Dari Vinir sampai Lantai, Gunakan Lem Kayu Laminasi Ini!

0
785
lem-lamanisi-untuk-furniture

Ingin memasang lantai? Menggunakan vinir? Atau membuat panel kayu? Bila Anda menjawab “iya” pada salah satu pertanyaan di atas, maka bahan yang tak bisa luput Anda gunakan adalah lem kayu laminasi. Seperti apa lem laminasi yang bagus dan apa produk yang kami sarankan? Yuk, simak sejenak di bawah ini.

Teknik Laminasi Kayu dan Lem yang Digunakan

Aplikasi laminasi kayu sudah dilakukan sejak lama. Teknik ini memberikan banyak manfaat yang tak bisa diberikan kayu-kayu dalam bentuknya yang biasa. Misalnya pada tripleks dengan fungsinya menyediakan papan lebar untuk kebutuhan-kebutuhan khusus seperti pembuatan langit-langit kereta api.

Pada proses pengolahan laminasi sendiri, salah satu bahan yang paling penting digunakan adalah adhesive-nya. Tanpa bahan perekat, produk-produk laminasi tak akan bisa dibentuk.

Kriteria Lem Kayu Laminasi Sesuai Penggunaannya

lem-lamanisi-untuk-furnitureLantas seperti apakah lem kayu untuk laminasi yang baik? Untuk menjawab pertanyaan ini, kita harus menspesifikkan dulu keperluan yang harus dipenuhi. Meskipun teknik laminasi secara umum memiliki kesamaan, namun tiap kebutuhan memiliki syarat yang berbeda-beda. Tidak semua lem bisa digunakan untuk seluruh kebutuhan laminasi. Meski ada juga adhesive seperti Crossbond X4 yang didesain khusus untuk keperluan tersebut sehingga dapat digunakan pada semua kriteria keperluan laminasi. Kriteria-kriteria  di bawah ini ialah contohnya:

CS Lem Kayu

Kebutuhan Heavy Duty seperti Decking

Lantai kayu baik decking maupun parket adalah contoh paling umum dan populer aplikasi perekatan laminasi. Untuk decking, selain diperlukan lem untuk melaminasi komponennya, diperlukan juga bahan perekat yang tahan terhadap kebutuhan heavy duty. Lem kayu laminasi harus tahan cuaca, air, panas, hingga kelembaban yang tinggi.

Harus Aman di dalam Ruangan

Bila di luar ruangan konsen utama yang harus diperhatikan adalah ketahanan lem, maka di dalam rumah, lem sebaiknya dipilih dengan konsen khusus pada keamanannya. Waspadalah. Tidak semua produk adhesive outdoor dapat digunakan untuk indoor karena kualitas keamanannya yang kurang.

Harus Tahan Lama dan Kuat

Kuat saja tidak cukup. Lem juga harus memiliki ketahanan yang baik sehingga kekuatan yang dihadirkan perekat tersebut bisa bertahan lama.

Hemat agar Untung Lebih Besar

Hemat tidaknya suatu produk jangan hanya didasarkan pada nominal harganya saja. Perhatikan juga hemat tidaknya penggunaan lem hingga potensi kegagalannya. Dengan demikian, kita bisa benar-benar menghemat budget untuk keuntungan produk laminasi bambu yang lebih besar.

Crossbond, Solusi untuk Semua Pengeleman Laminasi

crossbond-x4Sebagaimana telah disebut di atas, Crossbond didesain khusus untuk pengeleman laminasi. Adhesive dengan formulasi dasar resin alifatik ini dapat digunakan pada semua keperluan tersebut karena feature-feature unggulannya. Lem ini memiliki ketahanan cuaca yang baik, aman dan ramah lingkungan, murah, hingga susbtratnya stabil pada kayu.

Crossond X4 sebagai lem kayu laminasi juga sangat hemat digunakan. Produk ini hanya perlu diaplisikan pada salah satu sisi media saja sehingga akan menurunkan jumlah pemakaiannya. Dengan tingkat keberhasilan yang tinggi, Crossbond X4 adalah perekat laminasi yang selalu bisa diandalkan.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here