4 Tips Cegah Panel Melengkung dari Pabrik Lem Kayu Laminasi Crossbond

0
786
hindari panel melengkung

Melengkungnya panel jelas jadi masalah besar. Masalah ini akan berdampak pada tidak bisanya panel digunakan lagi. Untuk mencegah hal ini, yuk baca 4 tips sederhana dari pabrik lem kayu laminasi Crossbond berikut ini.hindari panel melengkung

Aklimatisasi

Saat produk panel di bawa ke lingkungan baru, dibutuhkan penyesuaian dengan kondisi lingkungan di wilayah tersebut dulu. Apalagi untuk produk panel yang berasal dari negara yang berbeda. Proses penyesuaian dengan lingkungan ini disebut dengan “aklimatisasi”. Pada intinya, panel harus dibiasakan dulu dengan lingkungan tempatnya diolah atau diaplikasikan sebelum benar-benar dikerjakan. Tanpa aklimatiasasi, masalah seperti pelengkungan sangat biasa terjadi. Sebab, akan terjadi “pemaksaan” panel pada produk tertentu padahal masih terjadi proses memuai karena faktor lingkungan, misalnya karena perbedaan kelembaban.

Penggunaan Adhesive yang Sama pada Kedua Sisi Panel

Selain aklimatisasi, pastikan adhesive yang digunakan dalam aplikasi panel sama pada kedua sisinya. Ingat, meskipun berjenis sama, namun tiap adhesive tak bisa disamakan begitu saja. Ada banyak perbedaan termasuk daya rekatnya. Perbedaan daya rekat ini tentu akan membuat salah satu ujung panel kurang kuat dibanding yang lain sehingga berpotensi menyebabkan pelengkungan.

Kondisi yang Setara

Pada dasarnya, terjadinya pelengkungan disebabkan kondisi yang tak seimbang. Selain lem yang harus sama, hal-hal lainnya pun hendaknya disamakan. Misalnya dalam penempatan panel. Usahakanlah kondisi produk pada berbagai sisinya tak berbeda jauh. Misalnya menempatkan panel yang di satu sisi panas, namun pada sisi yang lain berangin. Perbedaan ini akan membuat panel menjadi melengkung.

Manfaatkan Adhsive dari Pabrik Lem Kayu Laminasi Crossbond!

CS Lem Kayu

produsen Lem Untuk bambu crossbondPoin terakhir namun tak kalah penting yang harus diperhatikan adalah jenis lem yang digunakan. Pilihlah lem yang bukan hanya baik namun juga sesuai untuk kebutuhan laminasi. Misalnya, lem yang kami rekomendasikan yaitu Crossbond X4. Karena memang didesain untuk kebutuhan laminasi, formulasi Crossbond X4 sudah dibuat sedemikian rupa untuk mencegah terjadinya pelengkungan pada produk tersebut.

Demikian beberapa tips dari pabrik lem kayu laminasi Crossbond. Semoga bermanfaat!

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here