Cara Membuat Lem Kanji: Review Kelebihan dan Kekurangannya

0
5141
cara membuat lem kanji

cara membuat lem kanjiSebelum ditemukannya berbagai produk adhesive modern, masyarakat zaman dulu menggunakan kanji untuk memenuhi kebutuhan perekatan. Bisa dibilang lem ini adalah salah satu lem tradisional yang ditemukan di masyarakat kita.  Pada hari ini, lem pati atau kanji masih sering digunakan untuk merekatkan kertas.
Cara membuat lem kanji untuk kertas tidaklah sulit. Pada dasarnya, dilakukan proses pemanasan terhadap pati hingga menjadi zat yang memiliki daya rekat.

Bahan yang Dibutuhkan

Pati atau amilum, sodium hidroksida, urea, air.

Cara Membuat Lem Kanji dengan Kekuatan yang Baik

  1. Panaskan air hingga mendidih lalu ambil seperempatnya. Larutkan sodium hidroksida.
  2. Ambil seperempatnya lagi untuk melarutkan urea.
  3. Tambahkan pati sedikit-sedikit sambil diaduk.
  4. Setelah pati larut semuanya, tambahkan sodium hidroksida serta larutan urea.
  5. Lakukan penambahan sedikit demi sedikit dan bersamaan. Aduk rata sembari melakukannya.
  6. Hentikan proses setelah massa lem memiliki kekentalan yang cukup dengan daya rekat yang baik.

Perhatikan!

Saat Anda menambahkan sodium hidroksida serta urea, jangan melakukannya sekaligus. Pasalnya bila dilakukan sekaligus dalam jumlah besar, massa kanji justru menggumpal sehingga tak bisa dipakai untuk merekatkan. Selain itu untuk peningkatan kualitas lem, Anda bisa melakukannya dengan menambahkan tepung jenis lain seperti tepung jagung.

Kelemahan: Kurang Kuat dan Kurang Awet?

Setidaknya terdapat dua kelemahan dengan aplikasi cara membuat lem kanji di atas. Yang pertama, usia pakainya tidak akan lama. Sedangkan yang kedua, daya rekatnya jauh di bawah produk lem bermerk yang beredar di pasaran, bahkan bila lem tersebut juga menggunakan bahan dasar amilum.

Sebenarnya, kita bisa meningkatkan daya rekatnya, yakni dengan menambahkan bahan-bahan tertentu. Namun tetap saja masih kalah dibanding lem-lem di pasaran. Apalagi bila Anda ingin menggunakan perekat ini untuk kebutuhan industri.

Kualitasnya masih sangat dipertanyakan. Pun demikian, sudah tersedia berbagai adhesive dan glue yang harganya terjangkau tapi kualitasnya baik yang bisa kita beli. Contohnya Eva Phaeton. Lem berbahan dasar PVAc ini bisa Anda dapatkan dengan murah namun kualitasnya terjamin. Sedangkan bila Anda memerlukan untuk kebutuhan perekatan kayu yang lebih spesifik, saran kami gunakanlah Crossbond™.

lem-crossbond-x3-x4
Semoga bermafaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here