Lem untuk Laminasi Bambu Eksterior: Andalan Decking hingga Dinding Bambu

0
1827
dinding bambu

Bukan hanya bambunya, penggunaan lem pun harus diperhatikan untuk aplikasi bambu outdoor. Oleh sebab itulah Anda akan sangat memerlukan lem untuk laminasi bambu eksterior, Crossbond!

dinding bambu

Tahukah kamu sebuah studi yang dilakukan di Jepang menemukan bahwa penggunaan material alami untuk bangunan bisa menurunkan tingkat stress? Bambu yang merupakan material natural pun memiliki “khasiat” serupa. Bahan ini juga dapat digunakan untuk berbagai jenis komponen bangunan. Misalnya saja untuk lantai dan wall paneling. Hal inipun sebenarnya sudah dilakukan sejak dulu kala. Namun yang sering jadi kendala ialah ketika bambu digunakan dalam suasana outdoor atau luar ruangan.

Kondisi outdoor jelas tak bisa disepelekan begitu saja. Terik matahari yang tinggi bisa menyebabkan beragam jenis material alami lapuk. Biasanya orang akan mengatasi tantangan ini dengan aplikasi bambu yang terkenal kuat. Namun sadarkah Anda bahwa penggunaan bambu yang kuat saja tak cukup? Ada satu bahan lagi yang harus diperhatikan. Bahan itu adalah adhesive.

lem untuk laminasi bambu eksterior

Yuk, Pastikan Lem untuk Laminasi Bambu Eksterior agar Tahan Lama

Seperti disebutkan di atas, bahan yang juga penting untuk lantai bambu eksterior yang awet ialah lem yang juga harus awet. Lem sebagai perekat memang berperan begitu penting. Adhesive merupakan pemersatu decking satu dengan yang lain, bagian dinding satu dengan yang lain, hingga bagian bambu tersebut dengan dasarannya. Bila lem tidak dipilih berdasarkan ketahanannya tentu kita bisa mengalami kerugian.

Ketahanan yang dimaksud di sinipun mengacu pada ketahanan untuk tantangan yang kuat, yakni ketahanan terhadap faktor luar ruangan. Sehingga lem yang dipilih memang harus dari jenis lem untuk kebutuhan outdoor.
Yang kami rekomendasikan tentu saja lem andalan Crossbond X4. Crossbond X4 pada dasarnya merupakan lem berbahan dasar PVAc atau polyvinyl acetate.

lantai decking kehujanan

Adhesive Crossbond berbeda dari lem lainnya karena sifatnya yang tahan lama. Sehingga lem ini cocok untuk kebutuhan luar ruangan.

Berdasarkan pengujian pada berbagai merek adhesive, jenis lem PVAc juga merupakan lem dengan kekuatan paling baik. Bahkan PVAc khusus memiliki kekuatan yang jauh lebih tinggi daripada lem epoksi yang terkenal kuat. Menyadari beragam keunggulan ini, harapannya tentu saja bagian bangunan yang menggunakan bambu bisa dipertahankan keawetannya dengan lem untuk laminasi bambu eksterior ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here