Apa Jenis Lem Perekat HPL yang Kuat?

0
2537
hpl dan mdf

Apa jenis lem perekat HPL yang kuat? Untuk menjawab pertanyaan ini, kita harus memahami dulu apa yang dimaksud dengan kekuatan adhesive. Selama ini ketika bicara mengenai kekuatan lem maka bahasan kita tak akan jauh dari daya rekatnya, baik daya rekat ke bahan sesama lem maupun daya rekat ke media di mana lem tersebut direkatkan.

Adhesi dan Kohesi Adhesive

Adhesi didefinisikan sebagai daya ikat antar bahan yang beda jenis. Sedangkan kohesi didefinisikan sebagai daya ikat dengan bahan yang sama. Pada lem, kualitas daya rekatnya bisa disebut baik apabila daya kohesi maupun adhesi-nya sama kuat. Bila salah satu kurang kuat, poin kekuatan lem akan menurun.

Untuk menguji kekuatannya sendiri, bisa dilakukan beberapa tes. Namun secara keseluruhan, uji kekuatan lem hpl terbaik dihitung dengan persamaan negatif. Misalnya, dengan diberikan beban pada kayu yang disambungkan. Nilai kekuatan lem ditentukan berdasarkan beban terbesar sebelum sambungan pada kayu tersebut rusak. Ingat, yang rusak harus bagian penyambungannya, bukan bagian kayu yang lain.

Perekatan HPL yang Kompleks

CS Lem Kayu

hpl dan mdf

Paparan mengenai daya rekat lem di atas sebenarnya hanyalah ringkasan dari bahasan kekuatan lem yang sangat kompleks. Dan kekompleksan ini makin meningkat kala kita bicara mengenai perekatan HPL. Mengapa demikian? Sebab HPL adalah pelapis yang difungsikan untuk coating bahan olahan seperti particle board. Padahal antara HPL dengan particle board memiliki karakter sangat berlainan, utamanya terkait porositasnya. HPL memiliki porositas sangat kecil sedangkan kayu oalah seperti mdf dan particle board memiliki porositas sangat besar. Adhesive yang cocok untuk HPL bisa saja tidak cocok untuk kayu olahan. Sebaliknya, adhesive yang cocok untuk kayu olahan belum tentu cocok untuk HPL. Rumit bukan?

Untungnya dengan berkembangnya teknologi di bidang woodworking hari ini, sudah ditemukan beberapa lem perekat HPL yang bisa digunakan. Misalnya saja lem kuning dan lem solvent based. Namun dari berbagai adhesive tersebut, formulasi terbaik yang bisa dipakai adalah formulasi lem Eva Phaethon.

Mengapa Eva Phaethon?

Alasan mengapa formulasi Eva Phaethon adalah yang terbaik memiliki jawaban sederhana. Alasannya, sebab Eva Phaethon menggunakan formulasi EVA atau Ethylene Vinyl Acetate. Dari berbagai formulasi lem di lapangan, Ethylene Vinyl Acetate inilah yang terbaik karena selain kuat, ia juga tahan lama dan sangat aman digunakan.

lem perekat hpl

Tapi ingat, selain membeli lem perekat HPL yang tepat, cara penggunaannya pun harus benar. Misalnya, dengan membersihkan dulu media yang akan direkatkan. Hal-hal seperti ini meski sepertinya sepele nyatanya berpengaruh besar terhadap kualitas perekatan.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here