DIY Cara Menyambung Papan Kayu dengan Biscuit Joinery

0
6206
menangkupkan kayu

Ini dia cara menyambung papan kayu dengan biscuit joint! Aplikasikan cara di bawah ini untuk mendapatkan papan kayu dengan kualitas sambungan yang baik. Jangan lupa, gunakan adhesive yang memiliki daya rekat tinggi.

promo produk finishing natural oil dan sanding sealer

kayu

Kebutuhan akan papan kayu terus meningkat seiring berjalannya waktu. Kayu yang lebih lebar dibutuhkan untuk membuat aneka perabot mulai dari almari sampai meja. Namun keberadaan papan kayu sendiri seringkali tidak bisa didapatkan dari hasil tebangan pohon begitu saja. Tebangan pohon-pohon tersebut setidaknya harus disambungkan dulu untuk membentuk papan lebar. Bagaimana proses penyambungannya? Jawabannya, banyak cara bisa dilakukan. Misalnya dengan aplikasi sambungan finger joint dan biscuit joint. Nah, pada kesempatan ini, kami akan membagikan langkah-langkah untuk menyambung papan kayu dengan biscuit joint. Caranya bisa dibilang relatif mudah. Namun tentu saja Anda harus menguasai teknik woodworking yang tepat.

perawatan kayu alami natural oil

Baca Juga : cara menyambung papan kayu sederhana

Alat dan Bahan

1. Biscuit joinery
2. Papan kayu yang sudah siap disambung
3. Lem kayu Crossbond
4. Kuas
5. Clamp press
6. Pemotong kayu
7. Table saw

promo produk biovarnish wood filler

biscuit joinery

Cara Menyambung Papan Kayu dengan Biscuit Joinery

Persiapan Papan Kayu

Siapkan semua alat dan bahan serta kayu yang akan disambung. Pastikan kayu sudah terpotong dan bersih serta kering.

Pembuatan Lubang Biscuit

Buat lubang biskuit untuk tempat masuk biscuit joinery di bagian samping papan kayu. Gunakan table saw yang Anda miliki.

membuat papan kayu dengan biscuit joinery 1

Pengeleman dengan Lem Kayu Crossbond

Aplikasikan Crossbond pada lubang yang telah dibuat, serta sebagian pada biskuit. Gunakan pengoles kuas untuk melakukannya. Pastikan untuk memberikan lem dalam jumlah cukup. Jangan terlalu sedikit dan jangan terlalu banyak.

Jual Lem Kayu untuk Gitar

menangkupkan kayu

Clamp Press

Gunakan clamp press. Pilih jenis clamp press yang bisa digunakan, contohnya tipe pipe atau pipa. Pastikan Anda bisa menekan dengan baik papan tersebut.

Selesai!

papan kayu selesai dibuat

Bagaimana? Tak sulit kan menyambung papan kayu dengan cara di atas? Selain tak sulit, aplikasi cara di atas juga memberikan keuntungan khusus dari segi estetika. Pasalnya, dengan tipe sambungan ini area sambungan tak akan terlihat seperti pada sambungan lain.

promo produk white agent wa-250
perawatan kayu alami natural oil

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here