Harga dan Merk Lem Kayu PVAc Terbaik dari Phaeton, Fox, sampai Crossbond

0
764
Lem Kayu untuk Gitar yang Tepat

Apa merk lem kayu PVAc terbaik untuk tahun 2018? Yuk, simak informasinya di bawah ini.


PVAc adalah istilah yang sering digunakan untuk menyingkat polyvinyl acetate. PVAc ditemukan pada akhir abad 18 oleh seorang ilmuwan Jerman. Pasca ditemukannya, PVAc dikembangkan untuk membuat material berbagai produk. Dari berbagai produk yang dikembangkan dari PVAc, salah satu yang paling mampu menuangkan kesuksesan besar adalah tatkala bahan tersebut digunakan untuk membuat lem. Bak ledakan, penggunaan lem PVAc mampu menggantikan dominasi penggunaan lem kak atau animal glue.

Animal Glue vs PVAc

Dulu kala, sebelum formulasi adhesive sudah ditemukan dengan ragam yang begitu banyak seperti sekarang, hampir semua orang memanfaatkan lem kak untuk perekatan aneka media. Lem kak atau animal glue sebagaimana namanya adalah lem yang terbuat dari resin organik (hewan). Lem ini cukup baik dan mampu memenuhi kebutuhan pengeleman pada eranya. Meski demikian, pemakaian lem kak bukannya tanpa kekurangan. Salah satu kekurangan utama lem ini adalah sifatnya yang sangat bau, kurang aman, kurang baik pada estetika, dan kurang tahan lama.

penemu pvac
penemu pvac

Pada masa awal ditemukannya PVAc, lem kak masih banyak digunakan. Barulah ketika PVAc diketahui bisa digunakan sebagai material lem, masyarakat berbondong-bondong meninggalkan animal glue tersebut. Hadir dengan berbagai keunggulan, lem yang terbuat dari bahan dasar polyvinyl acetate dinilai lebih berkualitas dari aspek:

CS Lem Kayu

1. Kekuatan
2. Ketahanan pada solvent, apalagi adhesive ini adalah water based glue
3. Lebih tahan panas
4. Jauh lebih aman dibanding animal glue
5. Jauh lebih mudah digunakan dengan hasil lebih rapi
6. Tak menyebabkan bau menyengat seperti kak
7. Ikatan yang dihasilkan lebih stabil
8. Pemakaian yang lebih hemat dibanding lem kak
9. Produksi massal yang lebih memungkinkan
10. Lebih ramah lingkungan
11. Bisa diaplikasikan pada berbagai media, terutama media kaya selulosa mulai dari kayu, bambu, hingga serat alam

Dengan berbagai kelebihannya tersebut, tak mengherankan bila berbagai merk lem kayu PVAc terbaik saat itu mampu mengungguli penggunaan lem berbasis resin hewan tersebut. Hanya ada satu yang dulunya dinilai kurang dari lem polyvinyl acetate. Hal tersebut terkait dengan ketahanannya pada air. Karena memang merupakan water based glue, lem PVAc kurang tahan air bila dibanding kak.

Perkembangan Lem PVAc di Era Modern

Meski sudah ditemukan sangat lama, hingga hari ini penggunaan polyvinyl acetate sebagai bahan adhesive masih terus diunggulkan. Lem Ultra Phaethon, Fox, Crossbond, dan berbagai merk lem PVAc lainnya adalah contoh produk-produk tersebut.

Pemakaian PVAc di era saat ini tak kalah dengan lem modern lain. Lem ini masih lebih unggul dan lebih populer digunakan dibanding lem epoxy, urea formaldehida, cyanoacrylate, dan berbagai formulasi dasar adhesive yang lain. Apalagi dengan inovasi-inovasi yang dilakukan perusahaan adhesive PVAc. Misalnya merk lem kayu PVAc terbaik Crossbond yang telah didesain dengan ketahanan pada air. Inovasi seperti ini mampu membuat Crossbond menjadi lem polyvinyl acetate yang telah mengatasi persoalan klasik penggunaan polyvinyl acetate.

 

Merk Lem Kayu PVAc Terbaik

Dibanding adhesive lainnya, performa lem polyvinyl acetate pernah diuji oleh majalah woodworking internasional. Dari berbagai uji yang dilakukan, ditemukan bahwa lem PVAc waterproof memiliki kekuatan dan kualitas lainnya yang paling baik. Di bawah PVAc waterproof barulah terdapat lem epoxy. Uniknya setelah, lem epoxy di urutan kedua, urutan ketiga ditempati lem PVAc standar (non waterproof). Artinya, keunggulan polyvinyl acetate di dunia pengolahan kayu misalnya industri furniture dan bangunan masih tak terkalahkan dibanding adhesive dari formula yang lain.

Tapi tentu saja kita tak bisa menyamakan semua merk lem PVAc sebagai lem dengan kualitas yang sama persis. Adhesive yang sering disebut sebagai lem kayu atau lem putih ini tetap bisa dibedakan per merknya karena masing-masing perusahaan memiliki formulasi adhesive sendiri-sendiri.

Merk Lem Kayu PVAc Terbaik? Crossbond Jawabannya

Lem Kayu untuk Gitar yang Tepat

Lantas apa lem putih terbaik yang bisa kita andalkan? Lem PVAc atau lem putih yang kami sarankan masihlah lem Crossbond. Dari berbagai lem lainnya di pasaran, belum ada yang bisa mengalahkan keunggulan yang ditawarkan Crossbond. Lem ini bukan hanya kuat, tahan lama, dan sangat aman digunakan. Namun sebagaimana disebut di atas, lem ini juga mampu mengatasi kelemahan utama adhesive berbasis polyvinyl acetate, yakni kekurang tahanannya pada air. Bahkan Crossbond X4, yang menjadi salah satu varian merk lem Crossbond, memiliki kemampuan untuk diaplikasikan pada kondisi heavy duty. Crossbond X4 merupakan lem PVAc untuk laminasi yang bisa digunakan untuk memasang lantai parquet hingga decking dan wall paneling eksterior.

Pada berbagai pengujian kekuatan (bonding strength), Crossbond juga menampilkan performa lebih unggul dibanding lem lainnya. Selain itu, adhesive ini pun sangat kuat dalam pengujian ketahanan lem dengan cara perendaman di dalam air.

Berapa Harga Merk Lem Kayu PVAc Terbaik ini?

Crossbond terdiri dari dua varian. Varian pertama adalah Crossbond X3. Crossbond X3 merupakan lem PVAc untuk kebutuhan pembuatan rangka, misalnya untuk membuat kursi, bangku, meja, rak, hingga almari. Indoor adhesive ini juga bisa digunakan untuk pembuatan rangka atap dan rangka bangunan lainnya. Anda bisa menggunakan lem ini untuk aneka wood joint mulai dari finger joint, sambungan temu, sambungan siku, dowel, biscuit, dan aneka sambungan lainnya. Varian kedua adalah Crossbond X4. Crossbond X4 bisa digunakan untuk perekatan laminasi mulai dari pembuatan kayu lapis sampai pemasangan decking luar ruangan.

Harga Crossbond X3 maupun Crossbond X4 adalah:

No Varian Kemasan Harga
1 Crossbond X3 250 gr Rp. 45.000,-
Crossbond X3 1 kg Rp. 165.000,-
2 Crossbond X4 250 gr Rp. 50.000,-
Crossbond X4 1 kg Rp. 355.000,-

 

Cara Menggunakan Crossbond

Crossbond bisa diaplikasikan dengan sangat mudah. Anda hanya harus mempersiapkan media kayunya, mengoleskan lemnya, lalu menunggunya hingga kering.

Cara Aplikasi Crossbond X3

1. Persiapan media termasuk perataan, penghalusan, dan pengeringan media kayu.
2. Pengolesan lem pada dua permukaan media yang hendak dilem
3. Penggunaan alat clamp. Pemakaian alat clamp sangat disarankan supaya perekatan berjalan dengan baik.

Cara Aplikasi Crossbond X4

Cara aplikasi Crossbond X4 tak ada bedanya dengan cara aplikasi Crossbond X3. Hanya, Anda tak perlu mengoleskan lem pada dua sisi media. Dengan Crossbond X4, Anda hanya perlu mengoleskan di salah satu sisinya saja.

decking dekat danau

Yuk, Beli Crossbond!

Merk lem kayu PVAc terbaik Crossbond bisa Anda beli dengan cara yang mudah. Anda bisa mendapatkan lem ini dengan cara pemesanan via online di website ini maupun pada berbagai marketplace. Kami juga memiliki kantor cabang di Jepara, Cirebon, dan Yogyakarta, serta agen-agen yang tersebar di berbagai wilayah nusantara. Hubungi saja CS kami untuk mendapatkan informasi rinci bagaimana mendapatkan lem ini.

Semoga bermanfaat ya!

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here