Cara Membuat Hiasan dari Rotan Sederhana

4
8055
cara membuat bola rotan

Sudah sejak dulu, rotan menjadi salah satu bahan yang digunakan manusia untuk membuat berbagai produk. Hiasan dari rotan adalah salah satu dari produk tersebut. Karakter rotan fleksibel menjadi sebuah keunggulan tersendiri. Pada artikel ini, kami akan memaparkan cara pembuatan salah satu hiasan dari bahan ini, yakni bola-bola rotan.

bola rotan

Alat dan Bahan yang Diperlukan

  1. Rotan
  2. Wadah berupa panci atau ember
  3. Gunting
  4. Lem Crossbond™
  5. Cat (opsional)
  6. Lampu dan peralatannya (opsional)

Cara Membuat Hiasan dari Rotan

Langkah 1

Rendam gulungan rotan yang Anda beli kurang lebih selama 20 menit dalam ember atau panci yang disediakan. Cara ini dilakukan agar substrat rotan menjadi lebih lentur untuk dikerjakan.

Baca Juga : cara membuat kerajinan tangan dari kayu sederhana

Langkah 2

Biarkan rotan mengering. Meski kita tadi telah membasahinya, proses pengerjaan sebaiknya menunggu hingga rotan mengering (namun tetap lentur).

Langkah 3

Buat simpul pada ujung rotan. Buat lagi pada arah yang sama hingga sekitar 3-4 kali. Pada simpul berikutnya arahkan menyilang sebanyak 3-4 kali juga. Lanjutkan pada dua arah serong yang lain. Terus buat simpul hingga mencapai ukuran bola dan “jumlah lilitan” yang Anda inginkan.

Baca Juga : begini cara membuat keranjang dari rotan yang sederhana

Langkah 4

Aplikasikan lem pada bagian ujung simpul-simpul tersebut. Oleskan juga lem pada bagian lan yang sekiranya bisa menstabilkan hiasan dari rotan berbentuk bola tersebut. Biarkan lem mengering. Gunakan penjepit atau bahan sejenisnya hingga adhesive benar-benar kering.

Tips

  1. Ukuran rotan yang bisa Anda beli sangat bervariasi. Ukuran diameter 3/8 inchi atau 1 cm adalah yang paling direkomendasikan untuk membuat hiasan dari rotan berbentuk bola ini.
  2. Struktur bola idealnya bisa menyeimbangkan bentuknya sendiri. Sebab ada tarikan dari berbagai sisi yang sifatnya seimbang. Tapi dalam proses pembuatnya, jelas hal ini belum berlaku. Oleh karena itu, gunakanlah tali pada proses tersebut. Hilangkan tali ketika struktur bola sudah mantap dan lem telah mengering.
  3. Anda sebenarnya bisa menambahkan lampu di dalam bola rotan tersebut. Selain itu, aplikasi finishing berbagai warna juga bisa menjadi pilihan sangat menarik.

cara membuat bola rotan

Baca Juga : contoh kerajinan dari kayu dan cara pembuatannya

Demikian tips dan cara membuat hiasan dari rotan. Kini, Anda bisa meletakkan bola-bola tersebut sebagai gantungan pada pintu atau hiasan di jendela.

Baca Juga : cara pembuatan kerajinan tempat tisu yang sederhana

4 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here