Aspek Penting dalam Memilih Lem Kayu ke Tembok

1
5071
dinding-kayu

Diperlukan kehati-hatian khusus dalam memilih bahan perekat atau lem kayu ke tembok. Karena itulah, pada artikel ini, LemKayu akan mengulas beberapa kriteria penting dalam memilih lem kayu dinding tersebut.

dinding-kayuMemang benar bahwa Indonesia adalah salah satu negara dengan jumlah hutan tropis terbesar di dunia. Kekayaan kayu Indonesia juga telah tersiar ke berbagai penjuru bumi. Sayangnya, pemanfaatkan material ini kerap hanya untuk keperluan ekspor. Salah satu buktinya bisa kita lihat dengan minimnya penggunaan kayu sebagai dinding, lantai, dan sebagainya. Masyarakat, khususnya di Jawa lebih suka menggunakan dinding semen sedangkan kayu-kayunya dijual keluar.

Namun demikian pada akhirnya tak ada yang bisa menampik keindahan kayu ketika dipakai sebagai dinding. Saat ini, trend wooden wall sudah merambah kemana-mana. Dinding kayu memang tidak selamanya lebih baik dibanding dinding jenis lain. Tetapi justru karena itulah adanya dinding kayu menawarkan alternatif yang lebih beragam ke masyarakat.

CS Lem Kayu

Dalam pemasangan dinding kayu sendiri tidak diperlukan bahan-bahan yang terlalu banyak. Komponen vital yang harus diperhatikan adalah bahan perekat yang dipakai. Apa saja kriteria lem kayu yang bagus?

Kriteria Lem Kayu ke Tembok yang Bagus

Daya Rekat Kuat

Poin pertama ini sifatnya universal. Sebab semua bahan perekat jelas dituntut memiliki daya rekat yang kuat. Meski sangat umum, tetapi hal ini tetap harus ditekankan sebab di pasaran memang masih banyak tersedia lem yang daya rekatnya kurang. Atau sebenarnya daya rekat tersebut sudah bagus, namun tidak cukup kuat untuk pemasangan laminasi dinding kayu.

Untuk Perekatan Non Komponen

Pilih jenis perekat laminasi atau non komponen. Jenis perekat tersebut umumnya memiliki viskositas tidak kental, mudah meresap, mudah menyebar, dan tidak menimbulkan glue line. Jangan sembarangan memilih lem dan malah membeli adhesive struktural yang susah meresap ke dalam kayu sehingga menimbulkan lapisan tebal yang sama sekali tidak dibutuhkan.

Tahan Lama

Apa gunanya memilih lem berdaya rekat kuat bila tidak tahan lama? Ketahanan sendiri bisa kita nilai dari kondisi lem kayu ke tembok tersebut saat terpapar faktor seperti solvent dan panas.

Tahan Air

Air adalah zat yang hampir terdapat di semua tempat. Pada kondisi outdoor, paparan hujan adadlah bentuk ancaman utama dari zat ini. Sedangkan dalam kondisi indoor, kelembaban tinggi merupakan ancaman paling sering terjadi. Jadi, gunakanlah lem yang daya rekatnya tak mudah rusak ketika terpapar air.

Tidak Toksik

Terakhir namun justru sangat penting adalah masalah keamanan lem kayu ke tembok yang Anda gunakan. Tahukah Anda bahwa banyak lem mengandung formalin? Hindari lem dengan kandungan tersebut dan beralihlah pada produk yang sudah terbukti keamanannya.

Kami Menyarankan Crossbond™ X4

Kepada pembaca LemKayu, kami secara khusus menyarankan Crossbond™ X4 sebagai perekat wooden wall. Crossbond™ X4 adalah lem resin alifatik yang diformulasikan untuk kebutuhan perekatan laminasi (non komponen). Produk ini juga didesain khusus agar tidak membahayakan kesehatan menurut European Chemical Agency. Harga Crossbond™ X4 sendiri adalah Rp. 50.000,- untuk kemasan 250 gram. Tertarik membeli Crossbond™ X4? Yuk hubungi kami lebih lanjut via nomor kontak yang disediakan!

CS Lem Kayu

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here