Yang Perlu Anda Tahu mengenai Kayu Ampupu

0
323
Kayu Ampupu

Eucalyptus adalah nama ilmiah dari kayu ampupu. Kayu yang tersebar luas di berbagai negara ini ternyata menyimpan banyak fakta menarik lho.

Pernahkah Anda mendengar mengenai nama pohon ampupu? Pohon ampupu merupakan pohon dalam keluarga atau family Myrtaceae. Pohon ini dalam bahasa ilmiah dinamai sebagai pohon eucalyptus.

Ampupu tersebar di berbagai belahan dunia, dari Asia sampai Afrika. Di Afrika, tanaman ini banyak ditemukan di Gabon, Guyana, Cameroon, hingga Madagaskar. Adapun, di Asia, tanaman ini ditemukan di Asia Tenggara hingga daerah Melanesia seperti Papua Nugini. Indonesia sendiri merupakan salah satu negara di mana pohon ini biasa ditemukan.

Saat ini, ampupu juga telah tersebar di berbagai belahan dunia. Tanaman ini bahkan dibudidayakan di beberapa negara amerika latin seperti Brazil. Bila ditumbuhkan dalam kondisi ideal, tanaman ini bisa tumbuh hingga 55 meter lho. Namun tingginya bisa tereduksi ketika cara penanaman dan perawatannya tidak tepat, misalnya kurang hara dan air.

Ciri-ciri Kayu Ampupu

CS Lem Kayu

Keberadaan ampupu bisa menambah stok atau supply kayu di pasaran. Apalagi secara umum kualitas kayu ini baik. Hanya memang, industry woodworking nasional perlu lebih terbuka dengan kayu-kayu non unggulan seperti kayu ini.

Agar lebih jelas mengenai potensi kayu ampupu di pasaran, yuk cermati karakteristiknya di bawah ini.

  1. Batang kayu memiliki warna abu-abu. Warna tersebut berasal dari kulit kayu yang tebal.
  2. Heartwood atau kayu bagian teras memiliki warna yang lebih gelap dibanding sapwood atau kayu gubal. Kayu teras berwarna coklat kemerahan, sedangkan sapwood memiliki warna merah muda hingga keputihan,
  3. Tekstur kayu yang tidak begitu halus ataupun kasar (medium texture).
  4. Kelas kekuatan sedang.
  5. Kelas keawetan kayu sedang.
  6. Kontras warna antara sapwood dan heartwood.
  7. Secara umum, ampupu merupakan kayu yang pengolahannya mudah.

Manfaat Kayu Ampupu

Pohon ampupu mampu menghasilkan kayu yang bisa digunakan untuk memenuhi berbagai kebutuhan. Kayu dari pohon tersebut dapat digunakan untuk membuat berbagai jenis mebel, berbagai jenis kerajinan, hingga struktur atau rangka bangunan meski terbatas. Selain itu, kayu ini juga kerap digunakan untuk membuat kayu olahan seperti veneer dan tripleks.

Kayu Ampupu

Pemanfaatan yang Masih Minim

Secara umum, bila dilihat dari keterangan karakteristik kayu ampupu di atas, kita bisa mengatakan bahwa kayu ini potensial digunakan di industri pengolahan kayu. Hanya, sayang sekali kayu ini kalah pamor dibanding kayu-kayu yang lain.

Industri pengolahan kayu di Indonesia memang memiliki kekurangan dalam hal tersebut. Kita terlalu fokus pada beberapa jenis kayu seperti jati sampai melupakan kayu-kayu yang lain. Padahal, pemanfaatan jati yang berlebih juga tidak baik. Harga kayu juga semakin tinggi di pasaran karena supply kayu yang populer seperti jati tak bisa dipenuhi.

Ampupu bisa menjadi alternative yang sangat baik. Dan sebenarnya pemanfaatan kayu ini bisa terus didorong oleh berbagai pihak terutama pemerintah.

Perlunya Lem yang Bagus

Di atas, kita telah membahas mengenai karakter dan pemanfaatan kayu ampupu. Bisa dibilang, kayu ini memiliki potensi yang bagus untuk menghasilkan pundi-pundi keuntungan. Namun ingat, keuntungan tersebut hanya bisa diperoleh apabila pengolahan kayu dilakukan dengan baik. Dan salah satu syarat untuk pengolahan kayu yang baik adalah penggunaan bahan berkualitas, tak terkecuali dalam aspek perekatnya.

Ya, kualitas perekat sangat berpengaruh. Sebab, perekat atau lem akan memberikan dampak terhadap:

  1. Estetika atau keindahan produk kayu
  2. Kekuatan produk kayu terutama di area sambungannya
  3. Tingkat keamanan. Bila lem yang digunakan mengandung zat berbahaya, maka produk kayu pun menjadi berbahaya pula.

Karena itulah, Anda harus bisa memilih lem yang tepat. Tapi Anda tak perlu repot-repot memilih lem yang tepat di pasaran. Sebab, kami sudah menyediakan adhesive yang paling bagus untuk kebutuhan Anda. Adhesive tersebut adalah lem Crossbond. Terdapat dua varian Crossbond yang bisa Anda gunakan, yakni Crossbond X3 serta Crossbond X4.

Gunakan Adhesive Crossbond

Crossbond X3

Lem Crossbond X3 adalah lem untuk mengelem sambungan kayu. Anda ingin mengelem wood joint seperti mortise and tenon, biscuit, lidah dan mulut, serta lainnya? Gunakan saja lem Crossbond dan dijamin sambungan Anda akan benar-benar rekat dalam waktu yang lebih lama dibanding aplikasi lem lainnya.

Crossbond X3 diformulasikan dengan polyvinyl acetate. Lem ini juga merupakan water based indoor glue. Sebagai lem PVAc, Crossbond tidak menimbulkan bau menyengat dibanding lem berbasis solvent based. Lem ini juga lebih murah, lebih mudah digunakan, dan tidak menimbulkan glue line yang jelek.

Crossbond X4

Sepertihalnya Crossbond X3, Crossbond X4 didesain dengan formula dasar polyvinyl acetate atau PVAc water based. Akan tetapi, lem ini adalah lem yang bisa digunakan untuk perekatan dalam ruangan ataupun luar ruangan. Jadi, kita bisa menggunakannya untuk mengelem berbagai produk outdoor.

Hal lain yang membedakan Crossbond X4 dari Crossbond X3 adalah fungsi pengelemannya. Sementara Crossbond X3 adalah lem untuk sambungan, Crossbond X4 adalah lem untuk mengelem permukaan lebar. Contohnya, Anda ingin mengelem atau memasang lantai dek kayu ampupu, dinding kayu ampupu, ataupun memasang veneer kayu tersebut.

Namun, kelebihan lem ini sama dengan Crossbond X3 di mana keduanya sangat mudah digunakan, cepat kering, tidak glue line, dan dibanderol dengan harga yang terjangkau dibanding kualitas yang ditawarkannya.

crossbond x3

Ayo Beli Lem Crossbond Sekarang juga!

Yuk, dapatkan lem Crossbond sekarang juga. Anda tentu sudah tak sabar kan dengan berbagai kelebihan yang ditawarkan oleh adhesive ini?

Anda bisa membeli lem ini dengan sangat mudah. Pembelian secara langsung bisa dilakukan di Bio Service Point dan agen Bio Industries. Bio Service Point berlokasi di 3 kota yakni Cirebon, Jepara, dan Yogyakarta. Sedangkan agen-agen tersebar di berbagai wilayah yang lebih luas.

Mau beli online saja? Kenapa tidak? Anda pun bisa membeli lem ini secara online dengan menghubungi CS kami. CS kami akan membantu dan memandu Anda dalam melakukan online shopping untuk adhesive Crossbond X3 dan Crossbond X4.

Sekiranya, itu yang bisa kami sampaikan di artikel kali ini. Kayu ampupu memang bukan kayu unggulan seperti jati atau ulin. Kayu ini tergolong kayu dalam kualitas medium baik dari segi estetika ataupun dari segi keindahan fisik. Namun demikian, kayu ini bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan yang sangat menarik. Kita bisa menggunakannya untuk membuat furniture, konstruksi bangunan, dan lain sebagainya.

Makanya, kami di lemkayu.net sangat mendukung upaya pemanfaatan kayu tersebut. Tapi tentu saja, Anda tak boleh lupa untuk selalu mengandalkan lem Crossbond. Sebab hanya lem inilah yang merupakan lem terbaik untuk perekatan kayu ampupu baik dalam pembuatan furniture, kerajinan kayu, ataupun konstruksi bangunan.

Semoga bermanfaat.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here