Yuk, Intip Pembuatan Bamboo Lumber dan Gunakan Lem yang Kuat untuk Bambu Crossbond X4

0
1164
lantai bambu

Bagaimana proses pembuatan bamboo lumber? Ayo simak informasinya di bawah ini, dan jangan lupa gunakan lem yang kuat untuk bambu Crossbond X4.

lantai bambu

Pernahkah Anda melihat aneka produk seperti kabinet dapur dan lantai kayu yang terbuat dari bahan bambu? Bila iya, apakah terpikirkan oleh Anda bagaimana cara membuat berbagai bahan tersebut? Kalau kayu yang digunakan, tentu bukan hal yang membuat penasaran. Tapi ketika bambu yang digunakan, tentu sangat menarik untuk disimak bagaimana sebenarnya proses pembuatan bahan ini. Pasalnya, bambu memiliki bentuk tabung berlubang yang jelas tak bisa begitu saja dibuat menjadi papan-papan untuk lantai hingga kabinet.

CS Lem Kayu

Nah, pada kesempatan ini, lemkayu.net ingin berbagai informasi mengenai cara pembuatan bamboo lumber atau papan bambu. Jangan lupa gunakan lem kayu yang kuat untuk bambu Crossbond X4 bila Anda ingin mengikuti langkah-langkah di bawah ini. Penggunaan lem sangat kami tekankan karena bahan inilah yang berperan sebagai perekat untuk potongan bambu yang akan disatukan.

Langkah Pembuatan Bamboo Lumber dengan Lem yang Kuat untuk Bambu Crossbond X4

Pemanenan Bambu

papan bambuPilih bambu yang sudah tua dan tidak mengandung hama. Usia yang direkomendasikan berkisar antara 4-5 tahun. Pada usia tersebut, bambu sudah memiliki kekuatan dan densitas yang baik untuk digunakan lebih lanjut. Selanjutnya, pilih bambu berdasarkan diameternya. Pilih yang diameternya cukup lebar.

Pemotongan Bambu

Potong bambu menjadi potongan memanjang. Selanjutnya, hilangkan bagian luar bambu (yang berwarna hijau).

Aplikasi Pengawet BioCide

Untuk mencegah bambu rusak akibat serangga dan jamur, aplikasikan BioCide Insecticide dan BioCide Wood Fungicide. Kedua antihama tersebut kami rekomendasikan karena sangat cocok digunakan untuk mencegah hama bambu seperti totor (teter atau serangga serbuk), rayap, hingga jamur seperti blue stain.

Keringkan

Keringkan bambu dengan kiln hingga tingkat kelembabannya ideal (5-8%). Setelah itu, periksa kualitas bambu dan pilih bambu yang baik untuk diolah lebih lanjut.

Rekatkan Bambu

lem yang kuat untuk bambu crossbond X4

Rekatkan bambu baik secara vertikal atau horizontal. Sesuaikan dengan karakter papan bambu yang Anda inginkan, baik dari segi kekuatan hingga tampilan. Misal dari segi ketebalannya, untuk bambu plain pressed (horizontal) biasanya memiliki ketebalan lebih kecil dibanding side pressed (vertikal). Gunakan lem yang kuat untuk bambu Crossbond X4 pada proses ini.

Selesai!

Proses pembuatan bamboo lumber selesai dilakukan. Kini berbagai produk bamboo lumber tersebut bisa diolah lebih lanjut menjadi aneka bahan yang lebih berguna baik itu kabinet dapur maupun lantai rumah.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here