Mengapa Penting Memilih Lem Kayu Tahan Kelembaban untuk Konstruksi??

0
2066

Ikatan kimia yang terjadi antara perekat dengan media yang direkatkannya bisa mengalami kerusakan akibat paparan berbagai faktor. Salah satunya ialah faktor kelembaban. Itulah mengapa kita membutuhkan lem kayu tahan kelembaban untuk konstruksi yang bagus sebagaimana Crossbond X3.

Dalam pembuatan furniture hingga bangunan, kayu-kayu biasa digunakan sebagai material rangkanya. Salah satu alasan penggunaan kayu sebagai bahan konstruksi adalah fleksibilitasnya dibentuk sehingga menghasilkan aneka sambungan yang bisa disatukan menjadi sebuah produk utuh. Meski tentu saja dalam pembuatan rangka ini, diperlukan bahan-bahan pendukung tambahan seperti lem. Malah tak jarang, fungsi lem jauh lebih krusial dibanding tipe sambungan yang diterapkan. Untuk itulah pada artikel kali ini, lemkayu.net secara khusus ingin mengulas mengenai pentingnya aplikasi adhesive yang tepat. Satu yang harus diperhatikan pembaca adalah kualitas penting lem yang tak bisa dinilai hanya dari aspek daya rekatnya saja.

Mengapa Daya Rekat Bukan Satu-satunya Faktor?

Lem merupakan bahan yang kerap hadir dalam bentuk seperti jelly hingga cairan. Dalam penggunaannya, ternyata lem memiliki dampak lebih dari sekedar perannya sebagai bahan perekat. Lebih dari itu, lem juga bisa berpengaruh pada fungsionalitas produk yang lain seperti estetikanya. Contoh, di pasaran terdapat adhesive-adhesive yang ketika kering menghasilkan lapisan kekuningan. Bagi banyak industri woodworking, efek seperti ini akan menyebabkan nilai jual produk menurun. Sebab warna produk tak lagi indah seperti sedia kala.

Selain masalah estetika, hal lainnya yang perlu diperhatikan adalah aspek ketahanan adhesive. Benar. Lem kuat saja tidak cukup. Lem juga harus tahan lama. Pasalnya bila lem yang bersangkutan sangat kuat, namun resistensinya lemah, otomatis fungsinya bisa dikatakan “sia-sia”. Apalagi bila lem tersebut tidak memiliki ketahanan yang cukup bagus terhadap kelembaban.

Pentingnya Lem Kayu Tahan Lama untuk Konstruksi

Bayangkan bila lem yang digunakan untuk rangka atap hingga rangka furniture tak memiliki ketahanan bagus pada humidity alias kelembaban. Apa yang akan terjadi? Paparan kelembaban yang tak disengaja bisa saja menyebabkan kerusakan pada berbagai produk tersebut. Ikatan kimia lem dengan medianya akan rusak sehingga penyambungan menjadi lemah. Komponen produk pun tak lagi kokoh dan sewaktu-waktu bisa mengalami kerusakan. Oleh karena itulah, diperlukan adhesive dengan ketahanan pada kelembaban yang benar-benar ekstra.

Adakah lem yang memiliki feature tersebut?

Kami menyediakan adhesive konstruksi untuk pembuatan rangka mebel hingga bangunan dengan feature utama ketahanan pada kelembaban. Crossbond X3, yang menjadi lem andalan kami merupakan indoor adhesive dengan daya tahan ekstra terhadap humiditas dan kelembaban. Selain itu, tentu saja lem ini juga kuat dan “go green” sebagaimana semangat manufaktur yang membuatnya yang senantiasa ingin menghadirkan produk ramah lingkungan.

lem putih crossbond x3

Crossbond X3 sebagai lem kayu tahan kelembaban untuk konstruksi didesain sebagai lem PVAc dengan inner cross linker dan harga terjangkau. Tertarik membeli adhesive ini? Cukup sediakan Rp. 45.000 dan Anda bisa menikmati keunggulan Crossbond beserta service dari CS kami yang profesional!

Yuk hubungi kami sekarang juga!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here