Mengenal Veneer Kayu Mahoni dari Harga sampai Lemnya

0
47
furniture mahogani

Yuk, kenali apa itu veneer kayu mahoni? Kali ini, lemkayu.net akan membahas mengenai jenis vinir tersebut mulai dari pengertian, harga, hingga lem yang paling tepat digunakan untuk kebutuhan ini.

Apa itu Veneer Kayu Mahoni?

Inovasi pada industri pengolahan kayu telah memberikan kemudahan bagi masyarakat. Baik konsumen atau pelaku usaha mebel mendapatkan keuntungan dari berbagai inovasi yang dihasilkan. Salah satunya adalah veneer.

Veneer secara ringkas adalah potongan sangat tipis kayu yang memiliki dua fungsi. Fungsi pertama adalah fungsi estetika atau bisa memberikan keindahan. Sedangkan fungsi kedua adalah fungsi proteksi atau memberikan perlindungan. Veneer bisa ditempelkan pada kayu yang dianggap kurang menarik dan juga kurang awet, baik itu kayu solid ataupun kayu olahan.

Di pasaran sendiri, telah tersedia beragam jenis vinir yang bisa digunakan. Berdasarkan spesies kayunya, salah satu vinir yang paling populer adalah veneer kayu mahoni atau mahogani. Karena terbuat dari kayu mahogani, sudah pasti karakternya serupa dengan kayu tersebut. Misalnya, kelas awetnya III dan kelas kuatnya yang berada di kisaran II hingga III. Warna kayu terasnya juga khas kemerahan sebagaimana mahoni yang kita kenal. Adapun warna kayu gubalnya agak kekuningan dengan pola serat lurus yang menarik.

Mengapa Mahoni Dibanding yang Lain?

CS Lem Kayu

Populernya mahogani di Indonesia jelas punya alasan tersendiri. Secara umum, kayu ini memang memiliki tampilan yang sangat menarik. Warnanya yang elegan berpadu dengan pola seratnya yang sangat bagus. Bahkan, di Amerika, kayu mahogany sudah demikian terkenal. Di negeri Paman Sam tersebut, kayu mahoni sangat populer sebagaimana kayu jati di Indonesia.

Guna

Veneer kayu mahoni sebagaimana berbagai vinir kayu lainnya bisa digunakan untuk menghasilkan aneka produk. Ragam produk tersebut bisa berupa:

veneer kayu mahoni
  1. Furniture indoor, misalnya untuk membuat meja makan, kursi makan, meja tamu, almari, buffet, dan berbagai mebel dalam ruangan lainnya yang tak bisa disebutkan satu per satu.
  2. Furniture luar ruangan. Karena kayu mahoni memiliki kelas awet yang cukup baik maka produk veneernya bisa digunakan untuk membuat aneka mebel luar ruangan. Misalnya saja untuk membuat mebel taman seperti meja taman.
  3. Untuk pelapis lantai dalam ruangan seperti parquet serta lantai luar ruangan
  4. Untuk pelapis dinding kayu dalam ruangan.
    Berbagai guna ini sudah dibuktikan berbagai pelaku usaha baik itu perusaha mebel ataupun pelaku usaha di bidang konstruksi bangunan. Khusus untuk konstruksi bangunan, dengan kualitasnya yang baik itu, veneer kayu mahoni tak sekedar dipakai untuk rumah pribadi saja. Banyak restauran, hotel, sampai universitas yang memilih produk vinir ini dibanding yang lain.

Berapa Harga Veneer Mahogany Terbaru?

Produk ini bisa diperoleh dengan harga beragam. Nilainya mulai dari puluhan ribu rupiah sampai ratusan ribu. Yang mempengaruhi harga produk ini antara lain:

  1. Ukuran luas veneer, makin luas maka makin mahal
  2. Ketebalan veneer tersebut
  3. Kualitas veneer. Apakah veneer tersebut diambil dari bagian luar atau dalam kayu, akan memberikan efek pada kualitas dan harganya secara umum

Veneer juga merupakan pelapis yang terdiri atas beberapa varian. Nah, harga pelapis kayu mahoni sendiri pun tak bisa dilepaskan dari jenis veneer kayu tersebut. Misalnya, veneer yang cuma dibuat dari pemotongan tipis kayu sudah pasti lebih murah dibanding yang bagian belakangnya diberi suatu lapisan tersendiri untuk mempermudah perekatan.

Apa Lem yang Paling Tepat Digunakan?

Dalam penggunaannya, lem hampir selalu dibutuhkan untuk bahan seperti ini. Bukankah tidak mungkin kita hanya memasang lembaran vinir dengan cara dipaku di ujungnya saja?

Tipe lem yang paling tepat digunakan untuk aplikasi veneer adalah lem laminasi. Seperti yang Anda tahu, tipe lem laminasi adalah tipe lem untuk perekatan pada permukaan lebar. Pada umumnya, jenis bahan perekat seperti ini juga bisa digunakan untuk memasang lantai kayu baik itu parket ataupun decking.

Di pasaran, beberapa lem laminasi bisa Anda beli. Namun Anda tak perlu bingung memilihnya karena di lemkayu.net pun kami sudah sedia lem kayu laminasi yang bisa digunakan untuk aplikasi veneer kayu mahoni. Lem tersebut adalah Crossbond X4.

lem untuk dinding kayu

Bahan perekat Crossbond X4 menjadi lem terbaik untuk veneer kayu mahogany. Lem ini selain memang merupakan lem laminasi juga merupakan lem yang memiliki berbagai keunggulan. Berikut ini beragam keunggulan yang ditawarkan oleh adhesive Crossbond X4.

  1. Lem ini didesan dengan inner cross linker modifier yang membuat ikatannya sangat kuat.
  2. Kecepatan kering lem yang ideal untuk tahapan pengeleman veneer.
  3. Lem tidak mudah rusak baik oleh paparan air, minyak, ataupun suhu udara yang panas.
  4. Bisa digunakan untuk produk yang diletakkan di luar ruangan ataupun produk di dalam ruangan.
  5. Mudah digunakan baik oleh orang awam sekalipun.
  6. Sangat hemat, kemasan banyak dengan cover area yang luas
  7. Harga terjangkau dengan berbagai kualitas yang ditawarkan
  8. Tidak tebal dan mudah menyebar sehingga aplikasi veneer kayu mahoni mudah dilakukan dengan hasil lebih rapi
  9. Lebih aman dan ramah lingkungan, kandungan VOC atau Volatile Organic Compounds sangat rendah. Selain membuatnya lebih aman digunakan, rendahnya kandungan VOC juga bisa membuat bau lem tidak tajam menyengat seperti lem solvent based (lem berbasis minyak)
  10. Viskositas atau kekentalan medium yang memang didesain untuk perekatan laminasi.

Oleh sebab berbagai di atas itulah, lem Crossbond X4 menjadi lem yang secara khusus kami sediakan di lemkayu.net.

mebel mahoni

Kesimpulan

Pada akhirnya, vinir mahogani tak berbeda dengan berbagai vinir lainnya yang ada di pasaran. Veneer ini hanya merupakan satu dari sekian jenis veneer lainnya yang dibedakan menurut spesies kayu yang dipakai. Mahogany sendiri disukai dan dijadikan bahan vinir karena kayu ini secara estetik memang menarik. Warnanya yang gelap kemerahan dengan pola serat yang cantik membuat kayu ini terlihat megah dan mewah. Di negara seperti Amerika Serikat, posisi mahoni seperti jati di Indonesia. Kayu tersebut dianggap sebagai kayu yang begitu baik kualitasnya dari berbagai aspek sekaligus.

Sama seperti veneer yang lain, veneer ini pun bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan. Ia bisa digunakan untuk pembuatan mebel sampai untuk melapisi elemen bangunan. Pastikan saja dalam penggunaannya, adhesive yang tepat digunakan. Jenis lem paling tepat digunakan untuk kebutuhan ini adalah lem laminasi. Sedangkan produknya yang paling baik adalah lem Crossbond X4.

Demikian informasi pada artikel ini mengenai veneer kayu mahoni. Semoga informasi ini bisa memberikan manfaat untuk Anda ya. Nantikan terus berbagai informasi menarik lainnya di lemkayu.net. Kami akan senantiasa hadir dengan berbagai informasi seputar dunia pengolahan kayu dan pengeleman.null

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here