Langkah-langkah Membuat Talenan Kayu Unik

0
1975
membuat talenan kayu

membuat talenan kayuChopping board atau talenan dalam Bahasa Indonesia merupakan salah satu alat dapur yang bisa dibuat secara mandiri (DIY). Membuat talenan kayu pun bisa dikreasikan sedemikian rupa agar hasilnya menawan. Daripada sekedar talenan yang polos, berikut ini langkah-langkah cara pembuatan talenan dengan warna-warni alami.

Alat dan Bahan

Alat dan bahan: beberapa jenis kayu (usahakan warnanya beragam juga), gergaji, las, router, planer, klem (clamp press), kuas, amplas, Crossbond X4, wax polish atau cat yang aman untuk kontak makanan.

10 Langkah Membuat Talenan Kayu

Rancang Desain Talenan

Beli Cat Duco

Seperti apa talenan yang akan Anda buat? Hal ini setidaknya sudah Anda “angan-angankan” dulu.

Menyiapkan Semua Alat dan Bahan

Siapkan semua alat dan bahan. Sesuaikan jumlah atau banyaknya dengan rencana awal Anda. Mengenai jenis kayunya, Anda bisa menggunakan kayu apa saja asalkan bukan kayu komposit dan kayu yang mudah rusak karena terkena air.

Meratakan Pinggiran dan Permukaan Kayu

Ratakan bagian pinggir kayu dengan alat jointer, bila perlu permukaannya juga.

Memastikan Ketebalan yang Sama

Dengan mesin planer, pastikan ketebalan tiap kayu sama. Selanjutnya, potong kayu-kayu yang sudah berukuran sama tersebut.

Menjajarkan Permukaan Kayu

Sebelum akhirnya mengelem kayu yang sudah seragam dari segi ketebalan tersebut, jajarkan satu sama lain. Perhatikan, masihkah ada bagian yang harus dikoreksi?

Lem

jual-lem-kayu-crossbondLem setiap potongan kayu. Untuk merekatkan dua bagian cukup oleskan Crossbond X4 di salah satu bagiannya saja. Sebab, lem ini memang unggul dengan sifat praktisnya tersebut.

Mengapa kami merekomendasikan lem Crossbond X4? Sebenarnya, yang paling penting adalah memilih lem yang aman dan ramah lingkungan. Dan Crossbond X4 memberikan jaminan tersebut karena formulasinya bahkan sudah mengikuti Environmental Protection Agency dan European Chemical Agency.

Biarkan hingga kering. Gunakan clamp press agar hasilnya maksimal.

Ratakan dan Haluskan Lagi

Setelah proses pengeleman selesai, bersihkan semua noda yang tertinggal. Lakukan pengamplasan ulang bila dirasa perlu. Gunakan amplas nomor 220.

Finishing dengan Bahan yang Aman

Aplikasikan bahan finishing sebagai sentuhan terakhir. Namun pastikan Anda hanya menggunakan bahan yang sudah teruji keamanannya. Jangan gunakan bila Anda sendiri masih ragu.

Contoh produk yang kami sarankan adalah berbagai macam wax polish seperti Biopolish. Wax polish akan membuat produk kayu tampak mengkilap, tajam, dan halus namun relatif aman. Produk ini sifatnya juga tidak menciptakan lapisan seperti cat.

Nah, mudah bukan cara membuat talenan kayu di atas? Bahannya pun tak ada yang susah didapat. Yuk, buat talenan sekarang juga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here