Mengenal Kerajinan Topeng Kayu dan Lem untuk Pembuatannya

0
2992
topeng (5)

Salah satu produk kerajinan kayu yang dimiliki Indonesia adalah kerajinan topeng kayu. Topeng merupakan produk budaya berbagai etnis di negara ini, bahkan di seluruh dunia. Hampir tiap kebudayaan memiliki warisan berbentuk topeng. Kini, aneka topeng tersebut banyak digunakan sebagai souvenir. Seperti apa penjelasan kerajinan ini dan mengapa perlu lem yang tepat untuk membuatnya? Simak penjelasannya di bawah ini.

Dari Meksiko, Eropa, sampai Indonesia, manusia telah mengenal yang namanya topeng. Di Jawa, Anda akan dengan mudah menemukan beberapa perayaan yang memanfaatkan benda ini. Misalnya saat pentas jatilan dan reog. Dalam sebuah kostum, para penari melakukan tarian tradisional. Di antara beberapa penari tersebut memakai topeng untuk memperkuat karakter mereka. Ada topeng untuk hanuman, topeng untuk barongan, dan masih banyak lagi. Topeng, dengan demikian, telah dipakai sebagai salah satu alat untuk menampilkan suatu pertunjukkan budaya.

Baca Juga : jenis kerajinan dari bahan kayu

Apabila kita lihat dari pemakaiannya sendiri, secara umum topeng banyak dipakai untuk:

Proteksi atau Perlindungan

Topeng merupakan alat yang dapat digunakan untuk memberikan perlindungan. Misalnya berbagai topeng hari ini yang banyak diperuntukkan untuk:

  1. Menyediakan air supply atau supply udara bersih kepada penggunanya. Biasanya terdapat semacam alat penyaring udara pada topeng ini. Pemakainya tentu saja mereka yang rentan terpapar udara-udara kotor yang membahayakan kesehatan.
  2. Memberikan perlindungan terhadap berbagai benda, mulai dari benda mati yang berterbangan sampai benda hidup seperti serangga.
  3. Pada zaman dulu, ternyata topeng, baik itu topeng kayu, logam, dan bahan lain juga banyak dipakai untuk memberikan perlindungan. Misalnya topeng-topeng yang digunakan para gladiator. Selain berfungsi melindungi wajah si empunya, aneka topeng seperti ini juga bisa membuat penampilan menjadi lebih mengintimindasi lawan.

Penyamaran

Topeng kerap digunakan oleh kriminal atas dasar penyamaran. Misalnya, perampok dan pencuri yang kerap kali memakai alat ini. Meski begitu, tak semua orang menggunakan topeng sebagai penyamaran untuk tujuan yang buruk. Tak jarang, polisi hingga tentara pun memakai topeng saat sedang bertugas menyelidiki sebuah kasus. Demonstran yang dikenal sebagai Black Bloc juga kerap memakai topeng saat melancarkan aksinya. Black Bloc biasanya memiliki target demonstrasi untuk anti rasisme hingga anti penjajahan.

Pertunjukan dan Hiburan

Seperti telah dijelaskan di atas, topeng sangat banyak digunakan untuk pertunjukkan. Misalnya sebagai alat dalam pertunjukkan reog, jatilan, dan masih banyak lagi.

Hukuman

Pada masa lalu, topeng juga kerap digunakan sebagai alat untuk mempermalukan sekaligus menghukum seseorang. Misalnya di Australia pada abad ke IX. Beberapa tahanan dipakaikan topeng dari kain putih yang hanya menyisakan lubang mata.

Fashion

Beberapa kalangan juga sering menjadikan topeng sebagai item fashion. Misalnya saja pada olahraga wrestling.

Topeng Kayu sebagai Souvenir dan Peninggalan Budaya

Kerajinan Topeng Kayu

Bila kita bedakan berdasarkan material pembuatnya, topeng bisa dibedakan menjadi beberapa macam. Ada topeng dari kain, logam, hingga plastik. Namun salah satu yang paling terkenal adalah topeng dari bahan kayu. Sebagaimana namanya, topeng seperti ini dibuat dari kayu. Pemanfaatannya sendiri seringkali untuk suvenir dan pertunjukkan. Topeng dari bangsa Indian Amerika misalnya. Topeng seperti ini saat ini sangat banyak dijadikan sebagai barang oleh-oleh. Begitu pula produk topeng dari Bali. Biasanya, berbagai topeng kayu ini juga telah didesain secara khusus sehingga bisa dipajang di dinding. Jadi memang ada modifikasi khusus yang dilakukan pada topeng terkait.

Membuat Kerajinan Topeng Kayu yang Bagus?

Untuk membuat topeng yang kualitasnya bagus, diperlukan bahan-bahan yang bagus. Tiga bahan yang penting dalam pembuatan produk ini adalah kayu, lem dan bahan finishing. Berikut ini penjelasannya satu per satu.

Kayu yang Dibutuhkan

Kelompok kerajinan topeng membutuhkan kayu dengan kualifikasi:

  1. Jenis kayu tidak terlalu keras, dan cukup mudah dipahat. Kayu juga tak perlu terlalu kuat, kecuali topeng yang menanggung beban berat.
  2. Kayu tak perlu dekoratif
  3. Mampu dihias lebih lanjut dengan aksesori tambahan
  4. Mampu difinish atau dicat dengan mudah

Kayu apapun bisa dipakai asalkan memenuhi kriteria di atas.

Lem untuk Kerajinan Topeng Kayu Harus Bagus!

Lem untuk Konstruksi Kayu Jati

Saat membuat topeng dengan bahan kayu, tak bisa dipungkiri, adhesive seringkali digunakan. Apalagi dengan jumlah kayu solid berukuran besar yang makin minim. Dulu beberapa jenis topeng memang harus dibuat dari kayu solid berukuran besar. Namun berbagai inovasi dan modifikasi telah dilakukan. Beberapa pengrajin bahkan telah membuat inovasi di mana topeng yang dibuatnya dihasilkan dari limbah kayu tak terpakai yang berukuran lebih kecil. Sehingga lem sudah pasti digunakan dalam pembuatan berbagai produk tersebut.

Lantas lem apa yang tepat digunakan untuk pembuatan topeng kayu? Lem yang kami sarankan adalah Crossbond X3. Adhesive ini adalah adhesive berbahan dasar PVAc water based. Crossbond unggul karena merupakan lem putih yang tahan lama, aman digunakan, berdaya rekat kuat, dan tidak menyebabkan glue line. Aplikasinya juga tidak menyebabkan lapisan film lem tebal yang dapat merusak estetika produk topeng.

Untuk aplikasinya sendiri, Crossbond X3 terhitung sangat mudah digunakan. Lem ini hanya perlu diaplikasikan langsung pada medianya tanpa perlu alat dan bahan tambahan. Sebagai lem polymer dispersion, adhesive ini akan membentuk ikatan saling silang yang kuat tatkala pengeringan terjadi dan telah dilakukan.

Menarik bukan? Tertarik menggunakan Crossbond X3 untuk topeng kayu Anda? Untuk mendapatkan lem ini, Anda bisa memanfaatkan beberapa opsi pembelian:

  1. Pembelian secara online dengan cara menghubungi kami via website ini. Anda akan segera terhubung dengan cara mengklik fitur Pesan Sekarang di atas.
  2. Pembelian secara online via berbagai marketplace. Opsi pembelian ini kami sediakan bagi Anda yang terbiasa berbelanja di toko online.
  3. Pembelian secara konvensional atau langsung dengan cara mengunjungi kami di Bio Industries serta agen-agen yang telah tersebar di berbagai wilayah Indonesia.

Dengan Crossbond sebagai lem yang ideal, Anda dapat membuat beragam produk topeng kayu baik untuk souvenir ataupun untuk kebutuhan performance.

topeng (4)

Bahan Finishing

Selain kayu dan lem, topeng juga membutuhkan bahan finishing yang baik. Bahan finishingnya sendiri beragam, bisa berupa:

  1. Cat
  2. Plitur
  3. Clear varnish atau top coat
  4. Semir kayu seperti Biopolish

Tentu saja untuk mendapatkan bahan finishing yang benar, kita perlu menyesuaikan dengan kebutuhan pembuatan topeng tersebut. Misal, bila sejak awal topeng hendak dibuat dengan warna natural, maka tentu saja pemakaian cat solid tidak bisa diterapkan. Sebaliknya, bahan finishing yang cocok adalah clear varnish atau semir kayu.

Untuk jenis berdasarkan penempatan sendiri, cat yang dipakai bisa indoor atau outdoor. Untuk souvenir, Anda bisa memilih yang indoor. Sedangkan untuk pertunjukkan, ada baiknya memilih yang untuk outdoor.

Demikian informasi mengenai kerajinan topeng kayu dan bahan ideal yang tepat untuk membuatnya. Semoga bermanfaat ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here