Apa itu Lem Putih? Dibuat dari Apa dan Berapa Harganya?

0
2362

Mungkin sering di antara kita yang mendengar istilah lem putih. Tapi apa sebenarnya adhesive ini dan berapa harganya di pasaran?

Sekilas Asal Usul PVAcPVAc atau polyvinyl acetate adalah bahan kimia sintetis yang ditemukan di Jerman sejak zaman dulu kala. Saat ditemukan, masyarakat masih memakai kak atau animal glue sebagai perekat berbagai produk. Penemuan PVAc yang kemudian disebut sebagai lem putih telah mengubah situasi di zaman itu dengan menggeser popularitas lem kak. Hingga saat ini, PVAc menjadi salah satu bahan dasar lem yang banyak digunakan berbagai industri, baik itu industri woodworking, konstruksi, hingga kerajinan.

Unggul dari Berbagai Aspek

CS Lem Kayu

penemu pvac

Sejak ditemukan tahun 1912, PVAc menjadi bahan yang menawarkan banyak kelebihan. Lem berbasis material ini umumnya dinilai lebih aman, lebih kuat, lebih tahan lama, dan lebih mudah digunakan. Berbagai penelitian yang dilakukan lembaga-lembaga kredibel seperti Fine Woodworking Magazine juga telah mengonfirmasi hal ini. Adhesive berbasis PVAc dinilai lebih unggul dari adhesive tipe lainnya mulai dari lem epoxy sampai PU.

Manfaat dan Fungsi Lem Putih

Lem putih merupakan lem yang sangat bagus untuk media berpori. Oleh sebab itulah, lem ini banyak dimanfaatkan untuk:

1. Perekatan kayu

2. Perekatan bambu

3. Perekatan aneka serat alam seperti pandan, rotan, dan lainnya

4. Perekatan kertas

5. Perekatan kain

6. Dan berbagai material setipe lainnya

lantai decking

Contoh dan Harga Lem Putih

Terdapat sangat banyak merk atau brand lem yang memanfaatkan formulasi PVAc dalam produknya. Tiap merek tersebut tentu memiliki spesifitas masing-masing meski bahan dasar yang digunakan sama. Contoh lem PVAc atau putih yang kami sediakan dengan keunggulan kualitas serta harganya yang terjangkau adalah sebagai berikut.

Varian Lem Putih di Lemkayu.net Fungsi Khusus Harga
Ultra Phaethon Lem untuk berbagai jenis kerajinan seperti decoupage, lem kardus, hingga art paper. Rp. 48.000,- per 1 kg.
Crossbond X3 Lem untuk berbagai sambungan, dapat digunakan untuk membangun konstruksi furniture hingga bangunan. Rp. 45.000,- per 1/4 kg.

Rp. 165.000,- per 4 kg.

Crossbond X4 Lem laminasi yang bisa digunakan untuk memasang lantai, wall paneling, hingga untuk pembuatan veneer dan kayu lapis. Rp. 50.000,- per ΒΌ kg.

Rp. 355.000,- per 4 kg.

Anda bisa mendapatkan Crossbond X3, Crossbond X4, maupun Ultra Phaethon dengan memesan via website ini.

ULTRA-PHAETHON lem putih

Demikian informasi mengenai lem putih. Semoga bermanfaat ya. Pertanyaan lebih lanjut, bisa Anda lakukan dengan menghubungi kontak service kami

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here