FAQ Lengkap Meja Dinding yang Perlu Anda Tahu!

0
29
meja dinding (3)

Dari pengertian, harga, model hingga panduan pembeliannya, simak informasi lengkap di bawah ini mengenai meja dinding! Meja yang sangat unik ini memang menampilkan kesan kreatif sekaligus efisien dan efektif.

Apa itu Meja Dinding?

Dalam bahasa Inggris, agak sulit untuk menemukan padanan istilah yang tepat dengan produk seperti meja dinding. Namun seringkali meja ini yang mengacu pada produk furniture baik “table” atau desk yang menempel pada dinding. Istilah lainnya, meja ini terintegrasi dalam sebuah bangunan. Dari pengertian ini saja, kita bisa mendapatkan gambaran mengenai produk tersebut. Bila kebanyakan produk meja bisa dipindahkan dengan bebas dari satu ruang ke ruang lain atau dari dalam ke luar bangunan, tidak demikian dengan meja ini. Disambungkan dengan tembok, membuatnya sangat spesifik dan tak dapat dipindahkan dengan mudah tanpa suatu proses pemisahan terlebih dahulu.

Berapa Harga Produk Ini?

Harga produk ini sangat bervariasi. Ada yang harganya ratusan ribu rupiah saja, namun ada juga yang sampai jutaan rupiah. Bervariasinya nominal harga yang dipatok ini sangat wajar mengingat meja dinding hadir dengan kualitas, bahan, sampai desain produk yang berbeda-beda. Kadang, antara satu toko dengan yang lain pun mematok harga yang berbeda.

Mengapa Membelinya (Apa Keunggulannya)?

CS Lem Kayu

Tentunya, ada alasan mengapa produk ini dibeli. Di masyarakat sendiri, meja dinding memang belum banyak dikenal. Tapi popularitasnya menanjak dengan tepat dan dianggap sebagai furniture masa depan. Meja seperti ini dinilai memberikan efisiensi ruangan, efektivitas fungsi, dan menarik dari segi estetika. Harganya pun kompetitif dan cocok untuk banyak kalangan masyarakat.

Apa Saja Tipenya?

meja dinding

Setidaknya ada dua tipe meja dinding.

1. Yang pertama adalah tipe meja lipat dinding. Tipe ini adalah tipe meja yang paling banyak diasosiasikan ketika orang mendengar istilah meja seperti ini. Meja lipat dinding sendiri adalah produk meja yang “ditempelkan” di dinding. Meja ini beda dari meja lipat yang biasa, karena strukturnya tergantung pada struktur dinding. Misal, salah satu sisi meja ditempelkan pada tembok dengan sekrup sudut. Sehingga ketika dipakai, meja hanya perlu dua kaki tambahan untuk menopang sisi lain yang tak disambungkan pada dinding.
2. Yang kedua adalah tipe built in furniture. Tipe ini sangat berbeda dari yang pertama karena pembuatannya acapkali dilakukan saat proses konstruksi bangunan. Jadi yang “bertan”gungjawab” membuatnya adalah desainer bangunan Anda. Meja kerap kali digabungkan dengan buffet hingga rak. Selain itu, sering juga meja dibuat menjorok pada ruangan sehingga tidak memakan space yang ada.

Selan kedua tipe tersebut ada juga tipe kombinasi. Tipe ini bisa dilihat pada meja dinding built in furniture yang ketika digunakan harus dibuka lipatannya. Jadi, meja seperti ini bisa dikatakan memadukan jenis meja yang pertama dengan jenis meja yang kedua.
Mana tipe meja yang paling tepat digunakan? Jawabannya tidak ada. Tiap jenis meja tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Bila Anda tertarik untuk membelinya, pertimbangkanlah berdasarkan kebutuhan Anda. Bila dirasa butuh salah satu jenis meja, coba saja beli di toko furniture terpercaya.

Bagaimana Cara Membeli Produk yang Tepat?

Seperti dijelaskan di atas, tidak ada produk yang tepat kecuali produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Akan tetapi, kita tetap harus memperhatikan kriteria umum meja tersebut. Nah, dalam hal ini, ada hal-hal yang wajib Anda pertimbangkan, seperti:

1. Jenis meja. Jenis meja harus sesuai dengan kebutuhan Anda. Misal, bila Anda mencari meja lipat untuk belajar, sebaiknya cari yang spesifik untuk kebutuhan tersebut. Bukannya memakai meja lain seperti meja dinding untuk makan.
2. Perhatikan struktur meja. Apakah kekuatannya baik berdasarkan strukturnya tersebut?
3. Perhatikan bahan pembuat meja. Apakah bahannya awet dan kokoh untuk kebutuhan Anda?

Anda juga bisa mempertimbangkan meja yang tepat dari kesesuaiannya diletakkan di rumah. Cermatlah. Sebab meja seperti ini, setelah dipasang, akan sulit dipindahkan. Maka, pilih produk yang tepat supaya Anda tak kerepotan di kemudian hari.

meja dinding (2)

Di Mana Membeli Meja Dinding?

Tertarik untuk membeli meja ini? Jangan khawatir. Sudah banyak lho toko furniture yang menjualnya. Trend meja seperti ini bagaimanapun juga memang diprediksi terus menanjak seiring gaya hidup yang makin meng-urban. Kalaupun di toko mebel langganan Anda belum ada, Anda bisa mencoba membeli di toko mebel yang lebih besar seperti IKEA.
Bagaimana dengan tempat jual meja yang online? Tak masalah. Apalagi meja seperti ini, terutama meja lipat dinding memang mudah dikirimkan. Anda hanya harus memastikan untuk membeli produk meja di online shop atau marketplace yang terpercaya.

Bagaimana Cara Membuat Meja Dinding?

Proses pembuatan meja ini sebetulnya tak begitu berbeda dengan meja yang lainnya. Namun karena meja diintegrasikan dalam bangunan, jelas kecocokan atau compatibility dengan bangunan harus diperhatikan. Apalagi bila meja tersebut bertipe built in furniture. Pada built in furniture, produk diintegrasikan sedemikian rupa sehingga pembuatannya pun bersifat sangat situasional tergantung desain interior yang diterapkan.

Lebih fleksibel, meja lipat dinding tak melulu harus membutuhkan jasa desainer untuk menghadirkannya di rumah. Meja seperti ini mudah dibuat dan bisa dipasang oleh orang awam. Tak heran, tingkat penjualannya sangat tinggi, termasuk tingkat penjualan secara online.
Prinsip dasar pembuatan meja lipat dinding sendiri hanya bertumpu pada bagaimana caranya agar papan bisa ditunjang oleh kaki meja yang disambungkan atau tidak disambungkan ke dinding. Biasanya, salah satu sisi permukaan papan meja disambungkan menggunakan skrup sudut atau alat sejenisnya pada dinding. Berikutnya, kaki bisa dibuat menapak sampai lantai (sehingga meja hanya punya dua kaki) atau disambungkan secara miring ke meja.

Kaki atau penyangganya sendiri bisa terbuat dari berbagai bahan. Anda bisa mamakai kayu, logam, atau bahan turunan plastik. Namun untuk papannya, sebaiknya digunakan kayu agar terlihat lebih baik. Agar harganya terjangkau dan beratnya ringan, kita bisa memakai kayu olahan seperti papan MDF. Papan ini tinggal dilapisi dengan veneer kayu berkualitas seperti veneer jati agar hasilnya bagus. Caranya:

1. Siapkan veneer dan MDF. Keduanya harus bersih dan kering sebelum ditempelkan satu sama lain.
2. Siapkan lem laminasi Crossbond X4. Rekatkan veneer menutupi MDF.
3. Biarkan kering. Lakukan hal yang sama pada bagian bawah dan bagian samping MDF.
Pemanfaatan kayu olahan ini akan membuat meja dinding lebih murah tapi tak kalah menarik. Yang jelas, gunakan saja veneer yang bagus dengan perekat yang baik seperti Crossbond X4.

lem untuk dinding kayu

Bisa dikatakan, membuat meja dinding sebetulnya tak begitu sulit. Namun memang perlu kecermatan dan ketelitian untuk melakukannya. Struktur meja juga harus diperhatikan dengan baik. Demikian pula model meja yang akan diterapkan.

Semoga bermanfaat ya! Nantikan terus update artikel kami mengenai industri mebel dan aneka produknya.

CS Lem Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here