Informasi Veneer Kayu Sungkai dari Karakter sampai Harganya

0
51
veneer kayu sungkai

Salah satu jenis veneer yang banyak disukai di pasaran adalah veneer kayu sungkai. Yuk, kenali lebih lanjut mengenai vinir ini.

Beberapa jenis kayu terkenal karena kekuatannya. Sedangkan beberapa jenis lainnya ada yang terkenal karena harganya yang murah dan ada pula yang terkenal karena keindahannya. Ada juga tipe kayu tertentu yang memiliki kualitas bagus pada berbagai aspek sekaligus. Misalnya, jati. Jati bukan hanya dikenal tahan rayap. Akan tetapi kayu ini juga memiliki kelas kuat yang baik, lurus, dan tentu saja sangat menarik. Dari segi tampilan, kayu ini memiliki warna yang cenderung keemasan dan sangat megah.

Dengan memperhatikan bahwa jenis kayu begitu beragam dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing, kerap kali industri furniture memadu-madankan hal tersebut. Dan oleh karena itulah, dihasilkan produk serupa vinir. Vinir adalah lapisan tipis kayu yang umumnya didesain untuk fungsi dekoratif. Veneer bisa dipakai untuk membuat produk kayu memiliki estetika yang lebih menarik. Misalnya saja, agar biaya produksi lebih murah, kita menggunakan kayu dengan estika dan kualitas lainnya yang biasa saja. Nah, supaya pembeli tertarik dengan produk kayu tersebut, kita bisa menggunakan veneer sebagai pelapis pada bagian luar mebel. Tentu, tujuannya bukan untuk mengelabui. Hanya saja, untuk membuat mebel bisa dibuat lebih murah meski estetikanya menarik. Pembeli pun di sisi lain bisa diuntungkan karena akan bisa membeli furnitur yang lebih murah.

Selain paduan antar kayu solid, veneer juga bisa diterapkan pada kayu olahan. Contoh dari kayu olahan adalah Medium Density Fiberboard atau MDF, particle board, dan plywood. Berbagai kayu olahan seperti itu umumnya harganya lebih murah. Akan tetapi, tampilannya memang tak menarik. Bahkan aplikasi finishing berbasis cat saja tak mudah untuk dilakukan. Oleh sebab itulah, veneer menjadi solusi yang tepat.

Veneer Kayu Sungkai

pohon sungkai
CS Lem Kayu

Jenis veneer yang beredar di pasaran sangat banyak. Ada veneer kayu jati, veneer kayu mahoni, dan juga veneer kayu yang tidak terdapat di Indonesia. Yang terakhir ini contohnya adalah vinir kayu hickory. Tak jarang, pembuat mebel di Indonesia memesan vinir kayu hickory. Kemudian, mengekspor produk tersebut kembali.

Selain nama-nama yang disebut di atas, ada juga produk vinir dari kayu sungkai. Kayu sungkai adalah jenis kayu yang disenangi banyak pelaku usaha mebel. Berikut ini karakter atau ciri khas dari kayu ini.

  1. Warna kayu: bagian luar atau gubal kayu ini bila dikeringkan umumnya menampakkan warna kekuningan. Sedangkan warga kayu bagian dalam atau bagian terasnya memiliki warna yang lebih gelap. Antara kayu gubal dan teras sendiri tak terdapat kontras yang sangat mencolok
  2. Tekstur kayu agak kasar dengan kesan raba yang agak kesat.
  3. Arah serat pada kayu lurus dan terkadang ada yang bergelombang.
  4. Kayu ini merupakan kayu yang termasuk dalam kelas awet III
  5. Tingkat kekuatan atau kelas kuat II hingga III
  6. Tingkat kekerasan kayu yang tinggi, dan karenanya daya retak kayu juga tergolong tinggi
  7. Secara umum, merupakan kayu yang mudah untuk dikerjakan.

Dari data di atas, bisa dimaklumi sungkai menjadi salah satu jenis kayu komersil yang permintaannya besar di Indonesia. Apalagi kayu ini juga bisa dibeli dengan harga yang lebih terjangkau.

kayu sungkai

Penggunaannya untuk kayu veneer sendiri dikarenakan beberapa alasan. Pertama, harga kayu ini sebagaimana disebut sebelumnya yang lebih terjangkau. Sehingga kayu ini menjadi pilihan yang sangat menarik. Kedua, tampilan kayu ini pun menarik dengan pola serat dan warnanya yang kekuningan. Ketiga, kayu ini mudah dikerjakan. Kayu ini mudah dipotong dan dibentuk, termasuk saat digunakan untuk veneer. Hal ini membuat sungkai disukai banyak kalangan.

Meski demikian, tentu saja produk veneer kayu sungkai bukannya tanpa kekurangan. Beberapa hal lumrah menjadi kekurangan kayu ini. Contohnya dari segi keawetan. Kayu ini bukanlah kayu yang awet. Kekerasannya juga tinggi sehingga mudah retak. Hal-hal ini perlu diingat dalam pemanfaatan vinir sungkai agar penggunaannya menjadi lebih optimal.

Untuk aplikasinya sendiri, veneer ini biasa digunakan untuk:

  1. Pembuatan berbagai jenis mebel atau furniture. Misalnya saja untuk membuat meja dan almari. Tapi mengingat keawetannya, hendaknya mebel tersebut digunakan untuk indoor atau dalam ruangan saja.
  2. Digunakan untuk pelapisan dinding dalam ruangan ataupun untuk lantai.

Cara Menempelkan Veneer Kayu Sungkai

Untuk aplikasinya sendiri, tak ada perbedaan khusus dengan tipe veneer dari kayu yang lain. Anda hanya perlu memotong dan secara rapi menempelkannya ke media kayu yang hendak dilapiskan menggunakan veneer ini.

lem untuk dinding kayu

Khusus untuk lemnya, pakailah jenis lem laminasi. Anda juga bisa membeli lem laminasi tersebut di lemkayu.net, Crossbond X4. Crossbond X4 adalah lem dengan bahan dasar polyvinyl acetate atau PVAc. Lem ini secara spesial memang dibuat untuk tujuan perekatan permukaan lebar. Selain bisa dipakai untuk merekatkan veneer, lem ini juga bisa digunakan untuk memasang lantai kayu dan juga wallpaper.

Dengan adhesive ini, veneer kayu sungkai Anda pasti bisa teraplikasi dengan sangat baik. Apalagi Crossbond X4 juga hadir dengan berbagai keunggulan. Berikut ini berbagai kelebihan dari adhesive Crossbond X4.

  1. Memiliki daya rekat yang kuat sehingga veneer bisa terpasang dengan sangat baik
  2. Ikatan lem yang tidak mudah rusak oleh berbagai paparan, baik itu paparan air, solvent, hingga panas.
  3. Sangat mudah digunakan, tak perlu ada bahan dan peralatan tambahan yang diperlukan.
  4. Tidak tebal dan tidak sebabkan glue line.
  5. Harga lebih terjangkau dengan penggunaan yang jauh lebih hemat
  6. Cover area luas dengan viskositas medium
  7. Merupakan lem yang lebih aman dan juga ramah lingkungan

Yuk, Beli Lem untuk Veneer Kayu Sungkai

Dapatkan sekarang juga Crossbond X4. Anda bisa membeli lem ini dengan mudah baik secara daring atau secara langsung. Pembelian secara langsung bisa dilakukan dengan mengunjungi kami di Bio Service Point. Saat ini, Bio Service Point berlokasi di Yogyakarta, Cirebon, dan juga Jepara. Sedangkan untuk pembelian secara daring, silahkan hubungi kami di lemkayu.net.

Anda akan dipandu oleh Customer Service kami. CS bukan hanya sekedar melayani pemesanan, akan tetapi juga akan memberikan berbagai informasi penting yang Anda butuhkan. Jadi, jangan ragu untuk menghubungi kami. Bagi Anda yang terbiasa belanja di toko daring, produk kami juga telah tersedia di banyak marketplace. Silahkan cari produk Crossbond X4 ini di toko daring yang sudah menjadi langganan Anda.

Demikian informasi kali ini mengenai veneer kayu sungkai dan lem kayu terbaik yang bisa diandalkan untuk produk tersebut. Semoga bermanfaat ya. Nantikan terus berbagai informasi menarik lainnya di lemkayu.net.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here