Yuk Baca! Ini Kiat Penting agar Mengelem Kayu Lebih Cepat Dilakukan

0
178
mengelem kayu

Mengelem kayu lebih cepat? Mungkinkah dilakukan? Yuk, simak dulu beberapa tips super di bawah ini.

Bagi para penghobi kayu, menikmati pekerjaan membuat produk kayu memang menjadi hal yang menyenangkan. Siapa yang tak menikmati tahapan-tahapan membuat kursi yang cantik atau meja yang unik dari tangan kita sendiri? Tapi pada kesempatan tertentu, wajar bila kita mendapat tekanan besar menyelesaikan produk tersebut sesegera mungkin. Apalagi bila kita melakukan proyek tersebut bukan untuk hobi, melainkan untuk kerja. Salah satu tahapan yang paling membuat “gemas” adalah tahapan pengeleman. Dari sekedar mengoleskan lem sampai menunggunya kering kadangkala memakan waktu sangat lama. Padahal tekanan yang meningkat untuk menyelesaikan proyek bisa menyebabkan kekhawatiran berlebihan. Nah, untuk mempersingkat waktu, terutama pada tahap pengeleman, ada beberapa kiat yang bisa Anda ikuti. Kiat-kiat ini akan membuat proyek yang Anda kerjakan lebih cepat selesai.

Tips, Cara, dan Kiat Mengelem Kayu Lebih Cepat

Rencanakan Dulu

Sebelum memulai pekerjaan Anda, lakukan dulu perencanaan yang matang. Eits, jangan anggap melakukan perencanaan itu membuang-buang waktu ya! Justru bila Anda melakukan perencanaannya dulu, Anda bisa mengerjakan pekerjaan dengan tepat dan cepat. Dengan melakukan perencanaan, Anda tahu apa hal yang perlu dilakukan dan yang tidak. Anda juga tahu alat dan bahan yang diperlukan. Jadi, ketika Anda mengerjakan proyek tersebut, langkah Anda bisa dipercepat. Bayangkan saja misalnya Anda tak melakukan perencanaan apapun. Bisa-bisa Anda harus kelabakan kesana-kemari mencari perlengkapan yang belum disiapkan sebelumnya.

Gunakan Lem dengan On Time

CS Lem Kayu

Lem harus diaplikasikan sesuai dengan rekomendasi waktunya. Sebab, sekalinya lem keluar dari botolnya, saat itulah waktu mulai berjalan hingga akhirnya lem tak bisa digunakan lagi. Lama lem bisa menoleransi jeda waktu sebelum diaplikasikan itu sendiri bervariasi. Lem kuning, biasanya efektif dipakai sebelum 10 menit diekspos di udara terbuka. Waktu seperti ini disebut waktu “open time”. Setelah melewati masa open time, lem menjadi kurang efektif. Tiap produk lem sendiri punya open time sendiri-sendiri. Ada yang open timenya sangat cepat namun ada juga yang lumayan lama. Pilihlah lem mempertimbangkan aspek ini. Misal, bila Anda harus mengoleskan lem pada 12 sambungan motise dan tenon, akan lebih baik bila Anda menggunakan lem yang open time-nya lebih lama. Hindari yang open time-nya singkat.

Tandai dengan Label

Tak jarang, kita harus membuat produk kayu di mana banyak sambungan yang harus dikerjakan. Saking banyaknya, bukan tak mungkin kita kebingungan. Nah, agar lebih efisien dan terarah, sebaiknya gunakan label pada tiap sambungan yang dikerjakan. Beri keterangan lama pengerjaan hingga tingkat kemudahannya. Jadi, proses kerja kita juga akan berjalan jauh lebih cepat karena tahu apa yang harus dikerjakan terlebih dahulu dan bagaimana caranya.

Bersihkan Noda Lem Nanti Saja

menghilangkan noda bekas lem

Jangan terlalu terburu-buru membersihkan noda lem. Bersihkanlah noda lem saat wujudnya sudah membentuk gel atau karet. Jadi, Anda dengan mudah bisa menyungkilnya menggunakan pisau atau alat-alat sejenisnya. Justru kalau Anda tergesa-gesa, misalnya mencoba membersihkan noda saat lem masih cair, noda tersebut akan merata ke permukaan kayu yang lain sehingga menyebabkan masalah menjadi lebih besar.

Buat Pegangan Clamp Lebih Mudah Digunakan

Salah satu kesulitan menggunakan alat clamp sering terjadi karena pegangannya. Pegangan clamp sering kali licin sehingga menyulitkan proses clamp press. Untuk mengatasi ini, dan agar gerak Anda lebih cepat, belilah selotip khusus untuk digunakan sebagai pegangan. Dengan demikian, proses kerja Anda juga menjadi lebih cepat.

Gunakan Selotip

Cara mengelem kayu lebih cepat berikutnya bisa dilakukan dengan alat sederhana bernama selotip. Selotip bisa dipakai untuk meminimalisir noda lem yang menempel pada kayu.

Sebagaimana yang kita tahu, noda lem pada kayu bisa menyebabkan masalah besar. Noda seperti ini akan merusak estetika produk kayu. Oleh sebab itulah kita perlu membersihkannya. Tapi untuk membersihkan noda lem, kita jelas memerlukan waktu ekstra. Tak mau menghabiskan waktu ekstra untuk membersihkan bekas lem? Selotip bisa menjadi solusinya. Tempelkanlah selotip di area sekitar penyambungan di mana lem biasanya muncrat keluar ketika kayu ditekan. Jadi untuk membersihkan noda adhesive, Anda hanya perlu melepas selotip saja, tak perlu membersihkan kayunya. Mudah bukan?

Buat Panel Besar dari Panel Kecil

Cara mengelem kayu lebih cepat berikutnya bisa dilakukan saat Anda hendak membuat panel atau paoan kayu. Dalam pembuatan panel, beberapa potongan kayu direkatkan satu sama lain sehingga membentuk papan kayu yang luas yang gunanya lebih banyak. Untuk mempersingkat waktu pembuatan panel, ada baiknya kita mencicil panel-panel kecil terlebih dahulu baru direkatkan satu sama lain setelahnya. Jangan terburu-buru membuat panel secara langsung dari potongan kayu. Justru cara seperti itu akan membuat proses pengerjaan menjadi jauh lebih lama. Misalnya Anda ingin membuat panel lebar. Anda buat saja beberapa panel kecil dulu untuk kemudian direkatkan satu sama lain.

Gunakan Kuas

Ingin memastikan pekerjaan Anda efisien dan rapi? Jangan lupa untuk selalu menggunakan kuas saat mengoleskan lem. Pilihlah kuas yang tepat digunakan. Jadi, tangan Anda bisa bebas dari noda lem dan adhesive pun teraplikasikan dengan baik. Hasilnya, permukaan kayu juga akan menjadi lebih bersih dan pengerjaan menjadi lebih cepat.

Gunakan Lm Seperlunya

Menggunakan lem dalam jumlah seperlunya bukan hanya terkait dengan masalah pemakaian adhesive yang hemat. Kiat ini juga akan mencegah Anda membuang waktu untuk mengoleskan lem pada bagian yang tidak perlu diolesi. Apalagi setelah diolesi lem, bagian tersebut bisa saja dianggap perlu diclamp. Sehingga waktu Anda pun akan terbuang lebih banyak untuk hal yang sebetulnya tak perlu dilakukan.

Gunakan Clamp Seperlunya

clamp

Cara mengelem dengan cepat berikutnya terkait dengan pemakaian clamp. Gunakanlah clamp seperlunya saja. Bahkan bila tak perlu mengaplikasikan clamp, maka jangan aplikasikan. Misalnya untuk sekedar merekatkan kotak kayu kecil. Tak perlu clamp untuk memastikan ikatan kotak tersebut kuat. Jadi, waktu yang harus Anda habiskan pun lebih sedikit bila Anda tahu mana yang perlu clamp dan mana yang tidak.

Gunakan Lem yang Cepat Kering

Tips terakhir, jangan lupa menggunakan lem yang memiliki kecepatan kering yang baik. Lakukan pengecekan pada kemasan adhesive yang Anda beli atau tanya langsung pada CS manufaktur adhesive bersangkutan. Dari kami, lem yang direkomendasikan adalah Crossbond. Sebab selain kuat dan tahan lama, Crossbond juga memiliki kecepatan kering yang baik dan sangat ideal.

Itulah beberapa cara mengelem kayu lebih cepat yang efektif dilakukan. Dengan mengaplikasikan keseluruhan tips atau kiat di atas, pasti proyek Anda lebih cepat selesai.
Semoga bermanfaat ya!

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here