Mau Buat Akuarium? Ini Jenis Lem untuk Aquarium yang Recommended

0
35
lem untuk aquarium

Mau buat aquarium sendiri? Bila jawaban Anda iya, pastilah Anda perlu mengetahui informasi jenis lem untuk aquarium yang paling bagus. Dan kali ini, lemkayu.net akan membagikan informasi mengenai adhesive tersebut.

Aquarium yang Bukan Sekedar Tempat Ikan

Bagi sebagian besar dari kita, aquarium hanyalah tempat biasa untuk menampung ikan-ikan di dalamnya. Banyak anak terutama anak laki-laki yang menyenangi benda ini. Kehadiran akuarium di rumah pun bisa memberikan suasana yang lebih segar. Bayangkan saja cantik dan segarnya ruang tamu dengan aquarium yang berisi ikan dan beberapa algae berwarna hijau.

Tapi di luar itu, bagi beberapa kalangan khusus, aquarium lebih dari sekadar hiasan di ruang tamu. Kalangan khusus yang dimaksud adalah penghobi ikan hingga pencinta aquascape. Aquascape adalah teknik menghias akuarium dengan flora dan alga. Hobi seperti ini perlu dedikasi tinggi, dan seseorang bisa menghasilkan jutaan rupiah demi akuarium berisi ikan dan tetumbuhan yang cantik.

Profit Besar

Bagi para pelaku usaha, hobi seperti aquascape dan ikan (baik tawar atau asin / laut) adalah suatu ceruk pasar yang bisa dieksplor supaya mendatangkan keuntungan. Selain menjual ikan dan berbagai perlengkapan yang dibutuhkan, Anda juga bisa menjual aquarium.

CS Lem Kayu

Eits, akuarium untuk para penghobi seperti ini tentu kualitasnya harus tinggi. Namun di sisi lain, dengan membuat aquarium, Anda juga bisa menarget pasar umum yang membutuhkan benda tersebut.

Pembuatan aquarium juga tidak sesulot yang Anda kira lho. Hanya mungkin salah satu tantangan terbesarnya adalah memilih jenis lem untuk aquarium yang bagus.

Membuat Aquarium : Tantangan Pengelemannya

lem untuk aquarium

Kenapa memilih lem untuk akuarium adalah hal yang sulit? Hal ini dikarenakan:

  1. Lem harus tahan air, sedangkan tidak semua lem yang dijual di pasaran tahan air
  2. Lem harus transparan. Kalau lem berwarna, maka akuarium akan terlihat jelek
  3. Lem harus tahan terhadap perubahan suhu
  4. Lem harus aman digunakan sehingga tidak meracuni organisme di dalam aquarium
  5. Lem harus kuat sehingga bisa merekatkan material kaca yang keras

Hal-hal itulah yang membuat pemilihan jenis lem untuk aquarium menjadi sulit dilakukan. Tapi secara umum sebetulnya ada pilihan lem untuk kaca dan gelas.

Jenis-jenis Lem untuk Kaca dan Gelas

Selain aquarium, perekatan pada material kaca dan gelas juga sering diperlukan saat membuat furniture hingga alat-alat medis. Dan hingga hari ini, biasanya adhesive yang dipakai untuk material tersebut adalah:

  1. Epoxy. Lem epoxy adalah lem yang menghasilkan substrat transparan, tahan air, dan sangat kuat. Umumnya epoksi digunakan untuk pembuatan produk medis sampai benda-benda yang membutuhkan ketahanan pada beban yang baik.
  2. Super glue. Super glue menawarkan beberapa kelebihan seperti epoksi. Hanya saja, super glue tidak memiliki ketahanan terhadap beban yang baik.
  3. Silicon. Silicon merupakan lem hot melt yang berwujud seperti gel. Lem ini tahan air, elastis, dan kuat.
  4. Glue gun dengan glue stick. Untuk perekatan kaca yang kecil, glue stik dengan glue gun adalah pilihan terbaik.

Silicon

Dari berbagai pilihan jenis lem untuk aquarium di atas, yang paling sering dipakai adalah silikon. Kenapa silikon? Sebab, adhesive ini memiliki sifat-sifat yang diperlukan seperti elastis, transparan, tahan air, aman, dan daya rekatnya bagus. Hal lain yang penting adalah aplikasi silikon yang lebih mudah dibanding epoxy atau super glue. Harga lem silikon pun lebih terjangkau untuk kebutuhan pembuatan akuarium dibandingkan lem lainnya dengan kualitas yang setara.

Bagaimana dengan Lem untuk Meja Akuariumnya?

Keindahan aquarium dan aquascape dipengaruhi berbagai faktor. Selain keindahan komponen tumbuhan air, ikan, hingga hiasan-hiasan di dalamnya, meja peletakan aquarium juga berpengaruh lho.

Coba bayangkan bila Anda meletakkan aquascape yang sudah dihias demikian cantik di meja kayu yang biasa. Pasti kurang menarik. Sebaliknya, bila kita meletakkannya di meja khusus yang didesain tersendiri, pasti aquascape makin terlihat memesona.

Pembuatan meja aquarium ini pun dengan demikian bisa menjadi sebuah peluang usaha tersendiri. Dan sama seperti pada pembuatan akuarium, Anda juga harus memilih lem yang tepat. Sebab apa? Sebab meja harus menahan beban yang berat dan di waktu yang sama juga harus menarik.

Kira-kira, apa ya lem untuk meja akuarium yang bagus?

Crossbond untuk Lem Meja Aquarium

Umumnya, jenis lem untuk aquarium yang digunakan adalah lem silikon. Sedangkan lem untuk pembuatan meja akuarium yang kami rekomendasikan adalah Crossbond.

Crossbond adalah lem polyvinyl acetate water based. Kenapa lem ini kami rekomendasikan:

  1. Daya rekat yang kuat dan tahan lama
  2. Tidak menyebabkan glue line atau noda tertentu pada garis pengeleman
  3. Tidak tebal sehingga cocok untuk perekatan furniture
  4. Aman digunakan
  5. Tidak bau
  6. Hemat digunakan sehingga membuat bengkak budget produksi
  7. Harga terjangkau
  8. Mudah digunakan bahkan oleh pemula sekalipun.
  9. Tidak beracun karena berbahan dasar PVAc berbasis air

Lem Crossbond terdiri dari dua varian. Varian pertama adalah Crossbond X3, sedangkan yang kedua adalah Crossbond X4. Crossbond X3 cocok untuk perekatan sambungan meja aquarium sedangkan Crossbond X4 cocok untuk aplikasi veneer sampai pembuatan blockboard.

lem kayu terbaik

Kontak dan Pemesanan Crossbond

Dapatkan lem Crossbond sekarang juga. Lemkayu.net menyediakan kedua varian Crossbond untuk Anda. Pembelian bisa dilakukan secara online ataupun secara langsung. Bagi Anda yang berdomisili di daerah Yogyakarta, Jepara, dan Cirebon, silahkan berkunjung ke Bio Service Point. Di sana, Anda juga bisa membeli berbagai produk woodworking kami yang lain mulai dari pemutih kayu sampai cat ramah lingkungan.

Selebihnya, pembelian pun bisa dilakukan secara online. Pembelian secara online dilakukan dengan menghubungi kami via kontak CS yang disediakan. CS kami akan memandu Anda melakukan pemesanan dengan profesional dan ramah. Pembelian di marketplace juga bisa dilakukan. Silahkan saja bila Anda berminat untuk membeli di marketplace langganan Anda.

Simpulan

Dari pembahasan panjang di atas, bisa kita simpulkan bahwa:

  1. Aquarium meski sepertinya barang sepele, namun bagi beberapa kalangan adalah sebuah produk yang begitu diminati. Misalnya para pencinta aquascape sampai mereka yang sangat hobi memelihara ikan.
  2. Bagi para pelaku usaha, keberadaan aquarium adalah suatu prospek bisnis tersendiri. Toh pembuatannya tidak sulit bukan?
  3. Hanya saja, bagi para pemula, tantangan pembuatan aquarium yang sering dihadapi adalah masalah lemnya. Apa lem untuk aquarium yang paling tepat?
  4. Secara umum, lem untuk merekatkan kaca gelas aquarium yang paling banyak digunakan adalah silikon. Silikon memiliki kualitas dan harga yang baik.
  5. Nah, untuk pengeleman meja aquariumnya sendiri Anda bisa menggunakan lem Crossbond.

Semoga informasi ini bermanfaat, ya. Nantikan terus berbagai informasi menarik lainnya di lemkayu.net

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here