Mengapa Penting Menggunakan Klem atau Clamp Press? Ini Alasannya

0
2714
alat-klem-clamp-kayu

alat-klem-clamp-kayuBeragam alasan bisa dikemukakan untuk menunjukkan pentingnya penggunaan alat klem atau clamp dalam proses pengeleman kayu. Pertama dan yang paling mudah dilihat adalah fungsi alat tersebut untuk mencegah kayu yang sedang direkatkan menjauh pada waktu curing. Ini sangat penting mengingat beberapa adhesive memerlukan waktu yang cukup panjang hingga akhirnya kering. Contohnya saja jenis lem epoksi yang memerlukan waktu hingga berjam-jam. Tentu tak mungkin kita akan memegang kayu yang direkatkan selama itu, atau membiarkannya begitu saja.

Alasan Lain Penggunaan Alat Klem

Sifat Lem

Alasan berikutnya tak lepas dari sifat kebanyakan lem yang berbentuk cairan. Ketika diaplikasikan pada kayu dan dibiarkan begitu saja tanpa clamp, potensi pergerseran sambungan karena sifat cair dan licin lem bisa terjadi. Bahkan bisa jadi bukan sekedar bergeser, namun juga benar-benar terpisah. Karena itulah sangat diperlukan mesin khusus untuk menjaga perekatan hingga akhirnya adhesive yang digunakan sudah solid.

Daya Rekat

Alasan ketiga, dengan penggunaan alat ini, maka fungsi lem bisa benar-benar dioptimalkan. Daya rekat lem yang kuat hanya akan tercipta bila waktu curingnya juga berkualitas. Sedangkan pada proses perekatan tanpa klem, waktu curing sangat rentan mengalami banyak gangguan. Bahkan bila gangguan itu hanya berupa paparan udara yang terlalu besar.

Dengan hadirnya clamp press dan proses clamping itu sendiri, diharapkan waktu curing benar-benar baik sehingga lem akan mengering dengan ideal. Jadi daya rekatnya pun tak akan menurun sesuai standarnya.

Hemat Budget, Waktu, dan Energi

CS Lem Kayu

Penggunaan alat press kayu sederhana ini akan meningkatkan presentase keberhasilan proses pengeleman. Dengan demikian, alat ini juga akan menghemat budget, waktu, serta energi yang dulunya terbuang akibat kegagalan proses pengeleman tanpa clamp press.

Dan alasan terakhir mengapa kita seharusnya menggunakan alat clamp press adalah pertanyaan: “kenapa tidak?” Jangan salah. Meskipun tidak bisa dibilang murah, namun dengan fungsinya yang begitu krusial sesuai penjelasan di atas, otomatis bila kita tidak menggunakan alat ini, maka kita justru akan merugi sendiri.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here