Mudah Tapi Kurang Efektif? Ini Dia Cara Membuat Lem Kayu Secara Alami!

1
2851
cara membuat lem kayu secara alami

Bagaimana cara membuat lem kayu atau wood adhesive? Tak seperti yang kita bayangkan, rupanya pembuatan lem kayu bisa dilakukan secara alami dan manual oleh masyarakat awam seperti kita. Pembuatannya yang alami bermakna bahwa tidak ada bahan kimia berbahaya yang dicampurkan. Tentu jaminan keamanan ini cukup menarik, lantaran banyak pabrik lem yang memanfaatkan bahan-bahan berbahaya dalam formulasinya seperti formalin.

cara membuat lem kayu secara alami

Untuk membuat lem kayu secara alami, silahkan baca panduan berikut ini.

Alat dan Bahan

    1. Tepung terigu 0,25 Kg
    1. Air secukupnya
  1. Kapur bangunan

Tahapan Cara Membuat Lem Kayu secara Alami

Pencampuran tepung terigu dan air

CS Lem Kayu

Campurkan tepung terigu dengan air secara perlahan hingga membentuk adonan liat. Aduk terus adonan dan uleni hingga bentuknya lebih kenyal.

Masukkan adonan ke dalam air

Masukkan adonan ke dalam ember yang setengah volumnya diisi air. Biarkan hingga adonan mulai bercampur dengan air ditandai warna air yang memutih. Pijat adonan hingga benar-benar kenyal menyerupai karet dan tidak lagi larut air.

Tambahkan kapur

Setelah adonan kenyal seperti karet, peras hingga tidak mengandung air. Selanjutnya, tambahkan bubuk kapur pada adonan tersebut dengan cara ditaburkan. Pijat kembali adonan hingg lebih cair dan lengket. Lakukan terus hingga wujudnya menyerupai lem yang kita kenal. Setelah itu, Anda bisa menggunakannya untuk merekatkan berbagai produk kayu. Lama pengeringan untuk jenis adhesive buatan seperti ini sekitar 6 jam.
Bagaimana? Cukup mudah bukan mengikuti tahapan cara membuat lem kayu di atas? Tetapi kalau kita mau realistis, jangan berharap kualitas yang ditawarkan sebaik lem-lem bermerk di pasaran. Bagaimanapun juga produk adhesive yang dijual di pasaran telah dikembangkan dengan baik oleh ahlinya masing-masing.

Sebenarnya, apabila konsen utama kita adalah untuk mendapatkan produk adhesive yang kuat tapi tetap aman, gunakan saja produk yang memiliki jaminan kualitas seperti itu. Produk yang kami rekomendasikan adalah lem PVA Crossbond™. Karena terbuat dari polyvinyl acetate, dilarutkan dengan air, dan tidak menggunakan zat berbahaya seperti formalin, lem Crossbond™ bahkan aman untuk produk kayu seperti meja makan.

CS Lem Kayu

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here