Lem Kayu untuk Meja Palet di Ruang Tamu Unik

0
2355

cobaMendesain ruang tamu merupakan pekerjaan rumah yang tidak sulit. Bahkan, furniture yang digunakan dapat dibuat sendiri dengan bahan bekas. Meja kayu palet merupakan contoh dari furniture tersebut. Perabot ini memberikan kesan kreatif baik dari pemilik maupun ruangan itu sendiri. Membuat meja tamu hanya membutuhkan sedikit langkah dan bahan. Sebagai contoh ialah, kayu palet, lem kayu, paku, gergaji, dll.

Ada banyak alasan mengapa meja kayu palet hadir untuk desain ruang tamu. Salah satunya ialah untuk memanfaatkan barang bekas. Sehingga, kondisi rumah tetap rapi tanpa adanya barang yang tidak berguna. Oleh karena itu, meja ini dapat dibuat dari bekas pagar kayu, bekas box telur, dll. Meskipun demikian, bahan utama ini dapat diperoleh di tempat penjualan bahan kayu. Sama halnya dengan industri furniture, tujuan ini dilakukan untuk memanfaatkan bahan sisa produksi dan menghasilkan keuntungan tambahan.

Step Sederhana Pembuatan Meja Tamu dari Kayu Palet untuk Pemula

lem untuk meja kayu paletProses pembuatan meja kayu palet untuk ruang tamu bisa dikatakan mudah. Membuat furniture ini hanya membutuhkan beberapa step saja. Namun, ada hal penting lainnya untuk dipertimbangkan selain bahan baku. Meja untuk ruang tamu ini harus menggunakan lem kayu yang kuat. Kemudian, didukung oleh bahan dan alat yang memadai. Berikut ialah step atau langkah pembuatan meja kayu palet:

  1. Sesuaikan ukuran meja dengan ruangan tamu.
  2. Siapkan bahan utama dan bahan pendukung.
  3. Potong bahan utama dengan berbagai ukuran untuk bagian atas dan kaki meja.
  4. Buat kaki meja dua buah masing-masing berbentuk kotak atau box. Proses ini membutuhkan lem untuk merekatkan kayu palet. Bahan perekat ini juga dibutuhkan untuk proses pembuatan papan meja.
  5. Kaki meja dan papan dilaminasi atau ditempelkan dengan lem. Proses ini juga bisa diperkuat dengan paku.

Itulah proses pembuatan meja ruang tamu dari kayu palet. Perabot ini dapat dibuat dengan tampilan kayu asli atau ditambahkan dengan warna cat. Hal ini merupakan pilihan bagi pembuat meja kayu.

Memilih  Lem Kayu yang Tepat untuk Meja Tamu Palet

CS Lem Kayu

Lem merupakan bahan baku kedua dalam proses pembuatan meja kayu palet. Untuk pemilihan bahan perekat, masyarakat diimbau untuk berhati-hati, mengingat ada banyak jenis lem di pasaran. Produk lem yang ditawarkan memiliki dua kriteria yaitu jenis lem aman dan tidak aman. Memilih lem yang aman dan ramah lingkungan pasti sangat disarankan kepada masyarakat. Apalagi, mereka bersentuhan langsung dengan lem saat proses pembuatan furniture ini.

Crossbond™ X4
Crossbond™ X4

Lem crossbond X 4 merupakan bahan perekat yang cocok untuk proses laminasi pada meja palet ini. Lem ini memiliki kandungan utama air dan PVAc (polyvinyl acetate). Produk tersebut aman bagi kesehatan dan lingkungan karena tidak mengandung formalin. Bahan perekat ini memiliki menyebar ke permukaan substrat lebih cepat dan luas. Daya kering tinggi dan mudah dibersihkan. Sehingga, media kayu yang direkatkan dengan lem ini memiliki tampilan yang bersih atau tidak belepotan.

Lem Crossbond x 4 dapat diperoleh di Bio Industries. Perusahaan ini berpusat di jalan Sidikan no 94 Sorosutan Yogyakarta. Konsumen dapat datang langsung ke kantor pusat atau menghubungi nomer telp/ wa: 087 839 346 433. Selain itu, pemesanan dapat dilakukan di kantor cabang di Jepara dan Cirebon.

Ruang tamu merupakan bagian rumah dengan desain yang lebih spesifik. Namun, ruangan ini dapat dibuat kreatif dengan meja kayu palet. Sisi kreatif dari benda tersebut tidak hanya terpancar dari tampilan tetapi juga bahan dan ide. Meskipun demikian, hal tersebut kurang bermanfaat tanpa didukung oleh pemilihan lem kayu yang tepat.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here