Kupas Lengkap Lem Kayu Tahan Lembab dan Panas

0
2949
lem kayu tahan air dan panas

Teknologi pengeleman semakin berkembang seiring tuntutan industri woodworking yang juga meningkat. Salah satu tuntutan itu adalah karakter lem kayu tahan lembab dan panas. Dua kualitas tersebut menjadi krusial disebabkan beberapa produk kayu yang memang harus sering terpapar kondisi itu.

Berikut ini akan dijelaskan lebih lanjut mengapa harus memilih lem kayu tahan lembab dan panas, serta produk yang kami rekomendasikan.

Mengapa Memilih Lem Tahan Lembab?

Beragam produk kayu seperti decking, furniture outdoor, gazebo, dinding kayu, hingga jendela harus memiliki ketahanan yang baik pada kelembaban. Apalagi perkakas kayu yang langsung bersentuhan dengan zat tersebut. Pada lantai decking misalnya, lem digunakan sebagai perekat untuk terbentuknya lantai yang “menyatu”. Bila perekat yang digunakan tidak tahan lembab, bisa dibayangkan seperti apa kondisinya ketika lantai decking terpapar hujan? Demikian juga pada jendela yang secara simultan mendapatkan paparan udara lembab.

Mengapa Memilih Lem Tahan Panas?

lem kayu tahan air dan panasSama halnya seperti ketahanan pada kelembaban, penggunaan lem tahan panas pun krusial mengingat fungsi produk yang dilem harus sering terpapar suhu tinggi. Dari mulai furniture outdoor yang setiap saat terkena sinar UV, kitchen set, hingga penggunaan kayu di lokasi-lokasi dengan pemanasan tinggi akan sangat memerlukan kualitas tahan panas ini.

Bila lem kehilangan daya rekat akibat perubahan sifat fisik dan kimia karena terpapar panas, tentu keseluruhan fungsi produk kayu akan sia-sia belaka.

Lem Kayu Tahan Lembab dan Panas Crossbond™

Sebagai bahan rekomendasi, kami menyarankan Anda menggunakan Crossbond™. Crossbond™ merupakan lem water based yang diformulasikan dengan inner linker modifier. Produk ini memiliki sifat ketahanan pada kelembaban dan panas yang baik, sehingga cocok digunakan untuk keperluan outdoor hingga kebutuhan-kebutuhan beragam produk kayu yang membutuhkan karakter lem kayu tahan kelembaban dan panas.

Lem kayu Crossbond™ terbagi atas dua jenis:

  1. Crossbond™ X3 untuk kebutuhan penyambungan seperti konstruksi mebel dan gazebo.
  2. Crossbond™ CX4 untuk kebutuhan laminasi seperti pembuatan panel kayu, lantai decking, plywood atau multipleks, hingga HPL.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here