Seperti Inilah Lem untuk Laminasi Bambu yang Berkualitas

0
1908
Lem Untuk Laminasi Bambu

Lem Untuk Laminasi BambuLaminasi sebagai salah satu teknik pengolahan bambu telah menghasilkan produk-produk berguna seperti vinir hingga paneling. Dalam pengolahan dengan teknik seperti ini, guna lem untuk laminasi bambu sangat penting diperhatikan. Peran lem bahkan bisa dibilang menjadi yang utama setelah bahan dasarnya. Oleh sebab itu, sah saja bila dikakatan bahwa pemilihan adhesive yang tepat merupakan langkah dasar untuk mewujudkan produk bambu laminasi berkualitas tinggi.

Seperti apakah lem untuk laminasi yang baik itu?

Tips Memilih Lem untuk Laminasi Bambu

Kekuatan

Apapun tipe perekatan yang Anda pilih, kekuatan harus menjadi aspek utama yang harus diperhatikan. Kekuatan lem terkait dengan fungsi pokok bahan perekat tersebut. Bila lem untuk laminasi bambu memiliki kualitas buruk tentu produk-produk laminasi juga tidak bisa hadir dengan kualitas optimalnya.

kusen intu rayapan, atasi dengan pengawet kayu ampuh ini

Viskositas

Perekatan laminasi memerlukan tingkat viskositas taua kekentalan yang spesifik. Jenis perekatan seperti ini justru tidak cocok bila dilakukan dengan adhesive yang kental. Adhesive sebaiknya dipilih medium agar bisa meresap ke dalam bambu dan tidak menciptakan film lem.

Daya Sebar

Beberapa tipe perekatan laminasi dilakukan pada area yang luas. Misalnya saja pelapisan vinir dan pembuatan bambu lapis. Oleh sebab itulah, dalam pemilihan lem untuk keperluan ini, faktor daya sebar memainkan peran penting. Daya sebar atau cover area biasanya bisa diketahui berdasarkan keterangan pada lem terkait.

Ketahanan

Guna perekatan tak bisa dinikmati lama bila ketahanannya lemah. Mengenai aspek ketahanan ini, harus dibedakan ketahanan untuk lingkungan indoor maupun outdoor. Lem indoor sudah pasti tak akan dapat dipakai untuk outdoor. Sebaliknya lem outdoor yang tahan cuaca, bisa mengatasi dengan mudah tantangan-tantangan indoor. Crossbond X4 adalah contoh lem laminasi outdoor. Selain kekuatannya baik, adhesive ini juga aman digunakan sehingga sangat ideal sebagai lem indoor.

Baca Juga:  Mengenal Janka Hardness Serta Tata Cara Penggunaannya

Harga

Faktor terakhir yang tak bisa diabaikan saat memilih lem untuk laminasi bambu tentu saja adalah harganya. Bagaimanapun juga, faktor ini menjadi pembatas kita membeli adhesive yang tepat. Yang penting diingat adalah bahwa murah tidaknya suatu produk tidak boleh hanya dilihat dari harganya saja. Perhatikan juga resiko kegagalan pengeleman.

perlindungan extra furniture kayu dengan pengawet kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here