mendukung usaha Anda sebagai pengrajin kayu agar lebih maju. Kedua lem ini juga sangat aman digunakan lho.

Aspek keamanan merupakan aspek yang krusial diperhatikan di zaman modern seperti sekarang ini. Sebab, kesadaran masyarakat akan produk yang aman semakin meningkat. Pun bila Anda ingin mengekspor produk, maka syarat keamanannya juga biasanya begitu tinggi. Maka dari itulah, perlu sekali menggunakan lem yang eco friendly namun tetap kuat seperti Crossbond X3 dan Crossbond X4.

Kontak dan Pemesanan Lebih Lanjut bagi Pengrajin Kayu Seluruh Indonesia

Apakah Anda tertarik untuk menggunakan lem Crossbond X3 dan lem Crossbond X4? Bila Anda ingin mendapatkan berbagai keunggulan adhesive ini, segera saja hubungi customer service kami via kontak yang sudah disediakan. Dengan profesional, CS kami akan melayani pesanan Anda.

Namun bila Anda ingin membeli secara langsung, Anda bisa ke Bio Service Point dan agen-agen kami. Kami selalu siap menyambut kedatangan Anda. Bahkan bila perlu, teknisi kami juga bisa ke perusahaan Anda lho untuk melakukan trial.

Semoga informasi mengenai tips bisnis untuk pengrajin kayu ini bermanfaat. Terus ikuti berbagai informasi menarik lainnya di lemkayu.net.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here