Cegah Global Warming dengan Lem untuk Konstruksi Ramah Lingkungan!

0
984
BUMI AMAN

Beragam produk telah dihasilkan manusia dan banyak di antaranya yang memiliki efek buruk bagi bumi yang kita tinggali. Termasuk di antaranya lem. Karena itulah, penting bagi kita menggunakan lem konstruksi ramah lingkungan yang banyak dipakai di berbagai barang seperti mebel hingga bangunan.

Conceptual Recycling Symbol over Earth Globe
Conceptual Recycling Symbol over Earth Globe

Hal ini penting dan harus disadari sejak dini karena pada kenyataannya banyak bahan adhesive yang mengandung bahan-bahan beracun. Contohnya saja benzene, urea, timbale, formalin, melamine urea formalin, dan sebagainya. Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa zat-zat tersebut berbahaya. Zat-zat itu akan merusak ekosistem yang mendukung kelangsungan kehidupan di muka bumi ini.

Dari berbagai bahan beracun yang harus diwaspadai, VOC dan timbale adalah dua jenis bahan yang tak bisa kita abaikan. VOC atau volatile organic compounds adalah senyawa organik yang mudah menguap pada suhu ruangan. Jenis senyawa ini umumnya toksik bagi kesehatan organisme.  Bahkan pernah terjadi suatu kasus di Amerika di mana pengungsi sebuah bencana alam mengalami keracunan setelah diungsikan ke gedung yang diduga mengandung banyak VOC. Sedangkan logam berat meskipun tidak mudah menguap, akan meninggalkan residu atau sampah lem yang efeknya buruk bagi lingkungan. Akumulasi bahan ini akan merusak tanaman sehingga menyebabkan tidak seimbangnya alam.

Untuk memilih lem konstruksi ramah lingkungan sendiri beberapa kriteria harus kita gunakan. Kriteria pertama adalah memilih lem dari jenis lem putih atau PVAC. Polimer sintesis PVAC jauh lebih aman dan memberikan berbagai kelebihan dibanding bahan lem lainnya. Selain itu harga bahan ini pun relatif terjangkau sehingga tidak akan memberatkan biaya produksi.

CS Lem Kayu

Namun demikian, tentu saja tidak semua lem PVAC bisa diandalkan. Meski formulasinya sama, terdapat modifikasi pada tiap lem PVAC yang membuat kualitasnya tetap beragam. Lem pvac yang kami sarankan adalah Crossbond X3.

Crossbond X 3 adalah lem konstruksi yang jauh lebih aman digunakan daripada lem lainnya. Crossbond didesain khusus sesuai standar EPA Amerika Serikat dan ECHA Uni Eropa. Selain aman, produk ini pun memiliki daya rekat kuat, daya sebar luas, berat kering hingga ± 50%, cepat kering, tahan lama, dll. Bisa dikatakan, aplikasi lem ini akan menguntungkan secara teknis, biaya, maupun kelesatarian alam.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here