Panduan Mengganti Fret Gitar dengan Lem Kayu untuk Gitar Terkuat

0
4127
memperbaiki fret

Apa bagian gitar yang paling menentukan suara yang dihasilkannya? Banyak di antara Anda yang akan menjawab senar. Tapi selain senar, bagian fret atau fretboard juga tak kalah penting. Karena itulah, pada kesempatan ini kami ingin membahas mengenai cara mengganti fret gitar yang rusak dengan lem kayu untuk gitar terkuat, Crossbond. Sebab, bagian fret memang menjadi salah satu bagian alat musik itu yang sering rusak.

memperbaiki fret

Kerusakan fret sendiri bisa dikarenakan beberapa hal, mulai dari tak sengaja dijatuhkan hingga terbentur benda keras. Yang jelas, efek kerusakan fret akan membuat suara gitar menjadi sumbang. Tingkatan nada menjadi tak teratur akibat bagian pengaturannya rusak.

CS Lem Kayu

Alat dan Bahan

1. Pencongkel, bisa obeng kecil dan benda serupa lainnya
2. Fret baru
3. Lem Crossbond
4. Pemotong, bisa cutter atau tang
5. Tali kenur atau woll
6. Amplas
7. Pernis atau Biopolish

Langkah-langkah Mengganti Fret Gitar Rusak dengan Lem Kayu untuk Gitar Crossbond

Pertama, Lepas Senar dan Ambil Fret yang Lama

Sebelum mulai pekerjaan ini, lepas dulu senar gitar. Kemudian. dengan pencongkel, ambil fret yang lama. Kami sarankan, Anda mengganti semua fret pada gitar tersebut kecuali Anda sudah sangat yakin bahwa fret baru Anda cocok dengan fret lama. Mengapa ini penting? Pasalnya, ketidaksamaan pada bahan hingga densitas fret bisa membuat suara gitar tidak sinkron. Sehingga disarankan semua fret yang digunakan benar-benar identik.

Haluskan

Dengan amplas haluskan bekas pencongkelan pada bagian fret lama.

Siapkan Fret Baru dan Rekatkan

Siapkan fret baru Anda. Selanjutnya rekatkan ke masing-masing lokasi fret lama dengan lem kayu untuk gitar terkuat Crossbond. Jangan terlalu memaksa menekannya. Setelah itu, posisikan gitar secara mendatar di bidang lurus. Dengan tali yang diletakkan sejajar arah mendatar tersebut, tentukan apakah fret sudah sama tingginya atau belum. Bila belum, tekan dengan pemukul seperti kayu secara hati-hati. Biarkan dulu fret hingga lem sudah benar-benar kering.

Lem Kayu untuk Gitar Terkuat

Pasang Senar dan Uji Fret Baru

Setelah fret benar-benar terekatkan, pasang kembali senar. Lakukan uji pada fret baru tersebut.

Finishing Ulang

Bila Anda ingin membuat tampilan gitar lebih menarik pasca penggantian fret ini, aplikasi pernis ulang bisa dilakukan. Atau bila Anda merasa repot melakukannya, gunakan saja wax polish seperti Biopolish. Biopolish merupakan wax atau semir untuk kayu yang bisa membuat tampilan kayu lebih halus serta seperti baru lagi.

Demikian sekiranya cara mengganti fret gitar lama yang rusak dengan yang baru. Cara di atas bisa dibilang mudah dan akan bertahan lebih lama dengan dukungan lem kayu untuk kayu gitar terkuat Crossbond.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here