Membuat Kerajinan hingga Aquascape dari Kayu Jambu: Bisakah?

0
168
kayu jambu

Bukan hanya jati, mahoni, atau pinus yang bisa digunakan untuk membuat aneka jenis hiasan berkelas. Kayu-kayu dari pohon buah sebetulnya juga punya potensi yang sama. Misalnya saja kayu dari pohon jambu. Hah? Jambu? Benarkah kayu seperti ini bisa dipakai untuk membuat aneka hiasan menarik? Simak penjelasannya di bawah ini.

Pohon jambu bisa merujuk pada beberapa spesies yang beragam. Ada yang akan menunjuk jambu air, jambu bol, sampai jambu biji. Namun dalam Bahasa Inggris, jambu yang diartikan sebagai common guava merujuk pada spesies jambu biji. Pada artikel ini, istilah jambu yang dipakai merujuk pada istilah dalam bahasa Inggris tersebut.

Lantas apa sebetulnya yang menarik dari pohon ini? Bila kita menanyakan hal tersebut kepada kebanyakan orang, kemungkinan besar kita akan mendapatkan jawaban bahwa buah jambulah yang membuat spesies tersebut istimewa. Buah Psidium guajava memiliki rasa yang lezat. Rasanya manis dengan sedikit rasa asam. Teksturnya juga unik. Selain tekstur buahnya yang segar, kita juga bisa merasakan sensasi memakan biji jambu yang tersebut. Buah ini juga bisa digunakan sebagai bahan untuk berbagai makanan yang lain. Salah satunya untuk rujak, untuk dibuat menjadi campuran puding, sampai dibuat jus.

CS Lem Kayu

Singkatnya, rasa buah jambu memang disukai banyak orang. Tetapi tahukah Anda bahwa sebetulnya pohon jambu punya potensi lain yang bisa dimanfaatkan? Potensi pohon jambu itu terletak pada kayunya.

Kayu? Kebanyakan orang memang akan meragukan ini. Apalagi ketika yang bersangkutan sudah pernah melihat sendiri bagaimana penampakan pohon jambu. Beda dengan pohon yang kayunya sering digunakan untuk material mebel (seperti jati atau mahony), jambu secara umum punya bagian batang yang kurus. Pohonnya juga seringkali tidak tinggi. Percabangan terjadi di sana-sini. Selain itu, bila dilihat dari karakteristik kayunya, jambu juga tak punya kelebihan berarti. Ia tidak sekuat, setahan, dan seindah jati. Lalu bagaimana bisa kayu ini digunakan?

kayu jambu 2

Contoh Produk dari Kayu Jambu

Meski jarang, namun faktanya pemanfaatan kayu dari pohon jambu telah dilakukan oleh banyak pihak. Dari tangan-tangan yang sangat kreatif ini, kita bisa melihat berbagai produk yang telah diciptakan. Beberapa bahkan ada yang sampai melalang buana ke berbagai manca negara. Jadi, produk dari kayu pohon jambu ini tak bisa dipandang sebelah mata begitu saja.

Langsung saja, berikut ini 2 contoh utama penggunaan kayu jambu.

Aquascape

aquascape (2)

Aquascape adalah salah satu teknik seni untuk mengatur elemen-elemen dalam akuarium yang meliputi tanaman air, koral, batu karang, dan lain sebagainya. Jadi, ia berbeda dengan aktivitas pengguaan akuarium pada umumnya. Pada kegiatan ini, elemen utama terletak pada tanaman air (dan ikaannya), bukan hanya pada ikan hias saja. Kegiatan ini sudah menjadi hobi bagi beberapa kalangan. Dan untuk membuat akuarium makin cantik, dibutuhkan hiasan-hiasan khusus. Kayu jambu bisa digunakan untuk kebutuhan ini. Selain bentuknya yang tak begitu besar, kayu juga aman digunakan karena tidak mengandung zat toksik.

Berbagai Jenis Produk Kerajinan

kerajinan kayu jambu (2)

Aneka produk kerajinan juga bisa dihasilkan dari kayu ini. Misalnya, percabangan pohon jambu yang unik. Percabangan yang menarik yang berpadu dengan batang jambu yang khas tersebut ternyata bisa digunakan untuk bahan hiasan bunga buatan. Percabangan ini juga bisa dipakai untuk membuat coffee table. Selain itu, aneka produk lainnya yang bisa dibuat dari kayu ini adalah sandal, gantungan kunci, tongkat, hingga miniatur.

Bisakah Kayu Jambu Dipakai untuk Membuat Mebel?

Tidak banyak, bahkan sangat jarang orang yang menggunakan kayu dari pohon jambu untuk membuat mebel. Sebabnya telah disebutkan di atas. Kayu ini tak punya kelebihan khusus. Bahkan secara umum pohonnya juga tidak memproduksi material dengan ukuran yang bagus untuk dijadikan sebagai bahan mebel. Apalagi pohon jambu stek yang cabangnya sudah mulai terlihat di bagian bawah. Namun sebetulnya, bila Anda ingin bereksperimen, bisa saja Anda membuatnya. Misalnya, cabang pohon jambu atau kumpulan batang jambu yang kecil yang disatukan untuk dijadikan kaki meja kopi. Jadi, coffee table tersebut terlihat lebih artistik.

furniture kayu jambu

Tips Mengatasi Kekurangan Kayu Jambu dan Menonjolkan Keunggulannya

Baik untuk membuat furniture, aquascape, atau kerajinan, kita harus memahami betul kelemahan dari kayu ini sekaligus kelebihannya. Dari situ, sudah selayaknya kita belajar mengatasi kekurangan kayu ini dan menonjolkan keunggulannya. Beberapa tips di bawah ini mungkin bisa Anda terapkan:

  1. Agar kayu jambu lebih awet, aplikasikan dulu treatment pengawetan (tapi ini tidak direkomendasikan untuk aquascpae!)
  2. Aplikasikan bahan finishing dengan teknik dan warna yang tepat yang bisa membuat kayu lebih menawan.
  3. Gunakan selalu lem yang kuat untuk membuat produk dari kayu ini lebih kokoh
  4. Batang jambu yang kecil dan bagian yang bercabang bisa dimanfaatkan untuk membuat produk yang lebih artistik.
  5. Memilih batang yang sudah tua supaya kualitasnya lebih baik

Gunakan Selalu Crossbond!

Selalu gunakan Crossbond untuk berbagai kebutuhan perekatan Anda. Seperti dijelaskan di atas, kebutuhan pembuatan produk kayu jambu butuh lem dengan kualitas yang baik. Oleh sebab itu, jangan sembarangan dalam memilih lem. Pilihlah yang kualitasnya baik dan perhatikan berbagai aspeknya mulai dari aspek yang umum seperti daya rekat sampai aspek yang “tricky” seperti pengaruh lem terhadap estetika. Semakin bagus Anda memilih lem, maka semakin bagus pula lem yang diperoleh dan kualitas adhesive yang didapatkan.

lem kayu untuk finger joint

Untuk kebutuhan ini sendiri, lem yang kami sarankan adalah Crossbond. Dengan bahan dasar polyvinyl acetate yang dimodifikasi menjadi lebih kuat dan tahan air, memang susah untuk tidak mengakui keunggulan lem ini. Faktanya, dibanding lem lainnya di pasaran, Crossbond memang jauh lebih unggul. Selain itu, terdapat dua jenis Crossbond yang bisa Anda gunakan.

Apa saja kedua jenis Crossbond itu?

Yang pertama adalah Crossbond X3 dan yang kedua adalah Crossbond X4. Crossbond X3 merupakan lem untuk sambungan. Artinya ia dipakai untuk membentuk rangka suatu produk. Misalnya untuk menyambungkan kaki kursi engan bagian papan mejanya. Sedangkan Crossbond X4 adalah lem laminasi. Jenis lem ini biasa digunakan untuk perekatan veneer, perekatan lantai kayu, dan perekatan yang secara umum bisa disebut “perekatan dengan permukaan luas”. Kedua Crossbond ini bisa digunakan untuk kebutuhan pengolahan mebel hingga konstruksi bangunan. Karenanya, untuk keperluan perekatan XX, lem ini pun bisa diandalkan.

Kesimpulan

Secara umum, bisa dikatakan bahwa kayu jambu merupakan kayu yang potensial digunakan sebagai bahan untuk membuat mebel. Kayu seperti ini memang punya kekurangan di sana-sini. Misalnya dari segi ketahanan yang kurang baik. Akan tetapi, dengan kiat yang tepat, kita bisa mengantisipasi kekurangan tersebut. Andalkan selalu juga lem Crossbond agar berbagai mebel dari kayu tersebut hadir dalam kualitas terbaiknya.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here