Ini Cara Membuat Hiasan Dinding dari Kayu dengan Lem untu Kayu Crossbond X4

0
8025
cara membuat hiasan dinding kayu kotak 1

Apakah Anda sedang memiliki waktu senggang? Barangkali, proyek ini bisa dilakukan saat Anda punya banyak waktu luang. Di bawah, kami akan menyajikan cara membuat hiasan dinding dari kayu dengan lem untuk kayu Crossbond X4. Selain mudah, cara ini juga sangat murah dan akan membuat kayu tak terpakai menjadi lebih berguna.

cara membuat hiasan dinding kayu kotak 2

Aneka hiasan dinding dari kayu memang selalu menarik perhatian. Seringkali hiasan seperti ini kita dapati di berbagai hotel, restoran, dan tempat-tempat sejenis lainnya. Sekilas, berbagai hiasan tersebut seperti hiasan yang harus dibeli dengan harga mahal. Benarkah? Jawabannya sama sekali tidak. Pada kenyataannya, membuat hiasan atau dekorasi dari kayu sangat mudah dilakukan. Apalagi dengan lem andalan kita, Crossbond X4. Berikut ini langkah-langkahnya.

Alat dan Bahan

Siapakan alat dan bahan berikut ini sebelum memulai proyek.
1. Balok kayu atau potongan kayu tak terpakai dengan warna beragam
2. Papan dari tripleks, kayu biasa, atau figura bekas
3. Gergaji
4. Amplas
5. Lem Crossbond X4
6. Cat atau clear varnish dan pengencernya (opsional)
7. Biopolish
8. Kuas
9. Alat tulis

Langkah-langkah Membuat Hiasan Dinding dari Kayu dengan Lem untuk Kayu Crossbond X4

Penyediaan Alat dan Bahan

Sediakan semua alat dan bahan yang telah didaftar di atas. Untuk cat dan clear varnish-nya, kami rekomendasikan tapi kami kembalikan ke selera pembaca. Aplikasi cat tentunya akan membuat hiasan kayu lebih cantik dan terlindungi. Cat juga bisa kita gunakan agar balok tersebut punya warna beragam. Namun bila Anda merasa direpotkan, aplikasi Biopolish bisa dipilih.

Pemotongan Balok Kayu

cara membuat hiasan dinding kayu kotak 1

Potong kayu berbentuk kotak. Tinggi standar yang kami buat adalah 5 cm, dengan beberapa variasi 6 atau malah 7 cm. Perbedaan tinggi ini memang disengaja agar nanti hiasan terlihat lebih unik. Namun mayoritas kami buat tingginya 5 cm.

Berapa banyak potongan ini dibuat? Jawabannya tergantung dengan ukuran papan Anda. Jadi sebelum membuat potongan kayu ini, ada baiknya diukur dulu papan kayu kemudian ditentukan berapa luas masing-masing potongan.

Persiapan Papan Kayu

Siapkan papan kayu yang akan dijadikan alas. Amplas permukaannya supaya bersih dan rata.

lem untuk kayu crossbond x4

Perekatan dengan Lem untuk Kayu Crossbond X4

Setelah potongan kayu siap, rekatkan pada papan kayu dengan Crossbond X4. Crossbond X4 merupakan lem laminasi yang sangat kuat untuk perekatan non sambungan. Jadi, Anda tak perlu khawatir kayu-kayu tersebut “jatuh” karena lem yang kurang baik.

Setelah direkatkan, tunggu hingga kering benar. Bila memungkinkan, beri beban pada tiap potongan kayu tersebut. Baru setelah kering, percantik hiasan tersebut dengan Biopolish. Biopolish akan membuat tampilan kayu menjadi lebih tajam sekaligus halus. Produk tersebut nantinya juga bisa Anda gunakan sebagai perawatan berkala hiasan ini.

cara membuat hiasan dinding kayu kotak selesai

Bagaimana? Mudah bukan cara membuat hiasan dinding dari kayu di atas? Apalagi dengan lem untuk kayu Crossbond X4 yang menjadi andalan kita.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here