Uniknya Sepeda Kayu ini! Ingin Mencoba?

0
595
Sepeda Kayu

Membuat sepeda kayu sepertinya mustahil dilakukan. Tapi ternyata beberapa orang sudah melakukannya lho!

Selalu ada yang kreatif di Indonesia! Kreativitas tersebut bisa ditemukan pada hal-hal yang sepele sampai sesuatu yang serius. Misalnya saja dalam hal pembuatan kendaraan. Sebagaimana dilansir dari Kompas, Surono Sulistyo seorang karyawan pabrik berhasil membuat sepeda motor dari kayu!

Ya! Bila biasanya sepeda motor dibuat di pabrik dengan bahan metal dan plastik, Sulistyo telah mendobrak kebiasaan tersebut. Tambah mengejutkan ketika ia mengaku bahwa pembuatan motor kayunya dilakukan secara otodidak. Ia pun mengaku memang sudah lama hobi dalam dunia woodworking.

Motor Sudah, Bagaimana dengan Sepeda?

Bila Surono Sulistyo membuat motor kayu, lain lagi dengan Sarijo. Dilansir dari harmonionline, Sarijo juga berhasil membuat sepeda yang sebagian besar rangkanya menggunakan bahan kayu.

CS Lem Kayu

Di luar negeri, beberapa orang pun dilaporkan melakukan hal yang sama. Mereka semua sama-sama melakukannya “for the sake of their hobbies” atau untuk hobi mereka sendiri. Namun demikian, meski tampak tak profesional, pekerjaan mereka sama sekali tak mudah dilakukan. Pembuatan sepeda kayu bagaimanapun juga membutuhkan beberapa kriteria tinggi. Misalnya:

Sepeda Kayu
  1. Kualitas kayu yang digunakan. Jelas tak semua kayu bisa digunakan untuk membuat sepeda seperti ini. Hanya kayu khusus saja yang bisa digunakan. Sementara yang lain sebaiknya tidak digunakan. Kayu tersebut harus memiliki aspek keawetan, kekokohan, dan kemudahan pengolahan yang baik.
  2. Keamanan. Faktor keamanan juga wajib diperhatikan. Misalnya, apakah rangka kayu yang digunakan cukup kuat untuk menahan beban sepeda? Atau, apakah, kayu yang dipakai tidak megandung getah atau apapun yang memengaruhi kesehatan pengguna sepeda tersebut.
  3. Ketahanan. Bagaimanapun juga, kayu adalah bahan organik. Kayu mengandung selulosa dan nutrisi lainnya yang dibutuhkan oleh berbagai organisme seperti jamur, rayap, hingga lumut. Hal ini berbeda dengan logam dan plastic yang tak akan bermasalah dengan serangan hama. Makanya dalam pembuatan sepeda kayu, aspek ketahanan ini sama sekali tak bisa diabaikan begitu saja.
  4. Desain dan Estetika. Keindahan atau estetika sepeda kayu pun mestinya diperhatikan. Untuk tampilan natural kayu, kayu bisa difinish dengan plitur atau varnish transparent natural color / transparan dengan aksen warna natural. Nah, apabila sepeda ingin dibuat dengan kesan ceria, barulah kita bisa menerapkan warna-warna pastel seperti merah, hijau, hingga warna biru.
  5. Kegunaan. Kita bisa saja mengklaim membuat sepeda kayu dengan cara mengganti rangka metal sepeda dengan bahan organic tersebut. Tapi apakah kita bisa menjamin bahwa sepeda kita masih bisa digunakan seperti sebelumnya? Oh, belum tentu. Agar sepeda bisa berfungsi sewajarnya, pemakaian kayu harus diperhatikan baik-baik. Jangan sampai memengaruhi fungsi utama sepeda tersebut.

Kelebihan dan Kekurangan Sepeda Kayu

Kekurangan

Kekurangan sepeda seperti ini jelas masih banyak. Pasalnya, mereka yang mebuat hanyalah para penghobi saja. Belum ada manufaktur sepeda yang coba-coba untuk memproduksi sepeda seperti ini. Akibatnya, standar safety, kemudahan digunakan, dan lain sebagainya masih belum jelas sama sekali. Di luar itu, dibanding sepeda non kayu, penggunaan kayu juga akan menimbulkan beberapa kerentanan “khas” berupa:

  1. Potensi serangan hama baik itu jamur ataupun lumut
  2. Usia pakai yang lebih terbatas
  3. Goresan

Kelebihan

Meski memiliki segudang kekurangan, namun sepeda berbahan kayu juga menawarkan beberapa kelebihan:

  1. Memanfaatkan bahan yang lebih aman dan ramah lingkungan
  2. Estetika atau keindahan yang tak biasa

Ke depannya bukan tak mungkin sepeda seperti ini dibuat. Asal tentu saja, terdapat teknologi yang membuat hasilnya lebih efektif dan juga efisien.

Rekatkan Sepeda Kayu dengan Lem Crossbond

Nah, salah satu hal yang perlu diperhatikan bagi Anda yang ingin membuat sepeda tersebut agar hasilnya bagus adalah memilih lem yang tepat. Ingat, kayu berbeda dengan logam. Sambungan-sambugannya kadang harus direkatkan dengan adhesive atau lem.

crossbond x3

Dan untuk kebutuhan tersebut, dibutuhkan adhesive yang kualitasnya benar-benar baik. Untungnya tersedia lem Crossbond di pasaran. Adhesive Crossbod merupakan adhesive yang menggunakan formula PVAc atau polyvinyl acetate. Lem ini juga menggunakan pelarut air sehingga tidak menyebabkan bau menyengat sebagaimana lem solvent based.

Keunggulan Lem Crossbond X3

Tentu di pasaran terdapat berbagai lem kayu. Alasan kami merekomendasikan Crossbond sendiri karena:

  1. Daya rekat sangat baik
  2. Mudah digunakan
  3. Tidak menyebabkan glue line atau noda kehitaman
  4. Lebih terjangkau harganya
  5. Lebih hemat digunakan
  6. Sebagaimana disebut di atas, lem ini tidak berbau pedas menyengat dan jauh lebih aman untuk diguakan

Lem Crossbond juga merupakan lem andalan industri furniture dan kerajinan di Indonesia. Sehingga kualitasnya di lapangan tak perlu diragukan sama sekali.

Cara Membeli Lem Crossbond

Ayo beli lem Crossbond sekarang juga. Anda bisa membelinya untuk membuat sepeda kayu atau berbagai produk woodworking yang lain.

Proses pembelian Crossbond sangat mudah dilakukan. Anda hanya perlu menghubungi kami saja via kontak CS utuk pembelian secara daring. Selain itu, Anda juga bisa membeli via berbagai online shop seperti Tokopedia dan Bukalapak. Prosesnya sebagai berikut:

  1. Hubungi Customer Service kami dulu. Anda bebas mengontak via WhatsApp, email, dan lain sebagainya yang tercantum di situs ini.
  2. Silahkan berdiskusi dengan Customer Service kami untuk melakukan pesanan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
  3. Bila semua sudah disepakati, lakukan pembayaran sesuai keterangan yang diberikan oleh CS kami. Total pembayaran sendiri mencakup harga produk ditambah dengan ongkos kirim.
  4. Kirimkan bukti pembayaran kepada kami. Tunggu kami untuk mengonfirmasinya.
  5. Bila pembayaran sudah dikonfirmasi, kami akan segera memroses pesanan Anda. Kami juga akan memberikan nomor resi pengiriman dan memantau proses kirim pesanan tersebut sampai benar-benar tiba di tempat Anda.

Dan tentu saja pembelian secara langsung juga masih kami layani. Kami senantiasa menunggu kedatangan Anda di Bio Service Point untuk mendapatkan lem berkualitas premium ini. Bio Service Point sendiri berlokasi di kantor pusat Yogyakarta, serta cabang Cirebon dan juga Jepara.

Simpulan

Pembuatan sepeda kayu terasa sangat asing dan aneh. Tapi inovasi ini sudah dilakukan beberapa orang. Bahkan, orang Indonesia pun ada yang coba-coba untuk membuat sepeda menggunakan bahan kayu. Kekurangannya jelas masih banyak. Namun di sisi lain, inovasi tersebut bisa menjadi sebuah trend tersendiri dan bisa dikembangkan ke depannya supaya lebih baik. Misalnya saja dari aspek perekatan. Karena kayu berbeda dengan logam, otomatis perekatannya membutuhkan lem yang tepat. Dan untuk kebutuhan ini, para pembuat sepeda kayu bisa memanfaatkan lem Crossbond. Tak hanya berkualitas, Crossbond juga mudah digunakan dan tahan lama sehingga membuat produk yang direkatkannya pun tidak mudah rusak.

Semoga artikel ini memberikan manfaat untuk Anda ya.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here