Selektif Memilih Lem untuk Laminasi Kayu Pintu Geser

0
1815
pintu jepang

Kualitas lem untuk laminasi kayu pintu geser akan secara langsung berpengaruh pada produk pintu yang dihasilkannya. Keindahan, kekokohan, hingga ketahanan pintu geser tak bisa lepas dari lem yang digunakan.

pintu jepang

Rumah merupakan tempat penting bagi kita semua. Di rumah, kita bisa beristirahat dari hiruk pikuk dunia luar sekaligus mengembalikan energi untuk beraktivitas lagi. Tak heran, banyak di antara kita yang terus berusaha untuk mempercantik rumah. Salah satu caranya adalah dengan mengaplikasikan komponen-komponen tak biasa seperti pintu geser.

Pintu geser bisa dibilang unik untuk rumah-rumah Indonesia. Kita biasanya memasang pintu buka tutup dengan bahan kayu solid. Sedangkan pintu geser umumnya terbuat dari bahan seperti multipleks. Pintu seperti ini bisa kita kombinasikan dengan kesan-kesan yang lebih unik dan tak biasa. Misalnya mengaplikasikan pintu geser ala Jepang atau pintu geser dengan tema nature atau alam. Rumah pun akan lebih terasa menarik dan tak biasa dari rumah-rumah lainnya.

Kepekaan Industri Woodworking

Trend penggunaan komponen rumah terus berubah seiring waktu. Trend penggunaan pintu geser pun bukan tak mungkin akan meningkat dan makin disukai ke depannya. Hal ini sebenarnya bisa menjadi sinyal khusus untuk industri-industri woodworking.

Namun memang, untuk membuat pintu geser bukanlah perkara yang sangat sederhana. Setidaknya, harus dilakukan modifikasi khusus dibanding saat kita memproduksi pintu-pintu biasa. Salah satu tahapan penting yang hampir tak bisa dihindari adalah proses laminasi.

pintu geser kayu

Penggunaan Lem untuk Laminasi Kayu Pintu Geser

Proses laminasi sendiri memerlukan bahan-bahan khusus yang di antaranya adalah lem berjenis laminasi. Tipe lem seperti ini biasa digunakan untuk pengeleman non struktural seperti pemasangan lantai, pengeleman panel dinding kayu, hingga pengeleman multipleks maupun wallpaper untuk pintu geser itu sendiri.

Fungsi lem ini nantinya berdampak pada banyak aspek. Pertama, lem akan mempengaruhi kekuatan kayu lapis yang dihasilkan. Kedua, lem akan berpengaruh pada keindahan pintu tersebut. Dan pada akhirnya, lem pasti juga akan mempengaruhi keawetan pintu geser. Atas dasar berbagai macam dampak lem kayu laminasi pintu geser inilah hendaknya kita cermat kala menyeleksinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here