Ini Dia Lem Kayu yang Kuat dan Cara Mengujinya

0
2259
pengujian kekuatan lem kayu

Produk lem kayu yang kuat sangat penting digunakan dalam industri pengolahan kayu. Kekuatan lem sangat berpengaruh pada keberhasilan proses pengolahan produk kayu seperti mebel. Bayangkan saja, bagaimana bila sambungan konstruksi mebel tidak kuat? Seberapapun indah finishing yang diaplikasikan, proses harus diulang karena kegagalan pengeleman.

Sekilas Memahami Kekuatan Lem Kayu

Daya adhesiv atau kekuatan lem kayu merupakan istilah yang merujuk pada usaha yang diperlukan untuk melepas media yang dilem. Bisa dikatakan, kekuatan lem kayu ditentukan indeks kerusakan yang terjadi ketika pemisahan tersebut dilakukan. Produk lem yang kuat sendiri akan membentuk ikatan yang ketika medianya dicoba dipisahkan, tidak akan terjadi kerusakan pada area pengeleman. Atau setidaknya pada pemberian tekanan tertentu sesuai dengan standar yang dipersyaratkan. Hal-hal yang mempengaruhi kekuatan lem sendiri antara lain daya mekanik antar lem dengan kayu, daya kimia tiap lem, hingga interaksi keduanya.

Menentukan Produk Lem Kayu yang Kuat

Untuk menentukan produk adhesiv yang kuat, ada beberapa cara yang bisa diaplikasikan. Tiga cara di bawah ini dapat digunakan untuk mengetes daya adhesi lem PVAc atau lem putih dari berbagai merek.pengujian kekuatan lem kayu

  • Cross Grain

CS Lem Kayu

Adalah cara mengetes kekuatan lem dengan mengaplikasikannya tanpa konstruksi apapun. Dua batang kayu dilem membentuk siku-siku dan dibiarkan kering. Setelah itu, pada bagian kayu yang tidak dilem, diberikan tekanan hingga tahap tertentu. Akan terlihat perbedaan ketahanan produk lem yang digunakan dari masing-masing merek yang diuji.

  • Searah Serat

kekuatan lem kayuPotong kayu searah serat dengan sudut antara 15 hingga 20 derajat. Lakukan pengeleman pada permukaan yang dipotong dan biarkan mengering. Terapkan gaya untuk memisahkan kedua bagian yang dilem.

  • Perendaman

Metode ini sangat cocok diaplikasikan pada pengeleman kayu untuk outdoor. Misalnya untuk mebel eksterior dan lantai kayu luar ruangan (decking). Metode diaplikasikan dengan merendam sambungan kayu yang dilem. Selanjutnya dihitung waktu hingga lem kehilangan daya adhesivnya.

Rekomendasi Produk Lem Kayu yang Kuat

Produk lem yang kami rekomendasikan dengan karakter adhesiv kuat adalah Crossbond ™. Produk ini berbahan dasar PVAc dan diformulasikan sesuai standar US EPA dan EU ECHA sehingga aman dan ramah lingkungan. Crossbond™ mampu membentuk ikatan inner cross linker sehingga kekuatan adhesiv yang diciptakan sangat kuat. Ikatan inner cross linker adalah ikatan antar kayu dengan lem, serta antar media yang direkatkan. Terdapat dua varian Crossbond™ untuk keperluan yang berbeda:

Crossbond X4
Crossbond X4
  1. Crossbond™ X3 untuk Konstruksi

Merupakan lem kayu yang kuat dan bagus dari golongan water based polyvinyl acetate (PVAc) yang dimodifikasi. Produk ini  memiliki solid content tinggi, viscositas medium, dan reologi yang baik sehingga cocok untuk penyambungan konstruksi berbagai media mulai dari kayu, bambu, rotan, dan lain-lain.

  1. Crossbond™ X4 untuk Laminasi

Merupakan lem water based yang dimodifikasi dengan satu komponen bahan perekat sehingga hemat dan praktis. Produk ini memiliki solid content tinggi, viscositas rendah, dan reologi yang baik sehingga cocok untuk keperluan laminasi seperti untuk laminasi kayu, wood panelling, laminasi bambu, rotan, plywood, dll

Tips Memaksimalkan Kekutaan Crossbond

  1. Kekuatan adhesiv akan lebih optimal bila jenis kayu yang disambungkan memiliki densitas tak jauh berbeda.
  2. Biarkan lem mengering dengan baik. Secara keseluruhan proses pengeringan memakan waktu 24 jam, sedangkan pemberian tekanan antara 30 menit hingga 2 jam.
  3. Perhatikan jarak titik tekanan yang diberikan. Sehingga tekanan yang diberikan sama.
  4. Sesuaikan pemberian tekanan dengan jenis kayu yang direkatkan.
CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here