Sambungan Papan Kayu dengan Teknik Finger Joint dan Lem Crossbond X4

0
2453

Salah satu cara terbaik menyatukan potongan kayu untuk menghasilkan papan lebar adalah dengan teknik finger joint. Sambungan papan kayu tersebut akan makin optimal fungsinya bila dilem dengan lem yang tepat, Crossbond X4.

Kebutuhan akan papan kayu yang lebar tak seiring sejalan dengan ketersediaannya. Saat ini, sediaan kayu solid makin menipis. Pun demikian, kebanyakan kayu solid yang tersedia tak memiliki ukuran cukup lebar. Banyak industri pengolahan kayu seperti mebel yang kemudian memanfaatkan kayu olahan seperti medium density fiberboard. Namun ada kalanya, kayu olahan seperti itu kurang bisa diandalkan karena ketahanannya yang lemah. Pada kondisi ini, penyambungan potongan kayu yang kecil menjadi papan lebar dan panjang adalah pilihan terbaik.

Bagaimana Cara Aplikasi Sambungan Papan Kayu?

CS Lem Kayu

Yang jadi pertanyaan, bagaimanakah cara aplikasi sambungan tersebut? Teknik yang harus diterapkan sebenarnya cukup rumit dan melibatkan alat woodworking yang tak sederhana. Namun pada dasarnya, kayu disambungkan dengan teknik finger joint.

Aplikasi finger joint mulanya dilakukan dengan menyiapkan potongan kayu terlebih dahulu agar ukurannya seragam. Kayu-kayu tersebut kemudian dimasukkan ke mesin pengolahan khusus dan disambungkan secara melebar. Sedangkan untuk sambungan memanjangnya, kayu dipotong tidak sama namun simetris dengan bagian kayu yang lain. Sehingga kedua bagian kayu tersebut bisa menyatu sama lain. Dari sinilah papan kayu bisa dihasilkan. Produk ini kemudian kita kenal sebagai FJLB atau Finger Joint Laminated Board. Teknik finger joint ini nantinya juga bisa diaplikasikan pada berbagai kebutuhan sambungan kayu yang lain. Misalnya untuk membuat rak hingga boks/kotak.

Harus Menggunakan Lem Sambungan Papan Kayu yang Bagus

Seperti telah kami tekankan pada berbagai artikel sebelumnya, selain teknik yang bagus, lem yang berkualitas juga sangat diperlukan untuk menghasilkan papan kayu berkualitas. Sebab tak mungkin kita mengharapkan dua kayu bisa menyatu bila perekatnya berkualitas buruk.

Sebagai rekomendasi, kami menyediakan Crossbond X4 yang bisa Anda gunakan sebagai lem penyambungan papan kayu. Crossbond X4 merupakan lem berbasis air dengan formulasi PVAc yang aman, kuat, dan bisa digunakan untuk eksterior maupun interior.

Aplikasi lem ini adalah dengan cara dioleskan pada salah satu sisi permukaan yang akan disambungkan. Crossbond X4 selanjutnya akan meresap ke dalam kayu dan melakukan perekatan dari dalam yang sangat baik. Lem ini pun unggul dari segi keamanannya yang tak mengandung timbal maupun formalin.

Tertarik membeli Crossbond X4? Segera dapatkan adhesive ini dengan menghubungi kontak CS kami. Yang jelas, pemanfaatan lem yang bagus serta teknik yang tepat harus selalu Anda perhatikan kala menerapkan berbagai macam sambungan papan kayu.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here