Perlunya Lem Kayu Konstruksi untuk Biscuit Joint Terbaik!

0
1482
sambungan biskuit

Menggunakan bahan yang disebut biskuit kayu, sambungan ini menawarkan beberapa keuntungan. Namun aplikasinya tak akan pernah berhasil bila dilakukan tanpa lem kayu konstruksi untuk biscuit joint yang baik.

sambungan biskuit

Apa itu Biscuit Joint?

Penyambung biscuit atau biscuit joiner merupakan salah satu alat woodworking yang memiliki fungsi menyambungkan dua kayu menjadi satu. Pada dua kayu yang akan disambung, dibuat lubang yang selanjutnya disebut dengan mulut, tepat pada bagian samping masing-masing kayu. Dengan bentuk yang oval dan terkompresi dengan baik, penyambung biscuit kemudian dioles dengan lem bersamaan dengan lubangnya, kemudian disatukan satu sama lain. Dengan teknik sederhana ini, dua kayu tersebut akan tersambung menjadi satu.

Salah satu keuntungan aplikasi joinery menggunakan alat ini adalah ketepatan pengukuran yang tidak begitu diperlukan. Jadi, Anda tak akan mengalami kesulitan dari aspek ini seperti saat mengaplikasikan sambungan-sambungan yang menuntut ketelitian tinggi seperti box joint. Meski demikian, tetap saja, semakin tepat ukuran biskuit dengan mulutnya, maka akan semakin kuat sambungan yang dihasilkan. Keuntungan lainnya dari aplikasi sambungan ini adalah estetikanya yang menarik. Selain bisa disamarkan pada bagian biskuitnya, adanya kontras pada biskuit sebenarnya bisa menjadi daya tarik tersendiri.

Seperti Apa Lem Kayu Konstruksi untuk Biscuit Joint yang Tepat?

Seperti yang telah dijelaskan di atas, dalam aplikasi wood joinery ini, diperlukan lem yang menyatukan bagian biskuit dan mulut. Adhesive menjadi bahan utama yang dibutuhkan untuk keberhasilan sambungan ini. Sebab hampir tak mungkin kita mengandalkan kekuatan sambungan antara biskuit dengan mulutnya saja.
Lem yang tepat digunakan untuk perekatan seperti ini ialah lem konstruksi atau lem struktural. Namun untuk lebih spesifik, perhatikanlah karakter lem yang ideal di bawah ini:

1. Berdaya rekat kuat
2. Tahan lama
3. Tidak menyebabkan warna glue line
4. Meresap ke dalam kayu sehingga tidak menyebabkan lapisan lem

lem kayu konstruksi crossbond x3
lem kayu konstruksi crossbond x3 merupakan lem yang tepat untuk biscuit joint

Di pasaran, sudah tersedia beragam jenis adhesive konstruksi. Namun tentu saja dari berbagai produk tersebut, pasti terdapat satu lem kayu kontsruksi untuk biscuit joint yang paling baik. Jadi, cermat-cermatlah memilih karena lem memiliki peran besar terhadap aplikasi sambungan ini.

Selamat berkarya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here