Memilih Jenis Lem yang Tepat untuk Furniture Kardus

0
14355
rak-kardus

Terbuat dari kertas karton namun digunakan sebagai bahan furniture, apakah lem yang tepat untuk  furniture kardus? Mari simak penjelasannya di bawah ini.

rak-kardusKardus bisa dimanfaatkan lebih dari yang saat ini kita ketahui. Selama ini, kardus hanya dikenal sebagai pembungkus atau tempat untuk menyimpan barang-barang lama. Tapi tahukah Anda, kardus juga bisa didaur ulang untuk menghasilkan produk furniture?

Contoh furniture atau mebel yang banyak memanfaatkan bahan ini adalah rak buku. Bila kita hanya sekilas mengamatinya, mungkin kita tak akan begitu melihat perbedaan mencolok antara rak dari kayu dan rak dari bahan kardus. Sebab, rak dari bahan ini memang didesain sedemikian rupa agar menyerupai rak kayu. Namun bila kita sedikit lebih cermat, maka akan nampak perbedaan antar kedua produk dari material yang berbeda tersebut.

Membuat Sendiri Rak Kardus, Kenapa Tidak?

Inovasi rak yang memanfaatkan kardus telah banyak dipuji sebagai terobosan yang sifatnya “green”. Sebab, inovasi ini mampu mengubah sampah yang awalnya tak berguna menjadi barang yang bisa digunakan, bahkan mendatangkan profit. Rak dari bahan ini pun sedikit banyak telah menyediakan alternative bagi rak dari kayu yang semakin lama semakin langka karena lahan penanaman pohon yang terus berkurang.

CS Lem Kayu

Cara pembuatan rak dari kardus pun sama sekali tidak sulit. Anda bisa melakukannya di akhir minggu untuk mengisi aktivitas bersama keluarga atau kawan-kawan. Alat dan bahan yang diperlukan juga mudah diperoleh.

Alat dan Bahan

Cutter/ pen cutter, cat, clip besi, lem, dan kuas.

Cara Membuat Rak Kardus

    1. Buat tiang penyangga terlebih dahulu. Potong kardus dengan cutter lalu lipat dan olesi lem untuk membuatnya.
    2. Susun tiang penyangga membentuk kerangka rak.
    3. Lapisi bagian luar dengan kardus yang lebih tipis, ulangi bila perlu.
    4. Aplikasikan cat sesuai warna yang Anda inginkan. Pastikan cat yang dipilih cocok untuk media seperti kardus, bukan malah merusaknya.

Apa Lem yang Tepat untuk Furniture Kardus?

lem-eva-phaetonDari berbagai bahan yang digunakan dalam pembuatan rak kardus, pemilihan lem sering menjadi masalah bagi kebanyakan orang. Dari sifat kardus yang berupa kertas, kita bisa memilih lem kertas, namun dari produk yang dihasilkan, kita juga dapat mempertimbangkan lem kayu. Lem kertas sebenarnya bisa diandalkan meskipun lem kayu secara umum menawarkan daya rekat lebih kuat karena memang diformulasikan untuk mendukung kekuatan mebel. Anda juga bisa memilih general adhesive Eva Phaeton sebagai lem yang tepat untuk furniture kardus. Eva Phaeton merupakan lem serba guna yang bisa diandalkan untuk berbagai macam tipe perekatan.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here