Ternyata Ini Lho Lem Kayu Paling Kuat untuk Laminasi!

0
1587
panel dinding

lantai decking

Tipe perekatan laminasi tak bisa dipungkiri sangat banyak diperlukan untuk menghasilkan produk yang kita gunakan sehari-hari. Wall paneling dari kayu dan lantai kayu adalah contohnya. Berbagai hal tersebut tak akan bisa dihasilkan dengan baik bila perekatan laminasi tidak diterapkan. Perekatan laminasi sendiri sudah pasti memerlukan adhesive. Di pasaran, adhesive bertipe laminasi sudah tersedia dalam beberapa varian serta merek. Yang jadi pertanyaan, manakah lem kayu paling kuat untuk laminasi?

Miskonsepsi mengenai Kekentalan

Tiap tipe perekatan memerlukan feature lem yang berbeda-beda. Sehingga standar sebuah lem untuk satu tipe perekatan tak bisa disamakan untuk tipe perekatan yang lain. Contohnya lem yang digunakan sebagai pengisi celah. Lem seperti ini jelas tak bisa diaplikasikan sebagai perekat laminasi. Sebab, perekat laminasi justru membutuhkan lem yang meresap ke dalam kayu, bukannya malah menggumpal mengisi celah atau lubang kayu.
Persoalan kekentalan atau viskositas seperti di atas terbilang sebagai salah satu contoh yang kerap disalah-pahami. Seolah-olah semua lem yang kental adalah lem yang bagus. Padahal, lem yang kental justru bisa saja kurang bisa meresap ke dalam kayu dan kurang bisa menyebar luas pada bidang yang ingin dilem. Akibatnya, perekatan laminasi tak sukses dilakukan bila memanfaatkan lem seperti ini.

lem kayu paling kuat untuk laminasi

Tips Lem Kayu Paling Kuat untuk Laminasi

Dari banyaknya adhesive di pasaran, lem yang kami andalkan untuk perekatan laminasi adalah Crossbond X4. Karena memang didesain untuk kebutuhan laminasi, lem ini menawarkan feature yang khas diperlukan untuk kebutuhan tersebut. Misalnya saja, lem ini diunggulkan dalam hal daya serapnya ke dalam kayu, daya sebarnya yang luas, kekuatannya, dan kemampuannya digunakan untuk outdoor. Berbagai feature ini sangat fundamental dalam perekatan laminasi yang biasanya diaplikasikan untuk wood paneling, pembuatan panel finger joint laminate, hingga pemasangan lantai parquet dan decking.

panel dinding
Dari laporan Fine Woodworking Magazine dan ahli di bidang pengolahan kayu, tipe lem seperti Crossbond X4 juga memang dikenal sebagai perekat yang kuat, bahkan paling kuat. Tipe lem ini, yakni PVAc waterproof, bahkan lebih kuat daripada lem epoxy.
Jadi bila Anda hendak mencari merk lem kayu yang paling kuat untuk laminasi, selalu andalkanlah adhesive dengan kualitas sebaik Crossbond X4. Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa selain “kualitas lem secara umum”, ketepatan jenis adhesive juga sangat berperan dalam kesuksesan perekatan laminasi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here