Lem Silikon : Pengertian, Guna, dan Contoh Merknya

0
92
Image: adhesiveplatform.com

Apa itu lem silikon? Bagaimana cara menggunakannya dengan benar? Dan apakah lem ini bisa dipakai untuk mengelem kayu? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

Ada sangat banyak jenis lem di pasaran. Menurut merk-nya, kita mengenal lem Dextone, lem Crossbond, Avian, Siligon, dan masih banyak lagi. Tiap lem tersebut pada umumnya ditujukan untuk suatu keperluan tersendiri. Dan karenanya, formula atau bahan pembuatnya juga berlainan.

Nah di kesempatan ini, kami akan membahas salah satu jenis lem yang biasa digunakan pada kaca, yakni lem silikon. Seperti apa sih lem ini? Langsung saja, mari simak penjelasannya di bawah ini.

Pengertian

Bagi Anda yang pernah bekerja di beberapa jenis industri seperti elektronik, Anda pasti sudah terbiasa dengan lem silicon. Lem yang juga biasa disebut sebagai sealant silicon ini merupakan lem yang memiliki karakter sangat khas.

CS Lem Kayu

Berbeda dengan beberapa jenis lem yang lain, silikon perlu proses curing atau pengeringan. Setidaknya diperlukan 24 jam untuk proses curing yang sempurna. Namun untuk sealant yang diaplikasikan tebal, proses curing bisa makan waktu sampai beberapa hari.

Bila dilihat dari formulanya, sealant ini mengandung suatu polimer di mana terdapat unsur-unsur seperti silicon (Si), karbon (C), hidrogen (H), dan oksigen (O). dalam bahasa inggris, sealant silicon juga biasa disebut sebagai silicon rubber.

Karet atau rubber silicon hadir dengan formula yang beragam. Namun secara umum, produk yang tersedia di pasaran adalah polimer 2k. Secara umum, polimer bersifat non reaktif, stabil, dan memiliki resistensi terhadap faktor perusak.

Pemanfaatan Lem Silikon

Karena memiliki kestabilan yang baik, kita dapat menemukan penggunaan silicon di bidang yang berbeda-beda. Ada yang menggunakannya untuk insulator, otomotif, alat-alat memasak, hingga produk penyimpanan makanan.

Di kehidupan sehari-hari, sealant silicon juga sering ditemui lho. Kita bissa melihat contoh pemanfaatkan sealant ini pada akuarium. Ya, pada umumnya, lem yang digunakan untuk merekatkan kaca atau gelas aquarium adalah lem silicon ini.

Kelebihan dan Kekurangan Silicone Sealant

Secara umum, telah disinggung sedikit kelebihan perekat ini di atas. Lem ini memiliki resistensi yang bagus terhadap faktor perusak. Misalnya saja air dan juga suhu yang tinggi. Beberapa bahan kimia juga terbukti dapat ditangkal oleh adhesive ini.

Yang tak kalah menarik, lem ini memiliki tingkat keamanan yang sangat baik. Tak heran, lem ini kemudian banyak digunakan untuk pembuatan alat-alat medis dan alat sejenis yang memerlukan tingkat keamanan tinggi.

Namun demikian, lem ini bukannya tanpa kekurangan. Daya rekat, misalnya. Secara umum, lem ini memiliki kekuatan yang lebih rendah bila dibandingkan dengan lem PU dan juga lem epoksi. Agar lebih jelas, akan dijelaskan daftar kelebihan dan kekurangan lem silicon di bawah ini.

Kelebihan

  1. Bisa digunakan pada rentang temperature dari -65C hingga 315C
  2. Reaksi eksoterm yang rendah
  3. Toksisitas yang rendah
  4. Low cure shrinkage
  5. Ketahanan yang baik terhadap berbagai faktor

Kekurangan

  1. Kekuatan perekatan yang kalah signifikan dengan lem lain terutama lem epoksi dan juga PU
  2. Mudah terkontaminasi atau terkotori, sehingga kadang hasil pengeleman terlihat jelek
  3. Jika pemformulasiannya salah, bisa memberikan efek yang tak diinginkan

Tips Menggunakan Lem Silikon

Image: adhesives.org
  1. Bersihkan dulu media yang hendak dilem. Ini penting karena lem ini proses curingnya lama. Selain itu, lem ini juga mudah terkena debu.
  2. Hindari menggunakan untuk produk yang perlu impact resistance tinggi.
  3. Upayakan untuk menggunakan clamp press.
  4. Saat membeli atau saat hendak menggunakan, perhatikan tanggal kadaluarsa lem silicone tersebut.
  5. Gunakanlah alat-alat keselamatan diri standar yang diperlukan.
  6. Ikutilah petunjuk penggunaan pada kemasan lem silikon yang telah Anda dapatkan
  7. Pastikan Anda menggunakan lem yang sesuai dengan kebutuhan.

Contoh Lem Silikon dan Harganya

Berikut ini beberapa contoh produk lem dengan bahan dasar silikon yang tersedia di pasaran.

  1. Lem Dextone Silicon
  2. Silicon Rubber Sealant
  3. Klebermann Silicon Glass Sealant Transparent
  4. Perekat Dow Corning Netral Clear Bening Lem Silikone Sealant
  5. Lem Sealant Sikisei
  6. Silicon Glass Handsome Clear
  7. Sealant Silicon Hitam Merk Dextone
  8. Sealant Fix
  9. Auto Sealer Hita
  10. Sealant Soligen

Sebetulnya, masih banyak lagi lem berbahan dasar silikon yang lainnya. Hanya saja, jelas tak dapat kami sebutkan satu per satu. Yang terpenting, pilihlah lem yang kualitasnya baik dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Bisakah Menggunakan Lem Silikon untuk Kayu?

Beberapa dari pembaca mungkin bertanya-tanya, apakah lem ini dapat dipakai untuk kayu? Selama ini, sealant silicon didesain untuk perekatan plastik, kaca, dan lain sejenisnya. Tapi untuk kayu, lem ini jarang direkomendasikan. Dan kami juga tidak akan merekomendasikannya kepada Anda. Apalagi waktu curing lem ini cenderung lama. Bila ini dipraktikkan di skala industri, jelas ini akan menimbulkan suatu masalah.

Untuk perekatan kayu, lem terbaik yang kami sarankan adalah lem PVAc atau polyvinyl acetate. PVAc adalah suatu formula tersendiri yang kuat, tahan lama, dan sangat aman digunakan. Di lemkayu.net, kami meyediakan dua lem kayu berbasis PVAc dengan kualitasnya yang sangat baik.

Untuk Kayu, Andalkan Lem Crossbond!

Crossbond memiliki banyak keunggulan sebagai lem kayu. Bukan itu saja, lem ini juga tersedia atas dua varian untuk manfaat yang berbeda lho.

Varian Crossbond yang pertama adalah Crossbond X3. Lem ini dapat digunakan untuk menyatukan komponen atau rangka suatu produk. Lem indoor ini, dengan demikian dapat dipakai dalam pembuatan mebel hingga konstruksi bangunan.

Varian Crossbond yang kedua adalah Crossbond X4. Lem ini dapat digunakan untuk perekatan pada permukaan lebar. Misalnya untuk memasang lantai decking outdoor, parket, pemasangan veneer, dan lain sejenisnya.

lem kayu terbaik

Kontak dan Pemesanan

Mari pesan sekarang juga lem Crossbond. Lem ini bisa Anda beli secara langsung atau daring. Untuk membeli secara daring, Anda dapat menghubungi kami lewat CS. CS kami pasti akan memandu jalannya pemesanan dengan ramah dan profesional. Adapun, untuk pembelian secara langsung, Anda dapat ke Bio Service Point.

Bagaimana dengan kerja sama lanjutan? Tentu saja bisa. Bahkan bila perlu, kami dapat mengirimkan tim kami ke perusahaan Anda.

Simpulan

  1. Salah satu jenis sealant yang sangat populer di dunia adalah sealant silicon. Sealant ini terdiri atas polymer silicon yang berikatan dengan unsur yang lain.
  2. Lem silikon memiliki kelebihan: aman, mudah digunakan, dan memiliki resistensi yang baik.
  3. Meski memiliki kelebihan-kelebihan, lem ini juga punya kekurangan. Salah satunya daya rekat yang kalah dibanding epoksi dan waktu curingnya yang lama.
  4. Apakah lem silikon direkomendasikan untuk kayu? Jawabannya tidak.
  5. Untuk perekatan kayu, maka produk terbaiknya adalah Crossbond.

Semoga informasi ini bermanfaat ya.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here