Cara Membuat Meja Makan ala Jepang dengan Crossbond X3

0
2877
meja makan ala jepang

Salah satu model meja makan paling unik adalah meja ala jepang. Meski pendek, tapi dengan desain yang tepat, meja seperti ini pasti akan lebih menarik. Produk tersebut juga bisa digunakan untuk usaha kafe hingga restaurant Jepang yang Anda lakukan. Bukankah lebih mengena bisa makan makanan Jepang dalam ruangan yang juga sangat Jepang?

Cara Membuat Meja Makan ala Jepang dengan Crossbond X3

Alat dan Bahan

  1. Palet atau potongan kayu dengan total luas 120 cm x 90 cm. Jadi misalnya Anda punya palet 40 x 30 cm, sediakanlah sejumlah 3 buah. Tak perlu sepersis ukuran ini. Sesuaikan saja dengan kebutuhan yang Anda perlukan. Sebagai contoh, bila Anda hendak menjadikan meja yang luas untuk menaruh jumlah makanan atau minuman yang lebih banyak, maka perluaslah meja tersebut. Selain palet, Anda juga bisa memanfaatkan potongan kayu solid atau plywood. Untuk ketebalannya sebaiknya pilih yang agak tebal hingga tebal. Bila Anda memakai plywood, rangkapkan kayu lapis tersebut supaya hasilnya lebih tebal. Selanjutnya, lapisi bagian pinggir yang menampakkan bekas tempelan dengan veneer.
  2. Veneer (bila diperlukan, baca keterangan pada bahan pertama) dan Crossbond X4.
  3. Dowel
  4. Biscuit joinery (opsional, Anda bisa memanfaatkan dowel, asalkan ketebalan dowel cukup dengan ketebalan kayu paket.
  5. Potongan kayu untuk kaki meja, berupa 2 kayu ukuran 90 cm x 30 cm (30 cm untuk tinggi meja). Pilih yang agak tebal hingga, setidaknya 1,5 cm.
  6. Crossbond X3
  7. Kuas untuk aplikasi Crossbond X3
  8. Amplas
  9. Gergaji
  10. Alat tulis
  11. Baut dan sekrup rak siku-siku 4 buah
  12. Potongan kayu memanjang 90 cm x 2,5 cm 3 buah. Ketebalan setidaknya 1 cm.
  13. Paku
  14. Pukul
  15. Bor

Langkah-langkah Membuat Meja Makan ala Jepang dengan Crossbond X3

Membuat Top Table

Untuk membuat bagian atas meja, Anda punya dua opsi sebagaimana disebut di atas, yakni dengan palet atau dengan kayu lapis. Bila Anda menggunakan palet, Anda perlu menyambungkan dulu kayu-kayu tersebut. Gunakan biscuit joint atau dowel yang direkatkan dengan Crossbond X3. Agar sambungan lebih kokoh, tambahkan potongan kayu 90 x 2,5 cm sejumlah 2 buah pada arah tegak lurus dengan arah panjang meja. Rentangnya 40 cm untuk tiap kayu dari ujung sisi potongan.

Bila Anda memakai kayu lapis, Anda tak perlu melakukan kesemua langkah di atas. Akan tetapi, bila plywood yang Anda pakai dirasa kurang tebal, ada baiknya Anda pertebal. Lapiskan plywood memakai Crossbond X4. Kemudian, agar sisi tepinya tampak rapi, aplikasikan veneer.

 

Menyiapkan Kaki Meja

CS Lem Kayu

Siapkanlah kaki meja berupa papan dengan tinggi 30 cm dan panjang 90 cm. Pastikan permukaannya sudah bersih, kering, dan halus.

Menyambungkan Kaki Meja dengan Bagian Atas Meja

Terapkan pada sisi atas meja yang lebarnya 90 cm (bukan yang 120 cm. Aplikasikan sambungan dowel dan Crossbond X3. Jumlahnya setidaknya 4 untuk tiap ujung sisi yang disambungkan. Jadi total dowel yang dipakai 8. Perkuat sambungan ini memakai baut dan sekrup siku rak. Gunakan 2 untuk tiap sisi, jadi totalnya 8 buah.

meja makan jepang bagus

Cara Finishing dengan Warna Rustic

Finishing meja makan ala Jepang di atas bisa dilakukan dengan beberapa cara. Salah satu yang kami rekomendasikan adalah finishing kayu rustic dengan menggunakan BioVarnish dan BioGlaze Black (hitam). Berikut ini caranya:

Alat dan Bahan

  1. BioColours Sanding Sealer
  2. BioVarnish Wood Stain warna Walnut Brown
  3. BioVarnish Clear Doff
  4. Glaze Black
  5. Kawat kuningan
  6. Kuas atau spray gun
  7. Kertas amplas no 120 dan 400
  8. Kain bersih
  9. Air

Cara Finishing Meja Makan Warna Rustic Black Wash dengan BioVarnish

  1. Siapkan dulu mejanya. Pastikan meja sudah bersih, kering, dan halus.
  2. Buatlah “cacat” kayu dengan menggoresnya menggunakan amplas kuningan (jangan lakukan ini bila Anda memakai kayu lapis).
  3. Setelah itu, lakukan pengamplasan supaya bulu kayu terpotong dan permukaan kayu kembali halus.
  4. Siapkan BioColours Sanding Sealer.
  5. Campurkan sealer tersebut dengan air bersih menggunakan perbandingan 2 bahan : 1 air. Campurkan keduanya hingga benar-benar merata.
  6. Aplikasikan Sanding Sealer yang telah diiapkan ke seluruh permukaan kayu atau furniture hingga rata. Diamkan hingga lapisan mengering. Apabila sudah mengering, lakukan pengamplasan pelan-pelan hanya agar permukaannya halus saja.
  7. Siapkan Biovarnish Walnut Brown. Campurkan Biovarnish Walnut Brown menggunakan dengan air dengan perbandingan 2 bahan : 1 air dan aduk hingga rata. Aplikasikan BioVarnish Walnut Brown ke seluruh permukaan meja. Diamkan hingga lapisan mengering. Apabila sudah mengering, lakukan pengamplasan pelan-pelan hanya agar permukaannya halus saja (menggunakan kertas amplas no. 400).
  8. Siapkan BioColours Sanding Sealer.
  9. Campurkan kembali dengan air menggunakan perbandingan 2 bahan : 1 air. Aplikasikan lagi. Diamkan hingga lapisan mengering. Apabila sudah mengering, lakukan pengamplasan pelan-pelan hanya agar permukaannya halus saja.
  10. Aplikasikan Glaze Black. Campurkanlah Glaze Black sesuai dengan selera Anda.
  11. Berikutnya, aplikasikan Glaze Black secara menyeluruh ke permukaan meja ataupun kaki meja makan. Diamkan sebentar. Setelah dirasa “setengah” kering, ambillah kain bersih yang sudah dibasahi dengan air. Hapus Glaze Black, biarkan terhapus sampai yang tertinggal hanya warna hitam di area goresan.
    Siapkan clear varnish, BioVarnish Clear Coat Doff. Ingat, jangan memilih tingkat kilau yang tinggi ya. Usahakan memakai yang tingkatnya doff.
  12. Campurkan BioVarnish Clear Doff dengan air menggunakan perbandingan 2 bahan : 1 air kemudian aduk hingga rata.
  13. Aplikasikan clear varnish tersebut ke seluruh permukaan kayu. Diamkan hingga lapisan mengering. Apabila sudah mengering, lakukan pengamplasan pelan-pelan hanya agar permukaannya halus saja.

Tips agar Meja Makan ala Jepang Lebih Menarik

meja makan jepang

Langkah-langkah di atas sebetulnya hanya langkah dasar untuk membaut meja ala Jepang yang terkenal karena bentuknya yang pendek. Untuk membuatnya makin menarik, pertimbangkanlah beberapa tips di bawah ini.

  1. Aplikasikan desain yang lebih menarik dan kreatif apabila Anda sudah mahir membuat meja dengan panduan dasar di atas.
  2. Selain finishing rustic, ada banyak tipe finishing yang lain. Pertimbangkanlah untuk menerapkan finishing lain seperti natural color hingga whitewash.
  3. Anda juga bisa mempercantik meja dengan menambahkan taplak yang bagus dengan pola dan gambar “Jepang”.
  4. Jangan lupa mengenai dudukannya. Anda bisa memakai kursi yang dibuat khusus ataupun menerapkan bantalan saja.
  5. Tambahkan hiasan atau dekorasi lain untuk menguatkan kesan negeri Sakura tersebut. Misalnya dengan menempatkan bonsai hingga lukisan-lukisan Jepang.

Nah, itulah tips dan langkah membuat meja makan ala Jepang dengan Crossbond X3. Semoga bermanfaat ya!

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here