Kayu Mangga Bisa Jadi Apa? Banyak dengan Crossbond!

0
1230
serat mangga

Banyak orang yang memiliki pohon mangga di halamannya. Kayu-kayu mangga pun sering dimiliki pasca pohon tersebut ditebang sebagian atau seluruhnya. Bisa diapakan ya kayu-kayu mangga ini? Percaya tak percaya, jawabannya banyak! Berbekal Crossbond Anda bisa menghasilkan beragam kreasi menarik menggunakan jenis kayu dari pohon mangga tersebut.

Siapa tak suka dengan buah mangga? Salah satu buah yang paling banyak disukai orang Indonesia pastilah buah mangga. Buah ini disukai karena rasanya yang memang pas. Ia manis, segar, dan teksturnya pun enak. Ragam atau varian buah mangga juga begitu banyak di pasaran. Ketika sedang musim berbuah, satu pohon mangga bisa memberikan sejumlah besar panen yang mengenyangkan. Tak heran, di banyak rumah, pohon mangga adalah salah satu jenis pohon yang paling sering ditanam oleh orang.

Coba saja tengok rumah Anda atau rumah kenalan Anda. Bila dibandingkan dengan pohon buah lain seperti durian atau alpukat, jelas pohon mangga menduduki salah satu pohon buah yang sangat populer. Nah yang lebih menarik, sebetulnya yang diberikan pohon mangga bukan hanya buahnya. Kayu dari pohon ini pun sejatinya potensial untuk diolah lebih lanjut.

Kayu Mangga: Menilik Kualitas dan Prospeknya

Tak hanya jati atau mahoni yang memiliki tampilan menarik. Banyak kayu lain yang sebetulnya punya tampilan tak kalah indah. Kayu mangga berada di deretan kayu dengan rupa yang sangat menarij tersebut. Kayu ini memiliki serat dengan pola yang tidak teratur namun sangat khas. Warnanya beragam, mulai dari kekuningan sampai kecoklatan. Tampilan menarik ini sempat membuat kayu dari pohon mangga diminati banyak orang. Padahal, mulanya kayu ini hanya diolah karena harganya murah dan kayu lain (seperti mahoni) sedang sulit didapatkan.
Berikut ini karakter lengkap kayu Mangifera indica tersebut:

  1. Kekerasan medium
  2. Berat kayu yang secara umum tergolong ringan
  3. Mudah dibentuk dan diolah untuk membuat mebel
  4. Tekstur dan pola serat yang menarik dan variatif. Antar satu spesies mangga dengan yang lainnya kerap memiliki tampilan serat yang sangat berlainan
  5. Serat kayunya kuat
  6. MC 12% : 55,67
  7. Penyusutan radial: 2.5%, tangential: 5.4%, volumetric: 8.1%, T/R Ratio: 2.2
kayu mangga
CS Lem Kayu

Hanya saja, kayu mangga memang punya sejumlah kekurangan. Salah satu kekurangan utamanya terletak pada sifat kayu yang tidak begitu tahan terhadap serangan hama. Pada beberapa kasus, ditemukan mebel dari kayu ini lebih rentan diserang teter dan rayap. Hal ini memang biasa terjadi pada kayu dari pohon buah. Jadi, pengolahannya harus dilakukan dengan treatment pengawetan kayu yang baik. Tanpa itu, mebel dari kayu buah tersebut akan dipersepsi sebagai mebel yang gampang rusak.

Contoh Aneka Produk dari Kayu Mangga

Ada beragam jenis produk yang bisa dihasilkan dari kayu pohon ini. Asalkan pengolahannya tepat, seperti dijelaskan di atas, kita bisa membuatnya menjadi beragam produk dengan estetika yang cantik. Berikut ini beberapa contoh produk dari kayu pohon mangga.

Furniture

Aneka furniture bisa dihasilkan dari kayu mangga. Kita bisa mengubah material ini menjadi kursi, meja, buffet, sofa, dan masih banyak lagi. Pola serat mangga yang unik akan menjadikannya sebagai material yang punya nilai jual. Namun mengingat keawetannya yang tak begitu baik, furniture dari kayu ini sebaiknya untuk indoor saja.

Kerajinan Tangan

Aneka kerajinan tangan juga bisa dihasilkan dari kayu ini. Jenis kerajinannya pun beragam mulai dari mainan kayu, topeng, kerajinan miniature wayang dari kayu, miniature sepeda, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Bagian dari Bangunan

Kayu ini juga bisa digunakan sebagai salah satu bagian dari bangunan. Misalnya dengan digunakan sebagai bahan untuk membuat pintu dan rangka atap. Untuk kebutuhannya ini, terdapat dua manfaat kayu tersebut. Yang pertama kayu dari pohon mangga sebagai salah satu elemen konstruksi, dan sebagai salah satu elemen non konstruksi (bukan struktural).

Tips!

Karena memiliki ketahanan yang tak begitu baik, ada baiknya aneka produk dari kayu ini tidak digunakan untuk outdoor serta untuk kebutuhan yang heavy duty. Kayu-kayu Mangifera akan ideal bila digunakan untuk membuat furniture dan elemen bangunan interior (tapi bukan lantai).

Tips 2: Pastikan Kekuatannya Bagus

Tips kedua, pastikanlah struktur dan area sambungan produk dari kayu mangga dilakukan dengan baik. Ingat, mangga bukan kayu kelas 1 seperti jati. Ia kayu yang tergolong ringan sehingga seringkali kurang bisa menanggung beban yang berat. Karena karakternya ini, area struktural terutama bagian penyambungan harus benar-benar diperhatikan. Area penyambungan harus dilakukan dengan teknik dan aplikasi desain sambungan yang benar. Kemudian, bahan perekat yang dipakai juga harus benar-benar kuat.

Terkait dengan bahan perekat ini, lemkayu.net menyarankan penggunaan adhesive kayu berbasis PVAc, Crossbond X3. Crossbond X3 adalah lem berbasis polyvinyl acetate dengan inner cross linker modifier. Lem ini memiliki daya rekat yang kuat sehingga bisa menutupi kekurangan kayu mangga yang kurang baik dalam hal kekuatan. Selain itu, Crossbond X3 juga:

  1. Memiliki daya tahan yang sangat baik
  2. Merupakan lem indoor sehingga memang cocok digunakan pada kayu mangifera sebagai material untuk membuat mebel indoor
  3. Cepat kering
  4. Mudah digunakan
  5. Cover area lem yang luas
  6. Solid content atau berat kering adhesive yang tinggi
  7. Merupakan lem eco friendly yang lebih ramah lingkungan dan tidak membahayakan kesehatan

Adhesive ini bisa digunakan untuk perekatan struktural produk kayu mangga, baik itu untuk mebel, elemen bangunan indoor, ataupun untuk aneka jenis kerajinan.

crossbond x3

Pesan Crossbond X3 Sekarang Juga

Dapatkan lem Crossbond untuk kebutuhan pengolahan kayu mangga di atas. Lem ini sekarang bisa didapatkan dengan cara yang lebih mudah. Anda bisa memesannya via online dengan cara:

  1. Menghubungi kami via kontak Customer Service yang disediakan di website ini. Artinya pembelian secara langsung di lemkayu.net
  2. Membeli via marketplace atau online shop. Anda tinggal melakukan searching produk ini di online shop langganan Anda mulai dari Tokopedia, Bukalapak, dan lainnya.
  3. Membeli via laman official facebook Bio Industries

Selain itu, Anda juga bisa melakukan pembelian secara langsung di agen Bio Industries atau di service point Bio Industries yang berlokasi di Jepara, Cirebon, dan Yogyakarta. Membeli adhesive ini secara langsung akan memungkinkan Anda mendapatkan ragam informasi lebih banyak yang disediakan manufaktur produk kimia ramah lingkungan, Bio Industries. Namun demikian, tentu saja informasi ini juga bisa Anda dapatkan secara online dengan bertanya pada CS kami. Kami menyediakan berbagai produk untuk woodworking mulai dari cat, lem, sampai bahan pengawet kayu.

Semoga bermanfaat. Segera dapatkan adhesive murah yang harganya hanya Rp.45.000,00 ini! Hasilkan aneka produk kayu mangga berkualitas bersama lem kayu Crossbond X3.

Semoga bermanfaat!

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here