Panduan Mudah Membuat Rak Piring Kayu Sederhana dengan Crossbond

0
2172
cara membuat rak piring kayu

Hanya berbekal beberapa potongan kayu, dowel, peralatan woodworking sederhana, serta Crossbond X3, Anda bisa membuat rak piring kayu sederhana sendiri di rumah. Rak ini dapat Anda letakkan di dapur maupun langsung di meja makan untuk menghiasi ruangan tersebut selain sebagai tempat piring. Penasaran bagaimana cara membuatnya? Langsung simak tutorial dan panduannya di bawah ini.

Pada artikel sebelumnya, kami telah merekomendasikan lem yang bagus untuk pembuatan rak. Lem tersebut adalah Crossbond X3. Sebagai PVAc water based glue, lem ini hadir dengan kekuatan yang baik, tahan lama, tidak mudah rusak terkena air, mudah digunakan, praktis, dan segenap keunggulan lainnya.

Nah kali ini, kami akan menjelaskan cara membuat rak piring kayu sederhana dengan adhesive tersebut. Eits, jangan salah. Rak piring yang akan dibuat ini sangat simpel. Anda dapat mengerjakannya sendiri sebagai salah satu aktivitas weekend di rumah atau ketika sedang tak ada kesibukan dan ingin mengisi waktu luang.

Rak yang akan dibuat berupa rak kecil yang terdiri dari beberapa tiang penyangga untuk piring. Rak seperti ini bisa Anda letakkan di kabinet, meja, atau bahkan Anda pasang secara langsung di lemari makan dapur. Hasilnya pasti sangat menarik. Tapi sebelum melakukan hal tersebut, tentu kita harus mampu terlebih dahulu untuk membuat rak simpel ini. Berikut ini panduan yang dapat Anda ikuti.

Tutorial Cara Membuat Rak Piring Kayu Sederhana dengan Mudah

Alat dan Bahan

1. Kertas dan alat tulis
2. Dowel
3. Bor
4. Potongan kayu
5. Lem Crossbond X3
6. Bahan finishing
7. Alat potong
8. Amplas
9. Bor
10. Kuas untuk mengecat dan kuas kecil untuk aplikasi Crossbond X3
11. Wadah lem dan wadah cat

Lem untuk Konstruksi Kayu Jati

 

Cara Membuat Rak Piring Kayu Sederhana dengan Crossbond X3

Tentukan Desain dan Ukurannya

Tentukan dulu desain dan ukuran kayu. Berapa piring yang ingin Anda tempatkan di rak? Berapa ukuran rak tersebut? Sebagai gambaran, Anda bisa memakai ukuran yang kami gunakan:

1. Dua potongan kayu 4 cm x 4 cm x 30 cm (lebar, tinggi, panjang).
2. Dua potongan kayu 4 cm x 4 cm x 26 cm (lebar, tinggi, panjang).

Potong dengan baik kayu tersebut,lalu haluskan menggunakan amplas. Anda bisa menambahkan panjang potongan tergantung jumlah piring yang ingin diletakkan pada potongan itu. Untuk potongan kedua, Anda bisa tak menggantinya dengan dowel saja. Silahkan cermati gambar contoh pada artikel ini untuk melihat bedanya. Keduanya sama-sama bisa dijadikan opsi, meski pemakaian kayu lebih kami sarankan supaya rak yang Anda buat benar-benar kuat.

Kumpulkan Bahan dan Alatnya

Seperti telah dijelaskan di atas, alat dan bahan yang dibutuhkan mulai dari potongan kayu solid sampai dowel. Yang perlu dibeli jelas dowel dan lem Crossbond. Untuk Crossbond, Anda bisa membelinya via website ini atau ke berbagai online shop. Sedangkan untuk mendapatkan dowel (kecuali Anda mau membuatnya sendiri), lakukan saja di toko woodworking atau membelinya secara online.

Yang penting diperhatikan:

1. Usahakan kayu yang dipakai memiliki ketahanan yang baik terhadap air.
2. Pilih dowel yang juga terbuat dari kayu yang bagus untuk produk yang lebih awet.
3. Untuk bahan finishingnya, pilih bahan finishing food grade

Setelah semua alat dan bahan bisa Anda dapatkan, kumpulkan di tempat di mana Anda akan mengerjakan proyek. Pastikan semua alat dan bahan sudah ada supaya proses pengerjaan rak lebih lancar. Selain itu, ada baiknya mengerjakan proyek ini di tempat dengan ventilasi udara yang baik.

Lubangi Kayu

Lubangi dua potongan kayu berukuran 4 cm x 4 cm x 30 cm. Pertama mulai titik 2,5 cm, setelah itu buat lubang sesuai ukuran dowel tiap 5 cm. Ada baiknya Anda menandai dulu di mana pengeboran akan dilakukan supaya hasilnya simetris.

Buat Rangka Segi Empat

Langkah berikutnya untuk membuat rak piring kayu sederhana adalah dengan membuat rangka segi empat. Buatlah rangka segi empat antara 4 potongan kayu atau antara dua potongan kayu dengan dua dowel. Bila Anda menggunakan potongan kayu, Anda bisa memanfaatkan joinery dengan memotong potongan kayu pertama berbentuk kotak seukuran 3 x 4 cm di titik tiap ujung 2,5 cm (tebalnya 2 cm). Sedangkan untuk kayu kedua, dipotong setengah pada tebalnya sebesar 3 x 4 cm juga (jadi lebar produknya nanti 20 cm). Sedangkan bila Anda menggunakan dowel, maka lubangilah sisi ujung potongan kayu lalu masukkan dowelnya. Ingat, potong dowel dengan ukuran panjang 20 cm terlebih dahulu. Rekatkan sambungan dengan lem Crossbond X3. Biarkan kering dulu sementara Anda menyiapkan dowel-dowel yang lain.

Masukkan Dowel, Rekatkan dengan Crossbond

Masukkan dowel pada tiap lubang yang sudah dibuat. Kuaskan dengan Crossbond X3 terlebih dahulu. Tunggu agar lem tersebut mengering dengan baik.

Aplikasikan Finishing Food Grade

Terakhir, aplikasikan finishing untuk produk rak Anda. Pastikan finishing yang Anda gunakan benar-benar aman.

Seperti apa varian finishing yang dapat digunakan?

1. Solid color. Anda bisa memakai cat-cat multipurpose yang mudah digunakan seperti cat Orchid. Warna merah, emas, hijau, ungu dan lainnya tersedia pada cat Orchid water based.
2. Natural color. Anda bisa memanfaatkan cat BioVarnish dengan natural color dan transparent yang mampu memperlihatkan serat kayu yang digunakan.

Yang pasti, pilih cat water based (berbasis air). Cat water based jauh lebih aman karena tidak mengandung zat-zat berbahaya seperti VOCs yang banyak pada cat solvent based.

Tips Membuat Rak Piring Kayu Sederhana agar Lebih Menarik

Supaya lebih menarik, berikut ini beberapa tips yang kami rekomendasikan:

1. Jangan segan mengkombinasikan aneka warna yang menurut Anda menarik. Pilihan warna yang bagus pada akhirnya akan mempengaruhi kualitas produk Anda dan minat pembeli pada rak piring tersebut (bila Anda ingin menjualnya).
2. Selalu gunakan bahan yang aman mulai dari cat sampai lemnya.Maka dari itulah kami rekomendasikan cat dan lem water based untuk kebutuhan ini.
3. Hias produk supaya lebih menarik baik dengan melukisnya atau dengan menerapkan kerajinan decoupage.

Yang tak kalah penting adalah melakukan pengemasan yang baik agar produk tak mudah berjamur. Hal ini penting apabila Anda memang berniat menjual produk-produk rak ini. Usahakan agar kondisi dalam kemasan tidak lembab. Misalnya saja dengan memanfaatkan penyerap kelembaban baik itu silica gel atau container desiccant pole.

Nah, demikianlah tutorial cara membuat rak piring kayu sederhana menggunakan lem Crossbond X3 dan berbagai perlengkapan sederhana lainnya. Sangat mudah bukan? Nantikan terus artikel tutorial woodworking kami lainnya di lemkayu.net!

Semoga bermanfaat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here