Ikuti Panduan Cara Lem HPL yang Mudah Ini

0
5019

Mulai dari partisi hingga meja belajar bisa dilapisi dengan high pressure laminate. Bisa dibilang, pelapis ini memang memiliki guna sangat banyak. Tertarik menggunakan HPL? Ayo simak cara lem HPL yang baik dan benar di bawah ini.

promo produk finishing natural oil dan sanding sealer

Bila kita dasarkan pada pengertiannya, kita bisa menyebutkan bahwa HPL merupakan pelapis sintetis yang terdiri atas beberapa layer. Layer atau lapisan ini umumnya terdiri atas lapisan paling dasar, lapisan warna dan motif, hingga yang paling atas merupakan lapisan antigores. Tiap layer punya manfaatnya masing-masing.

perawatan kayu alami natural oil

Baca Juga : cara pasang hpl dengan lem yang kuat

Dalam kehidupan sehari-hari, HPL merupakan bahan woodworking yang banyak ditemui. Bagaimana tidak? Seperti sudah dibahas sebelumnya, bahan ini banyak diterapkan pada aneka kayu olahan. Beragam kayu olahan sendiri sangat sering dipakai dalam pembuatan mebel seperti misalnya:
1. Kabinet dapur maupun kabinet untuk kebutuhan lainnya
2. Aneka produk kitchen set
3. Almari
4. Pintu
5. Meja belajar
6. Meja
7. Lantai
8. Dinding
9. Tempat tidur
10. Partisi
11. Dan berbagai perabot lainnya

Penggunaan HPL dianggap memberikan berbagai keuntungan meski tak lepas dari kerugiannya tersendiri. Beberapa kelebihan aplikasi HPL antara lain:
1. Sifat yang lebih tahan lama
2. Mudah digunakan
3. Tahan panas
4. Relatif anti gores
5. Tersedia dalam berbagai warna dan pola

hpl

Perlunya Lem HPL yang Berkualitas Tinggi

Untuk memasang HPL, kita tak bisa lepas dari masalah adhesive yang digunakan. Aplikasi HPL sebenarnya termasuk dalam kategori finishing tempel. Pada finishing tempel, fungsi lem sangat penting dan vital. Sebab, perekatlah yang menjadikan pelapis dengan medianya bersatu.

Untuk hasil dan cara lem HPL yang baik, adhesive yang kami sarankan adalah Eva Phaethon. Cara lem HPL akan lebih efisien dan baik dengan adhesive ini. Eva Phaethon merupakan ethylene vinyl acetate glue yang menawarkan beragam kelebihan dibandingkan adhesive lainnya. Lem ini:
1. Sangat kuat dengan inner cross linker modifier
2. Jauh lebih awet digunakan
3. Memiliki ikatan lem yang tak mudah rusak
4. Sangat mudah diaplikasikan. Lem ini adalah lem single component yang dalam penerapannya, tak membutuhkan alat dan bahan tambahan khusus.
5. Harga sangat terjangkau. Anda bisa membeli lem ini hanya dengan Rp. 148.000,- saja per 4 kg. Murah sekali bukan?
6. Tak menyebabkan cacat warna
7. Tak menyebabkan lapisan film tebal
8. Cover area adhesive luas
9. Eco friendly dan lebih aman terutama bila dibandingkan adhesive sejenis lainnya di pasaran.

Sangat menarik bukan kualitas Eva Phaethon ini? Tapi bagaimana menggunakannya?

Bingung Cara Lem HPL? Ini Caranya

Untuk memasang HPL dengan Eva Phaethon, silahkan simak penjelasannya di bawah ini. Hanya ada lima langkah yang sangat mudah untuk diikuti.

Perlengkapan yang Dibutuhkan

Mula-mula, siapkan perlengkapan di bawah ini sebelum mulai melakukan pekerjaan.
1. High Pressure Laminate atau HPL yang bisa dipilih dengan tampilan yang Anda sukai.
2. Media yang akan dilapisi (finishing tempel) menggunakan HPL. Biasanya HPL diterapkan pada blockboard, particle board, plywood, MDF, hingga HDF
3. Lem untuk High Pressure Laminate, Eva Phaethon. Kami menyarankan adhesive ini karena Eva Phaethon adalah lem yang memang cocok untuk kebutuhan ini. Apalagi lem ini juga unggul dalam hal kekuatan, keamanan, dan ketahanan.
4. Kuas atau roll untuk mengoleskan bahan perekat
5. Sirkel mesin runci. Sirkel ini akan sangat berguna untuk merapikan bagian pinggir HPL.
6. Pemotong baik itu cutter atau gunting
7. Edging. Pastikan memilih edging dengan tampilan sesuai warna serta pola HPL
8. Amplas untuk meratakan media
9. Alat tulis dan pengukur (meteran atau penggaris)

Cara Lem HPL dengan Eva Phaethon

1. Siapkanlah media yang akan dilapisi HPL atau High Pressure Laminate. Usahakanlah agar media tersebut sudah kering, rata, serta halus. Gunakan MC meter atau Moisture Content Meter untuk mengukur kelembaban substrat media. Pastikan juga untuk memastikan media tak mengandung kotoran-kotoran termasuk noda solvent.
2. Siapkan HPL untuk ditempelkan. Namun, ukur dulu luas HPL yang dibutuhkan sesuai ukuran media yang akan ditempeli. Potong HPL menurut ukuran media dengan dilebihkan sedikit.
3. Saatnya cara lem HPL menggunakan Eva Phaethon! Oleskan Eva Phaethon secara merata dan cukup pada lembaran tersebut. Tunggu beberapa saat hingga lem cukup mengering.
4. Setelah lem dirasa sudah cukup kering, Anda bisa merapikan bagian ujungnya. Potong dengan cutter atau gunting. Selanjutnya gunakan sirkel mesin runci.
5. Jangan lupa untuk melakukan langkah yang sama bagian pinggir media yang di HPL. Untuk bahan yang digunakan, Anda membutuhkan edging. Pilihlah edging yang tampilannya cocok dengan tampilan HPL.

Cara di atas sebenarnya hanyalah langkah dasar untuk cara lem HPL. Bisa dikatakan langkah yang harus dilakukan sepertinya tidak sulit dilakukan. Tapi jangan salah. Justru faktanya, banyak tukang yang kurang bisa memasang material tersebut dengan baik. Pada umumnya, kebanyakan tukang hanya sekedar “bisa memasangnya HPLc saja”. Namun kebanyakan dari mereka belum mahir betul memasang HPL dengan hasil yang benar-benar rapid an memuaskan.

Apa solusi yang bisa diambil? Satu-satunya solusi jelas meningkatkan keterampilan para pekerja yang memasangkan pelapis ini. Berbagai pelatihan aplikasi High Pressure Laminate bisa diikuti. Namun sebenarnya, selain masalah keterampilan, kita juga bisa memastikan penggunaan bahan yang berkualitas kala memasangkan pelapis ini. Contohnya terkait dengan lem yang digunakan.

Lem yang kami sarankan Eva Phaethon adalah salah satu solusi yang bisa diambil tersebut. Seperti dipaparkan di atas, lem ini akan membuat pemasangan High Pressure Laminate jauh lebih mudah dikerjakan. Dengan adhesive ini, cara lem HPL juga akan akan memberikan hasil sangat baik dalam waktu yang lebih ringkas. Menarik bukan?

Dapatkan dan Nikmati Keunggulan Lem Eva Phaethon!

Supaya aplikasi cara lem HPL Anda lancar, gunakan selalu Eva Phaethon. Untuk pembeliannya, Anda bisa memanfaatkan satu dari tiga pilihan pemesanan di bawah ini.
1. Pembelian secara online di website ini. Caranya mudah saja, Anda tinggal mengontak Customer Service kami pada nomor yang tertera. Dengan profesional, CS kami pun akan segera memproses pensanan Anda hingga sampai ke alamat yang dituju.
2. Pembelian secara online di toko online atau online shop. Opsi ini sengaja kami sediakan mengingat banyak pelanggan yang terbiasa belanja di berbagai marketplace.
3. Pembelian juga bisa dilakukan secara langsung. Anda bisa membeli adhesive ini di kantor Bio Industries yang terletak di Yogyakarta, Jepara, dan Cirebon. Selain itu, Anda juga bisa membeli langsung pada agen-agen Eva Phaethon.

Demikian informasi cara lem HPL ini. Jangan lupa untuk selalu menggunakan Eva Phaethon agar hasil yang didapat lebih baik. Semoga bermanfaat

promo produk white agent wa-250
perawatan kayu alami natural oil

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here