Ini Dia Lem untuk Pembuatan Wayang Berkualitas Tinggi!

0
1387
wayang

Siapa tak kenal dengan wayang? Kerajinan asli Indonesia ini memang mengagumkan. Darinya, kita dapat menonton drama yang luar biasa. Beragam tokoh wayang pun turut terkenal di mata publik. Tapi tahukah Anda bahwa wayang sangat beraneka ragam? Tak cuma wayang kulit, wayang dengan bahan kayu pun ada. Wayang-wayang seperti ini jelas membutuhkan produk perekat yang tepat selama proses produksinya berlangsung. Lantas apakah lem untuk pembuatan wayang berkualitas yang tepat tersebut? Pada kesempatan ini, lemkayu.net akan mengajak Anda mengulas mengenai lem rekomendasi untuk kerajinan ini. Tapi sebelumnya, akan lebih baik bila kita membahas spesifikasi bahan yang tepat untuk membuat wayang terlebih dahulu.

Spesifikasi Bahan untuk Kerajinan Wayang

Untuk membuat kerajinan wayang, hal pertama yang perlu dilakukan adalah memilih kayu yang ideal. Tapi seperti apakah kayu yang ideal tersebut? Secara umum, perekat yang bagus untuk pembuatan wayang secara umum adalah:

1. Tidak begitu keras ataupun terlalu kuat. Sebab akan menyulitkan pembuatan craft yang memang tidak cocok dengan kayu yang terlalu keras (sebab sulit dibentuk dan diolah lebih lanjut dalam bentuk craft).
2. Memiliki tekstur yang halus
3. Sebaiknya tidak perlu kayu yang terlalu dekoratif. Sebab justru akan mendistraksi keindahan yang didesain dan telah diterapkan pada wayang.
4. Karena merupakan kayu tekstur halus dan tidak keras, biasanya kayu untuk wayang adalah kayu yang lebih lunak. Dan karena itu pulalah, kayu-kayu tersebut umumnya berwarna muda.
5. Kayu tidak mudah rusak ketika diberikan tambahan aksesori atau hiasan
6. Secara umum kayu harus mudah difinish dengan pewarna ataupun cat

Memilih kayu yang tepat berdasarkan kriteria di atas sangatlah penting. Tapi ingat, kebutuhan akan kayu yang bagus bukan satu-satunya faktor untuk mewujudkan produk wayang berkualitas tinggi. Sebab selain kayunya yang harus bagus, bahan lainnya pun juga harus bagus. Salah satunya? Tentu saja lem atau adhesive.

Perlunya Lem untuk Pembuatan Wayang yang Bagus

Lem tak bisa disebut “bagus” atau berkualitas tanpa alasan yang jelas. Begitu pula saat kita bicara mengenai lem yang bagus untuk membuat wayang, terutama yang terbuat dari kayu. Jelas harus ada kriteria tertentu yang digunakan. Misalnya daya rekat, efek warna lem, hingga ketahanannya. Berbagai kualitas ini bila dikelompokkan dapat dibedakan atas:

1. Efek lem pada kekuatan dan keawetan produk. Daya rekat dan resistensi lem pada faktor luar adalah aspek yang terkait dengan poin ini.
2. Efek lem pada keindahan produk. Misalnya saja, efek lem pada warna. Beberapa lem menyebabkan timbulnya warna pada wayang. Akibatnya wayang mengalami penurunan keindahan atau estetika.
3. Efek lem pada biaya produksi. Aspek yang terkait mulai dari nominal harga sampai hemat tidaknya saat digunakan.
4. Efek lem pada kelancaran proses produksi. Misalnya terkait dengan kecepatan mengering lem.
5. Efek lem pada keamanan produk. Bila lem tak aman karena mengandung zat berbahaya, tentu produk juga jadi tak aman bukan?

Mencermati kelima hal tersebut, lem untuk pembuatan wayang dari bahan kayu yang kami rekomendasikan adalah Crossbond. Crossbond merupakan lem berbasis PVAc water based yang memiliki berbagai keunggulan mulai dari daya rekat yang sangat baik sampai resistensinya pada air hingga minyak. Lem ini juga didesain dengan inner cross linker modifier yang membuatnya sangat kuat digunakan.

Berikut ini beberapa poin keunggulan Crossbond sebagai lem untuk pembuatan wayang:

1. Sangat kuat dan tahan lama
2. Tidak menyebabkan warna ataupun lapisan film tebal yang merusak keindahan wayang
3. Sangat aman digunakan, bahkan merupakan lem food grade
4. Proses pengerjaan mudah dan praktis sehingga produksi menjadi lancar
5. Mampu meminimalisir cost of production dengan nominal harga yang murah serta pemakaian yang sangat hemat

wayang

Aneka Produk Wayang Sukses Dibuat dengan Crossbond!

Berssama Crossbond, Anda bisa menghasilkan aneka jenis wayang dengan kalitas unggulan. Berbagai jenis wayang itu sendiri saat ini sudah sangat beragam. Ada wayang tradisional, dan ada pula wayang yang sangat kontemporer. Bahkan bentuk wayang pun sudah banyak digunakan untuk desain souvenir.
Berikut ini 3 contoh jenis wayang yang bisa dihasilkan bersama Crossbond.

Wayang Kayu

Wayang kayu adalah wayang yang pembuatannya dilakukan menggunakan bahan lembaran kayu tipis. Model wayang dan ceritanya adalah cerita mengenai Panji. Akan tetapi, wayang ini kemudian berkembang tak lagi sebatas personal. Kayu yang digunakan sendiri beragam, mulai dari kayu jati dan kayu kelas I lainnya. Sedangkan untuk finishingnya bisa dilakukan dengan pengecatan.

Wayang Golek

wayang golek adalah wayang yang didesain sehingga bentuknya menggambarkan tubuh manusia secara lebih realistik. Wayang ini umumnya memiliki beberapa bagian standar, yakni kepala, tangan, serta tubuhnya. Untuk pembuatannya, biasanya digunakan kayu sengon, dan untuk finishingnya dilakukan dengan pengecatan. Dari segi mutu, wayang jenis ini tergolong medium dan biasa dijual dalam satuan buah atau pasang.

Wayang China

Wayang China adalah wayang yang baru berkembang di sini 10 tahun terakhir ini. Wayang ini menggambarkan cerita dengan karakter orang China. Kayu yang digunakan biasanya kayu klepu dan aplikasi finishingnya dilakukan dengan pengecatan. Satuan jualnya sendiri secara umum terbatas pada skala kodi.

Yuk Beli Crossbond di Sini!

Crossbond sebagai lem untuk membuat wayang jelas memiliki berbagai keunggulan. Aneka produk wayang juga telah mampu dihasilkan dengan menggunakan perekat ini. Tak mengherankan apabila permintaan akan adhesive ini terus meningkat naik.

Menyadari hal tersebut, kami sebagai manufaktur Crossbond mulai membuka opsi pembelian yang mudah dijangkau oleh para pelanggan. Anda dapat memilih berbagai opsi pembelian yang disediakan. Pemilihan opsi tersebut tak akan berpengaruh pada kualitas lem kami. Sebab, kami senantiasa memberikan layanan terbaik bagi pengguna adhesive ini.

Berikut ini beberapa opsi pembelian tersebut:

1. Pembelian secara online yang bisa dilakukan di website ini. Bagi Anda yang ingin segera berhubungan dengan CS kami, klik saja fitur Pesan Sekarang di atas. Anda bisa segera melakukan pemesanan online sekaligus menanyakan berbagai hal mengenai adhesive Crossbond dan aplikasinya.
2. Pembelian secara online di berbagai toko online. Pembelian secara online ini dibuka bagi Anda yang merasa terbiasa berbelanja di marketplace. Di sana Anda dapat memesan pada agen-agen Bio Industries yang membuka laman penjualannya. Pilih yang paling dekat lokasinya dengan Anda supaya biaya ongkir dapat diminimalisir.
3. Pembelian secara online di laman facebook Bio Industries.
4. Pembelian secara langsung dengan mengunjungi kami serta agen-agen Crossbond di berbagai wilayah di Indonesia.

Lem untuk Pembuatan Wayang

Pilih opsi terbaik untuk mendapatkan lem untuk pembuatan wayang ini. Apapun pilihan Anda, kualitas layanan dan produk Crossbond pastilah hadir dengan kualitas terbaiknya. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here