Lantai dan Panel Bambu Cantik dengan Lem untuk Laminasi Bambu Berkualitas

0
1737
panel dinding bambu

Sebagai komponen bangunan, bambu bisa digunakan sebagai bahan lantai maupun panel. Yang jelas, untuk aplikasi keduanya yang baik maka diperlukan lem untuk laminasi bambu berkualitas.

lantai bambu unik

Dewasa ini, penggunaan bahan tradisional sebagai komponen rumah semakin marak dilakukan. Dulu kayu adalah bahan yang paling sering diandalkan. Sayangnya, harga kayu yang mahal memaksa orang untuk merogoh kantong lebih dalam. Tentu ini bukan hal yang bisa dilakukan semua orang. Sebagai alternatifnya, sebenarnya kita bisa menggunakan bambu.

Pemanfaatan bambu memberikan beberapa hal menarik. Selain jumlahnya yang sebenarnya relatif lebih banyak, pemanfaatan material ini juga belum begitu dioptimalkan. Bambu meski mirip dengan kayu pun memiliki banyak perbedaan. Kesan bambu yang lebih ringan dan lebih “tropis” akan membuat rumah memiliki keunikan tersendiri.

Dari Lantai sampai Panel

CS Lem Kayu

Aplikasi bambu sebagai bahan rumah bisa dibedakan menjadi beberapa produk. Dua di antara yang paling sering digunakan adalah bambu sebagai lantai (bamboo flooring) dan bambu sebagai panel (bamboo panelling). Keduanya saat ini telah tersedia dalam beragam warna dan pola. Harganya pun bervariasi tergantung kualitas dan estetika yang dimiliki.

Lem untuk Laminasi Bambu?

Beda dengan pemanfaatan bambu sebagai mebel, baik bambu panelling maupun bamboo flooring dibuat dengan teknik laminasi. Artinya dalam pembuatannya pun memerlukan bahan yang berbeda. Salah satunya adalah lemnya. Lem yang dibutuhkan untuk keperluan ini ialah lem laminasi. Spesifitas ini harus selalu diingat sebab tiap kebutuhan perekatan memang memerlukan adhesive masing-masing. Lem untuk laminasi biasanya harus memiliki daya sebar yang baik, daya meresap yang baik, dan perekatan yang tinggi.

Saran lem dari kami kepada pembaca untuk kebutuhan ini ialah Crossbond X4. Lem laminasi berbahan resin alifatik tersebut sebaiknya digunakan untuk produsen maupun pengguna lantai dan panel bambu. Sebab lem ini bisa diandalkan dalam proses produksi maupun untuk perawatan sehari-hari. Crossbond X4 juga memiliki kualitas yang baik serta mudah digunakan bahkan oleh orang awam sekalipun.

panel dinding bambu

Ingat, untuk menghasilkan produk berkualitas maka bahan yang digunakannya juga harus berkualitas. Pemilihan lem untuk laminasi bambu seperti Crossbond X4 harus selalu diupayakan. Dengan begitu, lantai dan panel bisa tampak menawan sekaligus kokoh dengan daya rekat lem yang tinggi.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here