Karakteristik Kayu Resak dari Warna hingga Durabilitas

    0
    861
    karakteristik kayu resak vatica

    Tanaman resak atau rasak adalah tanaman dalam genus Vatica. Tanaman Vatica sendiri terdiri dari sekitar 80 anggota spesies. Beberapa di antaranya adalah Vatica rassak, Vatica sarawakensis, Vatica odorata, Vatica venulosa, dan Vatica oblongifolia.

    Klasifikasi Ilmiah

    Resak merupakan pohon berukuran kecil hingga sedang. Diameter tanaman bisa mencapai angka 125 cm, akan tetapi jarang yang ditemukan dalam ukuran tinggi besar.

    Pohon resak memiliki selubung kulit tipis. Di balik kulitnya, terdapat kayu yang memiliki warna kecoklatan dan agak merah muda di bagian teras (lingkar dalam kayu). Adapun, lingkar luar kayu memiliki warna yang lebih terang.

    Daun tanaman berbentuk sederhana. Sementara itu, cabang tumbuh tak teratur, dan buah yang dihasilkan memiliki bentuk bulat telur.

    Persebaran Tanaman Vatica

    Pohon resak banyak ditemukan di negara-negara Asia Tenggara. Di Indonesia, rasak tersebar di kepulauan sunda besar seperti Sumatra, Jawa, dan Kalimantan. Di kepulauan sunda kecil (NTB dan NTT), tanaman ini jarang ditemukan.
    Nama lain dari pohon resak di antaranya

    1. Papua Nugini: Vatica
    2. Thailand: tamsao
    3. Vietnam: Lau tau

    Kecepatan Pertumbuhan Pohon

    Pada umumnya memiliki kecepatan pertumbuhan yang lambat. Namun, terdapat beberapa pengecualian seperti V. pauciflora dan V. rassak. Ketahanan kedua spesies tersebut cukup baik.

    Manfaat Kayu Resak

    Digunakan untuk berbagai kebutuhan mulai dari pembuatan furniture, kerajinan, konstruksi bangunan, hingga berbagai perabot yang dibutuhkan. Di era industri modern, kayu resak juga banyak dipakai untuk pembuatan kayu olahan.

    Sifat dan Karakter Kayu Resak

    1. Bobot atau berat kayu : medium hingga berat
    2. Tipe kayu: kayu keras (hard wood)
    3. Warna: kontras antara teras dengan gubal. Teras lebih gelap dengan warna kecoklatan dibanding kayu teras yang berwarna coklat kekuningan. Pasca penebangan warna kayu berubah semakin gelap secara keseluruhan.
    4. Densitas kayu pada MC 15% adalah 490-1155(-1220) kg /meter3
    5. Kembang susut kayu : moderat hingga tinggi.
    6. Pola serat kayu yang lurus
    7. Pengerjaan kayu dengan pemotongan: kayu agak sulit dipotong. Faktor penyebabnya adalah kandungan resin di beberapa bagian dari kayu resak.
    8. Pengerjaan kayu dengan pemotongan dengan pengeboran: mudah dibor dengan hasil yang baik.
    9. Tekstur kayu yang halus dengan rata
    10. Lingkar tahun pada batang tidak terlihat dengan jelas
    11. Tingkat keawetan kayu : secara umum baik. Beberapa spesies Vatica sangat tahan rayap. Beberapa bahkan bsa bertahan hingga belasan tahun misalnya Vatica cuspiadate (14 tahun) dan juga Vatica teysmanniana (10 tahun). Namun ada juga yang sangat mudah rusak seperti Vatica rassak.
    kayu resak

    Lem yang Bagus untuk Kayu Resak

    Anda ingin menggunakan resak tapi menempelinya dengan HPL? Silahkan gunakan lem Eva Phaethon. Atau, Anda ingin menyambungkan komponen mebel vatica? Maka gunakanlah lem Crossbond X3.

    Agar lebih jelas, simak perbedaan fungsi ketiga lem yang bisa Anda pesan di lemkayu.net ini:

    1. Crossbond X3: ialah bahan perekat untuk area joinery atau penyambungan. Crossbond X3 sangat kuat dan hemat digunakan untuk keperluan tersebut.
    2. Crossbond X4: ialah bahan perekat untuk melapisi resak dengan pelapis organic seperti veneer. Anda juga bisa memanfaatkan Crossbond X4 bila ingin menempelkan veneer resak pada kayu yang lain.
    3. Eva Phaethon: ialah bahan perekat yang memiliki fungsi serupa Crossbond X4. Hanya saja, lem ini dibuat khusus untuk perekatan bahan organic dan non organic. Misalnya untuk perekatan kayu resak dengan pelapis sintetis seperti High Pressure Laminate.

    Ketiga lem di atas menawarkan fungsi utama yang berlainan. Akan tetapi, ketiganya memiliki kualitas unggulan yang serupa. Pertama, semua lem di atas memiliki daya rekat yang baik dan didukung dengan ketahanan perekatan yang begitu tinggi.

    Kedua, lem ini mudah digunakan dan hemat. Crossbond X4 bahkan cukup dioleskan di salah satu sisi permukaan saja. Harga ketiga lem juga terjangkau dibandingkan dengan kualitas yang ditawarkannya.

    Lantas, bagaimana dengan tingkat keamanan adhesive?

    Beberapa tahun belakangan, isu lingkungan memang sedang gempita dibicarakan. Kebanyakanorang, terutama kalangan urban dan dari negara maju mulai menyeleksi produk yang mereka beli berdasarkan hal ini.

    Mereka akan mencari produk yang bukan hanya aman namun dibuat oleh perusahaan yang mengedepankan prinsip eco friendly dan suistainbility.

    Dengan begitu, apabila Anda sedang dalam proses membuat mebel, perabot, dan kerajinan kayu resak untuk pasar ekspor, pilihlah salah satu dari ketiga lem di atas. Sebab keamanan ketiganya memang sangat baik dan bisa dipercaya.

    Jadi apa lagi yang mesti ditunggu? Mari hubungi WA CS kami. Atau, silahkan telepon ke nomor yang tercantum pada website.

    Silahkan tanya-tanya dulu mengenai produk ini. Bila Anda masih bingung, nanti CS akan mengarahkan Anda membeli tipe perekat yang tepat.

    Pemesanan pun akan diproses oleh CS. Setelah pembayaran dilakukan, CS akan segera menyerahkannya ke bagian pengemasan dan pengiriman.

    Namun, pembelian secara langsung juga jelas bisa dilakukan. Anda tinggal mengunjungi kami di agen-agen atau di Bio Service Point. Saat ini, Yogya, Cirebon, dan Jepara masih menjadi 3 pusat Bio Service Point. Akan tetapi, agen-agen kami telah melalang buana di Indonesia ini.

    Poin Ringkas tentang Kayu Resak

    1. Vatica atau resak merupakan salah satu tanaman yang cukup banyak ditemukan di Indonesia. Pohon vatica banyak ditemukan di kepulauan sunda besar namun jarang ditemukan di kepulauan sunda kecil.
    2. Secara umum, kayu ini memiliki kualitas yang baik apabila dilihat dari aspek keindahan hingga kekuatan.
    3. Resak pun banyak digunakan untuk membuat berbagai produk. Misalnya, produk di bidang permebelan hingga aneka produk rumah tangga.

    Demikian sedikit informasi yang bisa kami bagikan mengenai kayu resak. Terus ikuti informasi seputar dunia perkayuan lainnya. Dan ingatlah untuk terus menggunakan lem Crossbond atau Eva Phaethon untuk berbagai kebutuhan Anda.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here