Lem Kayu Aman? Ini Dia Cirinya!

0
839
Lem Kayu Aman

Mengapa Kita Memerlukan Lem Kayu Aman?

Apapun yang kita lakukan, faktor keamanan tak pernah bisa diabaikan, seperti lem kayu aman atau non toxic pva glue adalah lem yang digunakan sebagai bahan perekatan. Keamanan terkait langsung dengan kondisi hidup manusia dan alam. Produk apapun yang mengancam kedua hal tersebut jelas juga mengancam keberlangsungan hidup manusia secara keseluruhan. Hal ini pun berlaku pada lem kayu.

Lem Kayu Aman
Wooden Kitchen Ware

Adhesive atau lem kayu bisa jadi merupakan produk paling disepelekan di mata masyarakat awam. Fungsi lem yang sangat krusial tidak sebanding dengan kepopuleran bahan ini yang begitu rendah. Namun apapun itu, tetap saja lem yang aman harus disediakan dengan basis argumen yang telah disebut di atas. Apalagi untuk kebutuhan perekatan di bawah ini:

  1. Mebel dan benda-benda yang biasa digunakan manusia
  2. Wooden kitchenware atau alat masak dari kayu
  3. Kerajinan
  4. Kayu konstruksi bangunan di mana kita tinggal

Efek lem (aman maupun beracun) akan mengenai kita karena digunakan pada berbagai keperluan di atas. Sehingga memilih lem yang tidak beracun sangat perlu diusahakan.

Ciri-ciri Lem Kayu Aman

CS Lem Kayu

Seperti apakah ciri-ciri lem yang aman itu? Berikut ini tips yang bisa Anda aplikasikan mulai dari yang sederhana sampai yang agak merepotkan:

  1. Cek label, baca dengan teliti keterangan komponen bahan yang digunakan. Hindari lem dengan kandungan formalin, logam berat, dan menggunakan pelarut berbasis bahan bakar fosil (solvent).
  2. Cium aroma lem. Bau menyengat biasanya menandakan lem yang tidak aman.
  3. Andalkan lem berbasis PVA dan turunannya (misal resin alifatik) yang memang populer sebagai lem yang lebih aman.
  4. Lihat anjuran pemakaian, apakah dianjurkan untuk kebutuhan Anda?
  5. Cari tahu standar keamanan lem tersebut. Misalnya Crossbond yang berstandar aman food grade dengan aturan FDA Amerika Serikat.
  6. Minta keterangan aman tersebut pada manufaktur lem yang ingin Anda beli.

Berbagai upaya di atas sangat krusial diterapkan bagi Anda yang membuka usaha di bidang pengolahan kayu dengan syarat keamanan tinggi. Jadi meski kesannya merepotkan, jangan ragu untuk melakukannya.

Lem Kayu Aman

Pemilihan lem kayu aman pun tidak hanya sekedar menguntungkan Anda dengan hasil berupa produk non toksik. Lebih dari itu, Anda juga bisa menjual aspek keamanan ini sebagai branding dan salah satu upaya memuluskan ekspor produk ke negara yang ketat terkait masalah toksisitas. Tapi yang paling utama, penggunaan lem yang aman tersebut jelas menunjukkan bagaimana Anda berkontribusi positif bagi masyarakat maupun bagi kelestarian alam.

Yuk, cermati ciri-ciri lem kayu aman demi bumi yang lebih hijau!

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here