Awas Leukimia, Gunakan Lem Aman untuk Mainan Anak Bebas Benzena!

0
941
ciri leukimia

Apa itu benzena? Salah satu alasan penggunaan lem aman untuk mainan anak bebas benzena adalah untuk menghindari bahaya zat ini. Namun apa sebenarnya yang dimaksud dengan benzena dan bagaimana substansi ini berpengaruh buruk bagi kesehatan?

benzena

Benzena

Benzena merupakan material tanpa warna, mudah terbakar, berbentuk cairan dengan bau manis, dan mudah menguap sebagaimana golongan senyawa organik lainnya. Bahan ini sebenarnya biasa ditemukan secara alami di alam, dan merupakan salah satu zat natural hasil dan letusan gunung. Namun akhir-akhir ini, aktivitas manusia telah banyak menyumbang peningkatan kandungan benzena di lingkungan sekitar.

Dari berbagai bahan kimia, benzena merupakan salah satu yang paling banyak digunakan. Biasanya, bahan ini dimanfaatkan untuk membuat bahan sintetis seperti plastik, karet, pewarna, detergen, obat-obatan, pestisida, hingga adhesive. Meski demikian, pemanfaatan bahan ini cenderung mengalami penurunan di berbagai negara maju. Alasannya, karena efek zat tersebut yang dikhawatirkan membahayakan kesehatan.

Hindari Bahaya Benzena pada Lem Kayu

CS Lem Kayu

Dikutip dari laman American Cancer Society, benzena dikenal sebagai bahan yang bisa menyebabkan kanker. Klaim ini telah dibuktikan pada berbagai pengujian pada hewan dan investigasi paparan benzena yang terjadi pada manusia. Dijelaskan bahwa telah dilakukan penelitian untuk membandingkan kelompok masyarakat yang sering terpapar benzena dan yang tidak. Dari penelitian ini, ditemukan mereka yang terekspos benzena memiliki tingkat terserang kanker lebih tinggi.

ciri leukimia

Tipe kanker yang umum menyerang ialah leukimia. Penyakit yang menyerang sistem imun ini dapat berakibat sangat fatal seperti kematian. Dengan demikian eksposi benzena sangat disarankan untuk diminimalisir sebaik mungkin.

Industri Toys Wajib Gunakan Lem Aman untuk Mainan Anak Bebas Benzena

Sayangnya, hingga saat ini, berbagai produk dengan bahan benzena masih banyak terdapat di pasaran. Contohnya saja dalam industri adhesive atau lem kayu. Bahan perekat memang menjadi salah satu produk yang sering menggunakan bahan ini. Dengan demikian kewaspadaan harus ditingkatkan oleh masyarakat yang menggunakan lem kayu. Apalagi untuk pihak yang memerlukan adhesive untuk kebutuhan keamanan tinggi seperti mainan anak.

Industri wooden toys harus benar-benar waspada terhadap berbagai adhesive yang dijual di pasaran dan tidak jelas keamanannya. Sangat mungkin berbagai produk tersebut menggunakan benzena dalam formulasinya. Bila sudah demikian, hanya tinggal menunggu waktu terjadi pro kontra di masyarakat yang akan berimbas pada ruginya perusahaan wooden toys itu sendiri.

mainan

Akan lebih bijak, bila digunakan lem aman untuk mainan anak bebas benzena yang justru bisa menjadi selling point itu sendiri. Apalagi bagaimanapun juga, faktor keamanan merupakan salah satu faktor utama kala orangtua membelikan mainan untuk anaknya.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here